CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Penyebab Udara dan Bensin Keluar dari Moncong Karburator - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Penyebab Udara dan Bensin Keluar dari Moncong Karburator

gambar karburator sepeda motor
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Masalah seperti campuran udaran dan bensin keluar dari moncong karburator saat di gas, atau dengan kata lain terlihat seperti ada tekanan kompresi mesin balik keluar memang cukup membingungkan, terlebih kondisi tampak mirip semburan bersin.

Bagi sebagian orang permasalah seperti ini bisa diketahui dengan mudah, karena adanya tanda tidak normal pada sepeda motor dan bisa dilihat atau dirasakan saat motor di bawa jalan.

Baca juga : Biaya Perbaikan Motor Berasap

Lantas apa sih penyebabnya dan mengapa bisa terjadi? Buat kamu yang penasaran, cobalah untuk membaca artikel ini sampai selesai karena saya ingin membagi sedikit pengalaman tentang kondisi terkait berdasarkan pengalaman.

Penyebab Bensin Keluar dari Karburator seperti Bersin

Ada beberapa kondisi yang bisa mengakibatkan campuran udara dan bensin keluar dari moncong karburator seperti bersin. Keadaanya ini juga mirip seperti tekanan kompresi mesin balik keluar sehingga tampak seperti semburan.

Terlebih lagi, jika kamu mencoba buka box filter udara maka permasalahan akan kelihatn lebih jelas. 

Baca juga : Penyebab Kompresi Mesin Menurun

Oleh karena itu, berikut beberapa kemungkinan yang terjadi :

1. Karburator bermasalah

Pertama kamu bisa cek pada bagian karburator. Permasalahan terkadang bisa di sebabkan oleh karburator, walau tidak semua kondisi karbu menimbulkan gejala sama seperti yang kita bahas namun komponen satu ini bisa mengecoh.

Contohnya jika karbu terdapat masalah pada bagian pelampungnya, maka posisi bahan bakar dalam mangkok karbu akan menjadi lebih tinggi sehingga mengakibatkan bensin meluap keluar dan dikenal dengan banjir.

Baca juga : Penyebab Motor Berasap Saat Di Panaskan

Selain itu, jarum skep dan spuyer yang tidak cocok atau bermasalah bisa menjadi penyebab mengapa karburator menyebur seperti bersin.

2. Salah TOP kompresi

Salah posisi TOP kompresi akibat dari meleset, meloncat atau karena tidak tepat dalam menyetel bisa menjadi salah satu penyebab mengapa campuran udara dan bensin keluar dari moncong karburator.

Secara umum, pemasangan TOP yang meleset bisa kamu ketahui saat mesin di gas tegak, karena akan ditandai dengan tidak normalnya mesin saat hidup, karbu brebet, serta terlihat semburan keluar dari moncong karbu.

TOP kompresi meleset mengakibatkan siklus 4 langkah pada motor 4 T menjadi terganggu, karena katup klep tidak membuka dan menutup dengan tepat seiring pergerakan piston.

Baca juga : Kelebihan Dan Kekurangan Pertamax Turbo

Jika sudah begitu maka campuran udara dan bensin (gas) di dalam ruang bakar akan bisa sedikit keluar karena keterlambatan katup klep menutup.

3. Klep bocor

Klep bocor sudah pasti mengakibatkan tekanan kompresi di dalam mesin menjadi berkurang. Dengan adanya kebocoran tersebut, sudah pasti tekanan udara didalam silinder akan keluar dan baik ke inlet maupun exaust. 

Penyebab klep bisa bocor ada banyak, mulai dari penumpukan karbon arang pada ruang bakar, klep sompel dan cacat, bengkok atau bahkan pecah. 

Jika bagian klep yang bocor tersebut adalah klep inlet (masuk) maka kompresi akan keluar kembali ke moncong karburator.

Baca juga : Cara Mengakali Bearing Roda Yang Obak

Nah, untuk mengatasi masalah ini kamu diharuskan membongkar mesin dan membersihkan bagian deksel sepeda motor, mulai dari melakukan penyekiran hingga pergantian klep jika memang di haruskan.

4. Penyetelan klep kurang tepat

Berikutnya masih ada sangkut paut dengan no 3, dimana jika penyetelan klep salah sudah pasti bisa menyebabkan kebocoran pada ruang bakar.

Namun jika kebocoran disebabkan penyetelan klep kurang tepat seperti terlalu rapat, maka kamu tidak diharuskan turun mesin, cukup di setel ulang kembali sudah bisa.

Untuk beberapa kasus, penyetelan klep kurang tepat bisa menyebabkan kompresi mesin balik keluar ke moncong karburator, sehingga tampak seperti semburan bersin.

Akibat dan Dampak pada Sepeda Motor

Jika sepeda motor mengalami masalah yang seperti kita bahas dimana campuran udara dan besin keluar dari karburator, baik itu di sebabkan klep bocor, karbu rusak atau salah top, maka sudah pasti akan menimbulkan gejala.

Salah satu bentuk gejala atau ciri-cirinya tersebut ialah :

  1. Motor tidak stabil saat langsam atau stationer
  2. Suara mesin sedikit lebih kasar
  3. Saat di gas akan brebet
  4. Sulit hidup
  5. Tidak mau di gas tinggi
  6. Performa motor sudah pasti menurun
  7. Boros bahan bakar
  8. Mesin cepat panas
  9. Terkadang mati saat di bawa jalan
  10. Terdengar suara letupan pada bagian knalpot
  11. Busi hitam karena boros bahan bakar

Itulah beberapa penyebab mengapa karburator tampak menyembur atau bersin yang menyebabkan udara dan bensin keluar.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel