CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Mencegah Agar Sakit Mata Karena Las Tidak Terulang - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Mencegah Agar Sakit Mata Karena Las Tidak Terulang

gambar orang mengelas dengan alat safety
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Mencegah lebih baik daripada mengobati. Kata-kata tersebut memiliki arti yang sangat besar, baik dari segi kesehatan dan biaya dikemudian hari. Kecelakaan sekecil mungkin dalam pekerjaan memang harus dihindari, termasuk itu saat kerja sebagai tukang las.

Ada banyak resiko atau bahaya yang bisa mengancam keselamatan tukang las, mulai dari bahaya sengatan arus listrik, kebakaran, cedera pada tubuh, kecelakaan alat serta beberapa resiko dikemudian hari akibat dari efek las.

Namun, bentuk resiko yang paling umum atau sering terjadi baik itu pada seseorang pemula alias baru pertama kali, atau bahkan yang sudah berpengalaman ialah cidera pada bagian mata dan wajah.

Cara Mencegah Sakit Mata Akibat Las 

Cidera pada mata saat mengelas dalam artian ialah segala bentuk bahaya yang bisa mengancam keselamatan area mata kamu, baik itu akibat yang di sebabkan oleh cahaya las, asap, percikan api maupun serbuk besi.

Jika kedua area mata mengalami cidera tentu hal tersebut akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit tentang tips dan bagaimana cara mencegah sakit mata akibat las ataupun juga karena cidera lainnya. Simak dibawah ini sampai selesai.

1. Gunakan kaca mata gelap

Pertama gunakan kaca mata gelap. Kaca mata gelap sangat penting dipakai saat melakukan proses pengelasan, terutama untuk yang pemula memang diharuskan menggunakan.

Kaca mata gelap dikhususnya untuk melindungi mata dari kilatan cahaya yang tinggi serta percikan bunga api. Sehingga resiko sakit mata, mata kemerahan, meradang, perih dan silau dapat dihindari.

2. Gunakan helm khusus las

Helm khusus las memilki fungsi yang kompleks, selain untuk melindungi area mata helm juga melindungi wajah dan pernafasan.

Dengan menggunakan helm khusus las full face yang di lengkapi dengan masker dan kacamata auto darkening, tentu segala resiko seperti sakit mata, wajah mengelupas dan sesak nafas dapat di hindari.

Kita tahu bahwa percikan api, asap dan kilatan cahaya dari las semua harus dihindari, oleh sebab itu peran helm las di sini sangat penting.

3. Hindari mengelas dalam ruangan gelap

Buat kamu yang baru pertama mengelas, hindari untuk bekerja dalam ruangan yang kedap dan gelap. 

Mengelas dalam ruangan gelap dan kedap sirkulasi udara sangat beresiko untuk kesehatan kamu, salah satunya ialah pengaruh dari asap yang bisa mengancam kesehatan.

Selain itu kondisi ruangan yang gelap dan sinar cahaya las yang kuat tentu akan berpengaruh besar pada mata. 

Bahkan bukan tidak mungkin mata kamu akan mengalami cidera, seperti silau, lelah, kemeranan dan lain sebagainya.

4. Hindari melihat kilatan cahaya

Mungkin kamu pernah melihat tukang las tidak menggunakan kaca mata gelap atau helm khusus saat melakukan proses pengelasan.

Walaupun begitu tahukah kamu bahwa sebenarnya tukang tersebut memejamkan mata saat kilatan cahaya las muncul. 

Tukang sudah mengerti dan paham, saat elektroda mulai di tempelkan pada logam yang akan di sambung maka secara langsung tukang akan memejamkan mata. Sehingga cahaya las nantinya tidak akan mengenai mata secara keseluruan.

Akan tetapi ada baiknya kamu menggunakan alat keamaan saat bekerja, karena biarpun kamu sudah ahli ancaman dari kecelakaan tidak pernah pilih-pilih orang.

5. Hindari menyentuh area mata

Terkadang saat mengelas kita tanpa sadar menyentuh atau mengucek area mata dan wajah menggunakan tangan, padahal tangan kita tersebut sedang kotor dan banyak partikel besi atau debu yang menempel.

Menyentuh area mata dengan tangan kotor tentu bisa menyebabkan sakit mata, gatal, dan rasa kurang nyaman.

Oleh karena itu untuk menghindai reflek tersebut ada baiknya kamu memakai sarung tangan.

Nah, itulah cara mencegah agar sakit mata karena las tidak terulang kembali.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips sehat.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel