CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Penggunaan Ajinomoto, Micin (MSG) Sebagai Pupuk Kacang Panjang - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Penggunaan Ajinomoto, Micin (MSG) Sebagai Pupuk Kacang Panjang

gambar msg ajinomoto micin
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Penggunaan ajinomoto alias micin (MSG) pada tanaman bukan lah hal yang baru, bahkan penyedap yang bisa ada di dapur ini kerap dijadikan sebagai salah satu pupuk alternatif.

Micin alias monosodium glutamate satu atau asam glumate merupakan mineral dengan bentuk kristal yang terbuat dari proses fermentasi bahan nabati seperti batang pohon tebu, bit gula, ubi singkong ataupun biji jagung.

Ajinomoto Untuk Pupuk Kacang Panjang

Memberikan micin alias ajinomoto kepada tanaman kacang panjang ternyata baik loh, hal ini dikarenakam terdapat sejumlah unsur mikro dan makro pada micin yang memang dibutuhkan oleh tanaman agar tumbuh lebih baik dan sehat.

Nah, buat kamu yang penasaran, berikut beberapa manfaat dari memberikan sedikit micin pada kangkung  :

1. Membantu pertumbuhan

MSG alias penyedap ternyata memiliki unsur nitrogen di dalamnya, ini bisa berguna bagi tanaman terutama untuk  merangsang pertumbuhan daun serta batang.

Selain itu, kacang panjang juga merupakan salah satu tumbuhan hijau yang memang memerlukan asupan nitrogen untuk tumbuh kembang serta agar tampak lebih subur.

2. Menjaga kadar air

Ajinomoto mempunyai manfaat dalam menjaga dan meningkatkan kandungan air pada tanaman dan tanah. Itulah sebabnya itu garam satu ini bisa mencegah tanaman dari kekurangan asupan air.

Hal ini di sebabkan karena terdapat kandungan natrium yang mampu menyerap air di sekitar lingkungan, terutama tanah.

3. Mencegah infeksi penyakit

Unsur kalium yang ada pada penyedap micin juga mempunyai khasiat lebih dalam upaya untuk meningkatkan ketahanan fisik tanaman kacang panjang terhadap sejumlah serangan penyakit yang dibawa oleh hama.

Selain itu kandungan kalium juga berguna dalam mengatur alias memaksimalkan waktu pembukaan dan penutupan stomata pada daun serta batang.

Tentunya ini akan berdampak besar terhadap sistem fotosintesis dan metabolisme dari tumbuhan.

4. Sebagai pupuk alternatif

Ajinomoto bisa kamu gunakan sebagai pupuk alternatif untuk kacang panjang loh, mengapa demikian? Ini karena ajinomoto alias micin mempunyai sejumlah unsur mikro dan makro yang sangat dibutuhkan oleh tanaman hijau.

Kandungan unsur tersebut berfungsi untuk sumber nutrisi sehingga mampu menunjang pertumbuhan daun, batang, akar serta menjaga imunitas dari tumbuhan agar tidak mudah terserang hama penyakit.

6. Membantu menyuburkan

Pemanfaatan garam penyedap memang bukan hal yang baru dalam dunia pertanian, ini dikarenakan efek yang di hasikan dengan pemberian teratur terbilang berdampak cukup baik.

Caranya pengaplikasian juga cukup simpel, kamu hanya perlu mencampur 1 sdt micin dengan 1 liter air lalu setelah itu siramkan secara merata pada permukaan tanah.

Larutan micin tersebut mempunyai kemampuan menyuburkan kacang panjang sekaligus melengkapi sejumlah nutrisi yang tidak ada di dalam tanah.

7. Menghijaukan batang dan daun

Manfaat ajinotomo selanjutnya ialah bisa membantu meningkatkan warna pada batang dan daun menjadi tampak lebih hijau.

Itulah sebabnya terkadang penyedap satu ini dipakai pada beberapa jenis tanaman hijau seperti sayuran hingga tanaman hias.

Contohnya seperti aglonema, gelombang cinta, janda bolong, kangkung, sawi, tomat, bayam, kcng panjang dan lainnya.

Cara memberikan micin pada kacang panjang ?

Untuk pemakaian dosis ajinomoto pada kacang panjang kamu terapkan secara langsung dengan menaburkanya pada sekitar akar, jangan memberikan dengan cara menabur pada permukaan daun atau dahan.

Cara lainnya ialah kamu dapat melarutkan terlebih dahulu pada air, baru setelah itu disiramkan ke sekitar tanaman.

Berapa dosis micin untuk kacang panjang ? 

Banyaknya dosis pemberian pada kcng pnjng pada dasarnya tergantung dari jumlah polulasi. Sebagai contoh kamu bisa berikan sekitar 1 sdt atau 5 gram micin untuk setiap satu pot.

Kamu juga bisa larutkan 5 gram micin dengan satu liter air, setelah di siramkan pada tanaaman kacang paanjang setiap 1 atau 2 minggu sekali untuk mendapatkan hasil yang di inginkan.

Nah, itulah beberapa manfaat ajinomoto alias micin untuk tanaman kacang panjang yang bisa kamu ketahui.

Baca terus di healty99.com untuk informasi lainnya.

Artikel terkait :

 


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel