CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Pometia Tomentosa atau Berisil, Kegunaan dan Manfaat - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Pometia Tomentosa atau Berisil, Kegunaan dan Manfaat

gambar tanaman Pometia Tomentosa
Sumber foto : istockphhoto
Healty99 - Pometia tomentosa merupakan spesies tumbuhan besar dari genus pometia dan dikenal dengan nama pohon kayu berisil atau kasai lalat. Termasuk dalam tropis yang juga dapat di jumpai pada kawasan Indonesia.

Secara habitat pometia bisa kamu temukan di hutan sekunder, hutan dalam dan beberapa tempat dengan ketinggian tertentu.

Sekilas bentuk pohon dan daun mirip dengan matoa, karena memang masih satu genus yaitu pometia. Akibat dari kemiripan, tidak heran jika banyak orang yang terkecoh saat pertama melihat.

Ciri khasnya ialah memiliki tinggi batang sekitar 20 - 30 meter, serta daun besar berwarna coklat kemerahan waktu muda dan akan berubah seiring waktu menjadi hijau.

Pemanfaatan dan Kegunaan

Secara umum manfaat tanaman kerap digunakan sebagai bahan bangunan dan obat tradisional oleh masyarakat.

Kayunya yang termasuk kokoh sering di ambil untuk dibuat papan, balok kayu, alat prabotan, furniture serta bahan baku bangunan lainnya.

Sedangkan untuk manfaat dari segi kesehatan, beberapa masyarakat sekitar sering menggunakan untuk mengatasi masalah sakit perut, diare atau muntaber.

Bagian yang digunakan ialah ada pada akar tanaman, dimana akar di rebus dan air rebusanya di konsumsi untuk orang yang sakit.

Secara kandungan, bagian akar pometia alias berisil mengadung senyawa tanin, saponin, quinon, triterpenoid, dan flavonoid.

Nah, itulah beberapa informasi yang bisa kamu ketahui.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar flora.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel