CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Tanaman Pasak Bumi (Eurycoma longifolia) untuk Kesehatan Pria dan Wanita - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Tanaman Pasak Bumi (Eurycoma longifolia) untuk Kesehatan Pria dan Wanita

gambar tanaman daun pasak bumi
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Pasak bumi, kedengaranya pasti tidak asing di telinga kamu. Yap, ini merupakan tumbuhan yang diklaim memiliki khasiat dalam mengobati, tak heran bahwa ia banyak di cari untuk dimanfaatkan sebagai obat atau jamu tradisional.

Eurycoma longifolia memiliki beberapa penyebutan lain, khususnya di beberapa daerah di Indonesia ia dikenal dengan nama widara putih (Jawa), penawar pahit (Melayu), bidara laut (Bangka), beseng (Sumatera), pasak bumi (Kalimantan) dan tongkat ali (Aceh).

Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih terhadap khasiat pasak bumi sebagai obat, simak di bawah ini sampai selesai.

Manfaat Tanaman Pasak Bumi Bagi Pria dan Wanita

Menurut penelitian, Eurycoma longifolia memiliki sejumlah kandungan senyawa yang diantaranya berupa eurykomalakton, eurykomanon, benzoquinone, eurykomanol, saponin, sterol, serta asam lemak.

Beberapa kandungan tersebut diyakini bisa memberi manfaat bagi tubuh yang di antaranya :

1. Meningkatkan hormon testosteron

Hormon testosteron berperan penting dalam kesuburan seorang pria. Pria yang kekurangan hormon Testosteron biasanya akan mengalami gangguan seperti lemah syahwat atau penurunan libido.

Menurut penelitian dari US National Library of Medicine National Institutes of Health, rendahnya kadar hormon testosteron pria dapat terjadi akibat usia yang menua, kemoterapi, perawatan radiasi, konsumsi obat, cedera atau infeksi pada testis, dan penyakit tertentu, seperti alkoholisme kronis dan apnea tidur obstruktif.

Oleh karena itu, mengkonsumsi tanaman pasak bumi di yakini bisa mencegah masalah tersebut dengan meningkatkan produksi hormon testosteron dalam tubuh pria.

2. Meningkatkan stamina

Pasak bumi merupakan obat herbal yang sudah terbukti bisa meningkatkan stamina, baik pada wanita maupun pria.

Manfaatnya buat pria ialah meningkatkan stamina diatas ranjang agar bisa tahan lebih lama. Di sisi lain adapun khasiatnya dalam meningkatkan aliran darah ke penis, mengatasi gangguan disfungsi ereksi, serta meningkatkan produksi sperma.

Sedangkan bagi wanita yang mengkonsumsinya bisa digunakan sebagai stamina dalam aktivitas sehari-hari agar tubuh terasa lebih ringan dan enteng.

3. Mengatasi stres

Menurut Journal of the Interational Society of Sports Nutrition, seseorang yang rutin mengonsumsi ekstrak tanaman herbal ini mempunyai tingkat gangguan emosi terkait stres menjadi lebih stabil.

Pada penelitian juga diungkapkan bahwa tongkat ali juga efektif dalam menurunkan hormon penyebab stres.

Tentu hal ini bisa menjadi peluang dari segi manfaat pasak bumi bagi wanita maupun pria dalam mengatasi kecemasan, stres dan terkait emosi lainnya.

4. Obat kuat alami

Buat pria tidak perlu lagi untuk mengkonsumsi obat kuat secara yang di jual di pasaran dan terkadang tidak jelas akan kandunganya.

Lebih baik kamu menggunakan tongkat ali, karena memang sudah terkenal sejak lama dan sering dimanfaatkan sebagai bahan baku obat kuat secara tradisional.

Kemampunya di nilai baik dalam mengatasi lemah syahwat atau disfungsi ereksi pada pria.

Beberapa penelitian yang telah dilakukan untuk memastikan manfaat tongkat ali, dan hasilnya terbukti mampu bisa mengatasi penurunan performa seksual pria di atas ranjang.

5. Meningkatkan masa otot

Buat kamu yang ingin meningkatkan masa otot atau membentuk otot agar lebih besar, cobalah untuk konsumsi ekstrak dari pasak bumi selama seminggu secara berturut-turut.

Menurut penelitian dari British Journal of Sports Medicine, tanaman Eurycoma longifolia diklaim bisa merangsang pembentukan masa otot para atlet yang sedang berlatih menjadi lebih baik.

Namun yang perlu kamu ketahui ialah, tidak serta merta hanya dengan mengkonsumsi pasak bumi otot kamu langsung terbentuk, kamu juga harus menjalankan program olahraga dan makan-makanan sehat.

6. Mencegah penuaan dini

Tongkat ali memiliki manfaat dalam mencegah masalah penuaan dini pada pria dan bagi wanita.

Terdapat sebuah penelitian yang juga menyatakan bahwa mengkonsumsi ekstrak dari tanaman tongkat ali secara rutin bisa mencegah masalah penuaan dini. 

Kemampuan ini juga terkait dengan mempengaruhi kehidupan secara seksual.

7. Menurunkan tekanan darah

Untuk pria maupun wanita yang mempunyai masalah hipertensi atau gangguan tekanan darah tinggi, mungkin tidak ada salahnya mengkonsumsi ramuan yang mengandung tanaman pasak bumi.

Pasak bumi diyakini bisa membantu meredakan masalah sakit kepala dan mengurangi tekanan darah tinggi (hipertensi).

Sebagian besar penelitian juga telah berfokus pada sifat alami afrodisiak pada tanaman yang telah dibuktikan.

Nah, itulah beberapa manfaat pasak bumi yang bisa kamu ketahui.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman herbal.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel