CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Palaquium Hexandrum alias Getah Perca, Manfaat dan Kegunaan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Palaquium Hexandrum alias Getah Perca, Manfaat dan Kegunaan

gambar tanaman Palaquium Hexandrum
Sumber foto : singapore.biodiversity.online
Healty99 - Palaquimum hexandrum atau dikenal juga dengan nama pohon perca, getah perca atau balam putih. Yaitu spesies tumbuhan endemik nusantara yang tersebar di Indonesia bagian barat hingga ke kawasan Semenanjung Malaya. Walaupun begitu ia sebenarnya juga dapat ditemukan di Australasia, Taiwan bahkan pada Kepulauan Solomon.

Ciri khas dari pohon Palaquimum hexandrum ialah memiliki tinggi hinga mencapai 30 meter dan diameter batang sekitar 0,5 - 1 meter. Batang tumbuh tegak dengan permukaan berwarna merak kecoklat-coklatan.

Sedangkan pada bagian daun berwarna hijau, tersusun membentuk spiral sederhana, utuh dengan panjang bekisar antara 8 hingga 25 cm. 

Permukaan bagian atas hijau mengkilap, namu sering bertambahnya waktu warna akan menjadi kuning atau glaucous di bawahnya.

Manfaat dan Kegunaan

Secara pemanfaatan dan kegunaan, bagian tanaman yang diambil ialah getah dan batang pohon.

Getah di sadap dan digunakan untuk beberapa keperluan terkait industri tekstil dan kesehatan. Salah satu contohnya ialah untuk pembuatan mainan anak-anak, cetak celah palatum, tes vitalitas gigi, tambalan dan retraksi gusi, serta campuran resin.

Sedangkan pada batang pohon di tebang dan digunakan untuk keperluan prabotan. Karena memiliki kelas keawetan tingkat IV dan kelas kekuatan II, hal ini menjadikanya cocok untuk dibuat sebagai bahan baku bangunan, alat-alat rumah tangga, alat musik hingga alat olahraga.

Di sisi lain untuk penggunaan secara mentah, beberapa masyarakat sekitar atau pedalaman kerap memakai getah dari tanaman perca untuk mengatasi beberapa sengatan dari hewan.

Salah satunya ialah sengatan dari hewan seperti lebah, tawon dan beberapa serangga kecil lainnya.

Cara mengolah getah agar bisa digunakan sebagai obat cukup sederhana, getah di bakar hingga mengetal lalu di oleskan pada bagian kulit tubuh yang terkena sengatan hewan.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai Palaquimum hexandrum atau dikenal juga dengan nama pohon perca.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman.

Artikel terkait :

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel