CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Mengenal Apa itu Metaverse? Contoh serta Cara Kerjanya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Mengenal Apa itu Metaverse? Contoh serta Cara Kerjanya

gambar ilustrasi metaverse permainan
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Metaverse atau metamesta apa itu? Dan bagaimana cara kerjanya? Metaverse sebenarnya adalah sebuah kemajuan teknologi dengan gabungan virtual reality dan augmented reality yang ditujukan untuk memberikan pengalaman baru bagi para user alias pengguna.

Dalam artian lain metaverse merupakan sebuah teknologi dunia maya (internet) yang didalamnya dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata. Singkatnya kita mempunyai karakter kita sendiri di dalam virtual dan dapat melakukan berbagai aktivitas keseruan sekaligus berinteraksi ke sesama pemain.

Apa itu Metaverse

Apa yang dimaksud metaverse? Sebenarnya konsep daripada metamesta sudah diperkenalkan pertama kali oleh Neal Stephenson pada novelnya yang diberi judul "Snow Crash" sekitar tahun 1992. 

Ia membuat ilustrasi seorang manusia berinteraksi satu sama lain dalam dunia virtual 3 dimensi yang dihuni karakter (avatar) manusia visual atau bentuk tertentu. [sc*]

Metamesta kini menjadi topik pembicaraan yang sedang populer di seluruh dunia dan hampir dikenal oleh semua kalangan. Selain itu kepopuleran metaverse kian naik secara drastis setelah pendiri facebook (Mark Zuckerberg) mengumumkan bahwa adanya perubahan nama terhadap perusahaannya yang menjadi Meta Platforms, Inc.

Bersumber dari laman resmi meta, hadirnya metaverse bukan sekedar kemajuan teknologi saja namun juga berfokus untuk membantu setiap orang agar saling terhubung satu sama lain, mengembangkan bisnis alias branding secara virtual serta untuk menemukan komunitas sendiri.

Metaverse membuat penggunanya dapat melakukan berbagai aktivitas seru di dalam dunia maya atau game virtual bersamaan dengan pengguna lainnya.

Cara kerja metaverse

Cara kerja metamesta sebenarnya kurang lebih hampir sama dengan dunia nyata, hanya saja kita (pengguna) diharuskan untuk menggunakan bantuan teknologi yang mendukung AR dan VR agar bisa masuk kedalam dunia tersebut.

Contoh perangkat yang digunakan untuk masuk ke dunia internet meta harus menggunakan headset VR seperti Oculus.

Setelah pemain masuk ke dunia virtual, maka kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti yang telah di sebutkan mulai dari bermain game, bercanda bersama pengguna lain dan berbagai keperluan yang kamu inginkan.

Selain mengharuskan memakai headset VR, pastinya kamu juga juga harus memiliki akses internet yang stabil serta mematuhi beberapa ketentuan didalamnya.

Ibarat seperti main game GTA, tetapi yang jadi karakter (avatar) didalam game adalah kamu serta cara mengerakan karakter tersebut melalui gerakan tubuh dan tangan.

Hal-hal yang bisa dilakukan dalam metaverse

Ada banyak hal menarik dan seru yang membuat pengguna betah berlama-lama di dalam dunia metaverse, mengingat juga ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan.

Sebagai contoh adapun beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di dunia VR tersebut.

1. Bermain game

Untuk seorang gamers, metaverse merupakan tempat yang seru dan menyenangkan. Bagaimana tidak, para pemain dapat merasakan seolah-olah ia berada didalam game, sehingga dapat merasakan sensasi visual secara langsung.

Contoh seperti roblox. Roblox merupakan salah satu platform game daring dengan sistem pembuatan permainan yang memungkinkan para user memprogram permainan mereka sekaligus memainkan permainan yang dibuat oleh pengguna lainnya juga. [sc*]

2. Berpetualang dan bercengkrama

Dalam dunia metaverse pengguna kamu dapat berpetualang dan bercengkrama dengan pengguna lain.

Bahkan di sini kamu bisa menemukan banyak teman baru yang mungkin saja satu komunitas atau hobi yang sama juga.

3. Konser VR

Konser vitual alias mempertunjukan kontes secara virtual ataupun hanya sekedar menonton konser tersebut juga bisa di lakukan dalam dunia metaverse.

Konsep dan cara kerja yang diterapkan didalam virtual pada dasarnya hampir sama dengan melakukan atau melihat konser secara langsung. Dengan memakai bantuan teknologi, maka pengguna dapat merasakan suasana konser virtual tanpa harus keluar rumah.

3. Keperluan kerja

Selain digunakan untuk bercengkrama dan menemukan teman baru, ternyata metaverse juga bisa dipakai dalam keperluan kerja atau bisnis. Contohnya dalam mempresentasikan laporan saat meeting online yang kurang lebih mirip seperti meeting zoom.

Dengan adanya dunia virtual, tentu dipermudahkan untuk memperkenalkan bisnis kamu kepada pengguna yang pada akhrinya dapat meningkatkan engagement terhadap produk yang kamu tawarkan.

Sekitar Agustus 2021 lalu Meta meluncurkan Horizon Workrooms, yaitu room meet dengan memanfaatkan teknologi virtual reality, sehingga para pengguna Horizon Workrooms bisa terhubung secara langsung dengan rekan lain.

4. Melihat dan mempertunjukan karya seni

Di dunia metaverse kamu juga bisa mengungkapkan ekspresi sendiri terhadap karya-karya yang kamu punya, atau sebaliknya hanya sekedar mengujungi pameran untuk melihat karya seni milik orang lain.

Karena ini dalam dunia VR maka bentuk karya seni tersebut umumnya berupa gift, foto atau lukisan. Tetapi kamu jangan salah walau hanya berupa foto versi digital, foto tersebut bisa dihargai ratusan ribu, jutaan atau bahkan milyaran.

Seperti yang sempat viral belakangan kemarin foto, lukisan dan gift dikenal sebagai aset digital atau NFT (Non-Fungible Token).

Contoh metaverse

Karena teknologi yang semakin maju, hal ini tentunya cepat atau lambat akan membuat metaverse menjadi terus berkembang di masa mendatang. Terlebih melihat daripada fungsinya yang menguntungkan untuk banyak hal, tentu perkembanganya akan semakin pesat.

Karena hal tersebut, kini sejumlah perusahaan platform mulai menggunakan teknologi metaverse untuk keperluan aspek lain dari sebuah bisnis atau hanya untuk menjangkau lebih luas banyak orang.

Sebagai contoh, berikut beberapa perusahaan yang menerapkan teknologi metaverse.

1. Microsoft VR

Bill Gates pendiri microsoft mengabarkan mulai mengembangkan konsep metaverse. Perusahaan software windows memakai teknologi hologram untuk membuat pertemuan online atau keperluan presentasi saat meeting.

Diberitakan microsoft menerapkan sistem operasi windows dalam membuat metaverse. Bahkan untuk excel dan microsoft power point juga bisa digunakan secara virtual dan mengusung avatar (karakter) digital didalamnya.

Sehingga nantinya para pengguna bisa saling mengirim file dan dan bercengkrama langsung secara online.

2. Roblox

Platform game yang launching pada tahun 2006 ini telah berhasil menerapkan teknologi virtual dengan menggabungkan cara kerja metaverse serta teknologi VR dan AR.

Pada saat pemain memasuki roblox, maka mereka disana bisa melakukan banyak hal seperti di dunia nyata. Contoh seperti membuat rumah, berkeliling tempat, bermain, mencari teman sehobi serta bekerja secara virtual.

3. Meta

Mark Zuckerberg (CEO Facebook) mengemukakan terjadi sedikit perubahan nama pada perusahaan yang telah berdiri lama sejak 2004 tersebut.

Meta meningkatkan sejumlah produk berlandasan virtual, salah satunya adalah games dan keperluan bisnis yang telah di sebutkan tadi.

Di dalam dunia meta VR tersebut, nantinya para user bisa merasakan keberadaan orang lain berupa avatar. Sehingga harapan tersebut ditujukan supaya user bisa mendapatkan pengalaman baru dan lebih menarik.

Nah, itulah pengertian apa itu metaverse, cara kerja, hal-hal yang bisa dilakukan di dalamnya serta sekaligus contoh.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar teknologi.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel