CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Tips dan Cara Menggunakan Daun Tanaman Sirih Untuk Obat Bisul - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Tips dan Cara Menggunakan Daun Tanaman Sirih Untuk Obat Bisul

gambar daun sirih hijau
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Daun sirih untuk obat bisul, emang bisa? Bisa dong. Penggunaan tanaman sirih untuk mengatasi bisul memang masih belum diketahui banyak orang.

Kebanyakan dari kita lebih mengandalkan obat-obatan pereda bengkak atau salep yang sering dijual di apotik.

Namun tahukah kamu bahwa sebenarnya masalah bisul pada kulit bisa diatasi dengan cara alami loh, penasaran? Simak di bawah ini lebih lengkap.

Daun Sirih Untuk Obat Bisul

Sebelumnya apa itu bisul dan bagaimana bisa muncul? Penyebab utama dari muncul bisul pada kulit ialah adanya bakteri Staphylococcus aureus.

Bakteri ini pada dasarnya ada pada permukaan kulit atau di dalam hidung kita, dan bakteri ini sebenarnya tak memicu infeksi.

Namun ada kalanya infeksi bisa terjadi, yaitu ketika bakteri tersebut masuk ke folikel kulit, karena goresan luka, tusukan benda tajam atau karena gigitan serangga.

Bisul juga bisa terjadi karena adanya infeksi patogen ataupun kuman dari luar tubuh, sehingga nantinya memicu pembengkakan, meradang dan pada akhirnya bernanah.

Ciri bisul pada kulit ialah terdapat ruam merah pada kulit, semakin hari semakin membengkak, terasa panas serta sakit apabila di sentuh, dan terdapat titik putih saat bisul mau pecah.

Oleh karena itu, jika kamu mempunyai bisul pada kulit tidak perlu khawatir, cukup gunakan daun sirih untuk mempercepat pengempisan dan lekas sembuh.

Kemampuan sirih mengobati bisul

Kemampuan sirih dalam mengatasi bisul didasari akan kandungan minyak atsiri yang ada di dalamnya.

Beberapa kandungan minyak atsiri tersebut diketahui memiliki efektivitas antibakteri, antijamur, antiradang, antimikroba dan tentunya sifat styptic.

Sehingga hal tersebut memungkinkan bisa membunuh bakteri maupun kuman penyebab bisul.

Tidak hanya itu saja, sifat antiradang dan anti styptic pada sirih juga berguna untuk mencegah peradangan, menghentikan pendarahan jika bisul pecah dan tentu saja mempercepat penyembuhan luka menjadi kering.

Cara menggunakan

Tidak ada cara spesial dalam penggunaan sirih dalam menyembuhkan bisul dan bengkak pada kulit.

Kamu hanya memerlukan 5 lembar daun sirih lalu ditumbuk hingga halus, setelah itu balurkan secara merata pada area yang terdapat bisul, kemudian tutup menggunakan plester atau perban.

Lakukan pergantian disetiap harinya atau hingga bisul mengempis dengan sendirinya.

Jika kamu mau, kamu mungkin bisa menambahkan beberapa tanaman herbal lainnya yang memiliki kemampuan menyembuhkan bisul seperti jahe, laos, serai dan kunyit.

Nah, itulah mengenai manfaat dan cara menggunakan daun sirih untuk bisul.

Note : Harap untuk tidak sesering mungkin menyentuh bisul atau menekanya. Mengapa? Menyetuh atau memencet hanya akan membuat bisul menjadi tambah besar dan peradangan bertambah parah.

Bahkan jika cairan bisul terkena bagian kulit lainnya, hal tersebut bisa memicu timbulnya jerawat atau bisul kembali.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman herbal.

Artikel terkait :


Artikel terkait :

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel