CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Penderita Asam Urat Makan Sayur Kecipir - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bolehkah Penderita Asam Urat Makan Sayur Kecipir

gambar kacang kecipir
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Bolehkah penderita asam urat makan sayur kecipir? Siapa yang tidak tahu kecipir, ini merapakan sayuran atau buah yang populer dan sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Sayuran dengan bentuk panjang dan mempunyai sirip ini kerap di makan secara langsung sebagai lalapan atau di olah menjadi sayuran konsumsi. 

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang menyukainya? Jika iya, maka kamu beruntung, karena ada banyak manfaat kecipir yang bisa kamu dapatkan.

Salah satu khasiat dari mengkonsumsi kecipir ialah bisa menjaga daya tahan tubuh, melancarkan saluran pencernaan, meningkatkan stamina, sumber vitamin dan mineral serta masih banyak lagi yang bisa kamu raih.

Selain itu, kecipir juga merupakan salah satu sayuran yang diklaim bisa meredakan asam urat loh.

Manfaat Kecipir Untuk Asam Urat

Sebelumnya, asam urat adalah sebuah kondisi yang bisa menyebabkan penderitanya mengalami gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di bagian persendian.

Salah satu penyebabnya ialah terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan tinggi purin, seperti daging, jeroan, lemak, hidangan laut dan minuman beralkohol serta gula.

Penyakit asam urat umumnya dapat membuat penderita mengalami kesulitan dalam bergerak, mengangkat beban berat dan bahkan sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Tapi kamu tak perlu khawatir, ada banyak makanan yang bisa meredakan gejala asam urat dan mencegahnya timbul. Salah satunya ialah mengkonsumsi buah-buahan dan beberapa jenis sayuran.

Nah, tahukah kamu bahwa kecipir diklaim bisa menjadi salah satunya dalam mengatasi asam urat loh. Ini bukan tanpa sebab, pasalnya sayuran tersebut mengandung serat dan antioksidan yang tinggi.

Tentunya ini berguna dalam mengatasi masalah kolesterol tinggi sekaligus sehingga ramah untuk penderita asam urat dan nyeri sendi. 

Selain itu kandungan purin yang terbilang rendah, sehingga masih dikategorikan aman jika dikonsumsi.

Namun yang perlu kamu ingat ialah, kecipir tidak bisa mengobati asam urat layaknya seperti minum obat-obatan. 

Manfaat kecipir hanya bisa kamu dapatkan jika di makan secara teratur, terutama dalam pencegahan beberapa nyeri agar tidak timbul atau kumat kembali.

Mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebihan sayur kecipir dengan alasan untuk meredakan asam urat justru hanya akan menimbulkan efek samping yang tidak di inginkan.

Oleh karena itu seimbangkan konsumsi sayuran kamu dengan jenis makanan sehat lainnya.

Disisi lain, jika kamu ragu tentang "bolehkah penderita asam urat makan sayur kecipir?" Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter atau ahli gizi.

Hal ini bertujuan untuk menghidari dampak buruk atau efek samping yang di takutkan.

Terlebih lagi jika kamu sedang dalam masa pengobatan, mengkonsumsi obat-obatan atau mempunyai riwayat penyakit lainnya.

Artikel terkait : 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel