CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Penyebab dan Cara Mengatasi Oli Gardan Berwarna Putih Pada Motor Matic - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Penyebab dan Cara Mengatasi Oli Gardan Berwarna Putih Pada Motor Matic

gambar ilustrasi sepeda motor matic
Sumber gambar : pixabay/topanardnsyh
Healty99 - Setiap sepeda motor matic mempunyai oli tambahan pada bagian roda belakang atau dikenal dengan nama oli gardan. Walau jumlahnya tidak banyak, namun oli satu ini berperan penting dalam melumasi komponen gear box yang merupakan bagian dari transmisi otomatis agar tetap awet.

Oli gardan juga tidak seperti oli mesin yang harus diganti setiap bulannya, karena tidak terkena panas berlebih dari pembakaran mesih membuat oli satu ini bisa diganti selang waktu setiap 3 bulan sekali atau lebih.

Akan tetapi kamu tetap harus waspada, biarpun oli gardan dapat bertahan lama namun kamu harus tetap memperhatikan kondisi oli tersebut, baik dari warna dan kekentalan.

Oli Gardan Berwarna Putih

Tahukah kamu, jika bagian transmisi gear box (gardan) pada motor matic kamu tidak mengalami masalah, oli tersebut tidak akan berubah warna yang terlalu mencolok dan masih tampak bersih dengan warna kekuningan atau coklat transparan.

Walaupun oli tersebut sudah tidak kamu ganti selama 3 bulan lebih. Namun lain hal jika ada kendala pada gardan kamu, pasti akan langsung ketahuan saat pergantian oli.

Sebagai contoh, pasti kamu pernah atau mengalami yang namanya oli gardan berwarna putih, kental atau seperti susu. Jika ia, tahukah kamu penyebabnya? 

Sebenarnya, penyebab oli gardan motor matic kamu berwarna putih atau mengalami perubahan seperti susu ialah tidak lain dan tidak bukan karena air.

Kok air, bagaimana air bisa masuk ke gardan mesin?

Perlu kamu ketahui, setiap sepeda motor matic pada bagian gardannya terdapat selang hawa atau pembuangan udara. Fungsinya ialah agar tidak terjadi vacum maupun mengurangi tekanan udara berlebih pada bagian gear box.

Selang alias jalur pembuangan udara ini terletak pada bagian atas. Jika ingin tahu dimana, cobalah cari pada kendaraan matic kamu, selang tersebut ada di samping sok belakang dengan warna hitam.

Selang gardan yang bagus dan dalam kondisi benar, bagian ujung posisinya menjorong atau masuk ke sela-sela filter udara. Namun ada suatu kondisi dimana selang tersebut keluar dan terkadang koyak (bolong) akibat gesekan ban sehingga menjadi jalan masuk air.

Jika sudah begitu, sudah pasti penyebab oli gardan motor matic kamu berwarna putih ialah disebabkan karena air masuk melalui serang tersebut.

Jika selang menjolor keluar atau koyak karena gesekan tentu akan sangat mudah kemasukan air, baik itu karena air hujan maupun air saat kamu mencuci motor.

Saat air memasuki bagian gardan, maka akan tercampur dengan oli dikarenakan perputaran gear transmisi dan bearing didalamnya.

Apakah oli gardan berwarna putih berbahaya?

Jawabnya "Ya" jika tidak segera kamu ganti dengan yang baru.

Pasalnya, oli gardan berwarna putih sudah pasti tercampur dengan air, yang mana hal tersebut akan mengurangi daya lumas (pelicin) sekaligus menurunkan perlindungan terhadap komponen gear box.

Jika tidak segera kamu tukar dengan yang baru maka komponen di dalamnya seperti gear akan cepat aus karena bergesekan dan menjadi terkikis, sedangkan bearingnya akan cepat oblak alias goyang.

Cara Mengatasi Oli Gardan Kemasukan Air

Oli gardan matic yang berwarna putih seperti susu memang harus cepat di ganti agar tidak terjadi kerusakan yang berlebih, namun hal tersebut tentunya juga belum cukup. 

Kamu juga harus mencegah agar air tidak masuk kedalam gear box, karena akan sangat pencuma jika kamu menganti oli tetapi penyebab dari permasalahan tidak kamu atasi.

Tentu penyakit oli berubah warna menjadi putih akan terulang kembali dalam waktu dekat.

Seperti yang telah di sebutkan tadi, penyebab air bisa masuk kedalam gardan ialah melalui selang hawa pembuangan yang berada dibagian atas atau di samping sok belakang.

Cobalah periksa bagian selang tersebut, apakah terdapat sobekan, pecah atau keluar dari lane alias dari tempat semestinya (selang tersebut seharusnya bolong karena untuk menstabilkan tekanan udara dalam gardan).

Jika terdapat robekan dan pecah maka cukup isolasi sedikit atau mengganti dengan yang baru agar lebih aman.

Jika hanya menjolor keluar maka kamu bisa kembalikan atau mamasukan kembali pada cela di belakang filter hawa (udara) sebagai tempat semestinya.

Apabila masalah sudah terselesaikan, kamu bisa menuangkan oli gardan seperti biasa dan mengganti seminggu kemudian.  

Mengapa seminggu kemudian? Oli sebelumnya yang berwarna putih, walau sudah dikeluarkan secara menyeluruh dari lubang pembuangan sebenarnya tidak 100% bersih, dan masih akan tetap menyisahkan pada dinding dan cela-cela di dalam gear box.

Tujuan dari mengganti seminggu kemudian ialah untuk membersihkan sisa-sisa tersebut alias sebagai gurah, sehingga bagian gear box dan bearing dapat bersih secara menyeluruh.

Kamu bisa ganti oli gardan secara bertahap dimulai 1 minggu sekali sejak pembuangan oli sisa yang berwarna putih, lalu lanjut 1 bulan dan pergantian berikutnya 3 bulan sekali seperti kebanyakan dibengkel-bengkel umum.

Nah, itulah penyebab oli gardan bewarna putih keruh seperti susu dan bagaimana cara mengatasinya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :


 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel