CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Tips Sekaligus Cara Mengirim dan Mengemas Tanaman Sukulen Untuk Jarak Jauh - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Tips Sekaligus Cara Mengirim dan Mengemas Tanaman Sukulen Untuk Jarak Jauh

gambar tanaman sukulen merah muda cantik
Sumber foto : pixabay/manseok_Kim
Healty99 - Peluang bisnis dapat berasal dari mana saja, termasuk itu dari penjualan tanaman hias. Ditambah lagi dengan adanya marketplace, tentu kita sangat di permudah dalam menjangkau jaringan lebih luas, sehingga kita dapat melayani pembelian dari jarak jauh seperti luar kota maupun provinsi.

Akan tetapi untuk pemula yang mendapatkan pesanan jarak jauh mungkin ada yang merasa bingung, karena baru pertama kali melayani pembelian yang mengharuskan mengirim melalui jasa kurir paket. 

Sebenarnya kamu tidak perlu khawatir. Namun yang perlu di ingat ialah, mengirim tanaman hias sukulen untuk jarak jauh yang menggunakan layanan pengiriman paket, tentu tidak semudah seperti mengirim benda mati layaknya baju, sepatu dan lain-lain.

Baca juga : 100 Jenis Tanaman Sukulen Echeveria

Terlebih lagi cara mengemas tanaman dalam bentuk paket harus ekstra hati-hati agar tidak hancur, busuk atau rusak saat dalam waktu pengiriman.

Cara Mengirim dan Mengemas Sukulen Lewat Paket

Nah, pada artikel kali ini saya ingin berbagi sedikit tentang bagaimana cara mengirim sekaligus mengemas tanaman sukulen dari awal menerima pesanan hingga untuk siap di kirim jarak jauh menggunakan layanan kurir paket.

Serta sekaligus mencegah succulent agar tidak menjadi busuk, mati, rusak maupun hancur karena pengemasan yang salah.

Baca juga : 10 Kaktus Tergolong Langka

1. Menerima pesanan sesuai permintaan

Sebagai penjual pastikan kita selalu memenuhi permintaan para pelanggan, sehingga nantinya mereka dapat memberikan feedback baik dan bahkan bisa saja berbelanja kembali.

Jika barang yang di minta tidak ada ataupun itu jenis sukulen yang di pesan sedang kosong, maka sebaiknya kamu chat costumer terlebih dahulu untuk memberikan informasi.

Beritahu tanaman sukulen yang diminta sedang kehabisan alias sedang kosong, atau kamu juga bisa menyarankan untuk diganti dengan jenis yang lain.

Baca juga : Pupuk Yang Bagus Untuk Succulent

2. Proses pengemasan sukulen

Seperti yang telah di sebutkan tadi diatas, proses pengemasan tanaman sukulen dari mulai pencabutan hingga pengiriman tidak bisa langsung begitu saja.

Karena jika kamu memetik tanaman dan langsung mengemas untuk dikirim, maka besar kemungkinan akan mengalami pembusukan dalam perjalanan.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Ini bisa dikarenakan tanaman yang baru di petik atau di cabut masik terkontaminasi kotoran, air, mengalami luka dan belum sepenuhnya steril dari kutu, penyakit serta sebagainya.

Terlebih lagi saat dikemas dalam kardus yang lembab dan tanpa adanya sirkulasi udara maupun cahaya, tentu akan sangat mempermudah sukulen mengalami pembusukan. 

Oleh karena itu berikut beberapa tahap pengemasan dari mulai petik (cabut) hingga siap kirim agar tidak busuk, rusak maupun hancur.

Baca juga : Manfaat Kotoran Kambing Untuk Kaktus Dan Succulent

a. Cabut atau potong dengan sesuai kriteria

Biasanya, sukulen yang dijual dalam bentuk grosir atau paketan banyak memiliki jenis ukuran yang kecil dan mungil.

Ada dua opsi jika kamu ingin memberikan sukulen pada pemesan. Yang pertama ialah mencabut tanaman hingga kebagian akar secara perlahan, dan yang kedua ialah memangkas atau memotong sebagian kecil dari tanaman itu sendiri (jika hidup serumpun atau berukuran besar).

Pastikan kamu memilih ukuran yang pas dan tingkat kehidupan dari tanaman itu sendiri juga besar. 

Baca juga : 8 Jenis Haworthia Cantik Dan Mudah Perawatan

b. Jemur beberapa hari

Setelah pemilihan tanaman selesai, maka langkah selanjutnya ialah dilakukan penjemuran atau diangin-anginkan sesaat.

Cukup letakan sukulen secara terbalik alias bagian akar atau bekas potongan menghadap atas.

Tujuanya ialah untuk mensterilkan tanaman itu sendiri dari penyakit, kutu, bakteri pengurai serta mempercepat pengeringan luka bekas potong tadi.

Langkah satu ini sangat penting karena mencegah resiko sukulen menjadi busuk, rontok dan penyakitkan.

Bahkan dengan melakukan pengeringan juga akan bermanfaat nantinya saat akan ditanam, karena akar akan lebih mudah tumbuh di tempat yang baru.

Untuk lama penjemuran ialah 2 sampai 3 hari atau bahkan lebih.

Kamu tidak perlu khawatir tanaman akan mati, pasalnya sukulen memiliki cadangan air (nutrisi) yang sangat banyak pada daun dan batang, sehingga dapat bertahan cukup lama.

Baca juga : 9 Jenis Succulen Aeonium Yang Cantik Dan Mudah Dirawat

c. Dibalut tisu

Setelah diakukannya proses pengeringan dalam beberapa hari, langkah selanjutnya ialah membalut setiap sukulen menggunakan tisu satu per satu.

Mengapa harus di balut tisu? Tujuanya ialah untuk mencegah benturan dan gesekan antar tanaman serta memenuhi ruang kosong saat di dalam kotak paket.

Selain itu beberapa jenis sukulen seperti donkey tail diharapkan untuk diselimuti tisu lebih, karena daunnya sangat mudah mengalami rontok.

Baca juga : Cara Menimbulkan Warna Pada Daun Sukulen

d. Kemas dengan kardus

Pastikan kamu mengemas dengan kardus yang cukup tebal dan tidak mudah remuk. Berikan juga lebel jangan di injak atau di banting, sehingga nantinya kurir paket akan lebih berhati-hati saat mengirim ke pelanggan kamu.

Bila perlu kamu menambahkan bubble wrap sebagai pelindung kotak dari benturan, namun tidak diberikan juga tidak masalah yang penting ada lebel jangan di injak atau di banting.

 Baca juga : Penyebab Daun Succulent Sering Rontok

e. Antar ke jasa pengiriman

Begitu sudah dikemas segera langsung berikan ke jasa pengiriman terdekat atau sesuai permintaan dari pelanggan, dan jangan menunda-nunda lagi.

Setelah di terima oleh jasa pengiriman, mintalah resi dan foto resi tersebut kemudian kirim pada costumer kamu.

Jika kamu menjualnya dari marketplace maka masukan resi dan klaim barang telah di kirim.

Namun jika costumer kamu membeli diluar marketplace maka pastikan kamu memperoses pesanan saat uang telah dikirim setengah atau sepenuhnya, baru setelah itu kirim foto paket dan resi kepada costumer.

Nah, itulah beberapa langkah proses pengemasan tanaman sukulen dari awal hingga siap kirim.

Baca juga : Campuran Media Tanam Kaktus Yang Pas

3. Berikan pelayanan lebih

Jika kamu seorang penjual atau petani sukulen, pastikan kamu memberikan beragam pelayanan terbaik.

Mulai dari mencantumkan varian harga dan jenis tanaman, hingga memberi potongan harga yang miring untuk pembelihan secara partai atau grosir.

Memberikan 1 atau 2 tanaman sebagai bonus juga bisa kamu lakukan jika ada pembeli dalam jumlah yang cukup banyak, sehingga mereka akan senang dan merekomendasikan toko kamu.

4, Memberikan tips penanaman

Kamu juga bisa memberikan tips dalam menanam sukulen yang baru beli online, ini juga bisa menjadi poin lebih buat kamu.

Sehingga tanaman yang kamu kirim nanti dapat tumbuh dengan baik dan subur saat di tanam pembeli.

Itulah beberapa tips dan cara mengemas sekaligus mengirim sukulen secara online atau jarak jauh.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman hias.

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel