CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Jenis Pupuk yang Bagus Untuk Tanaman Kaktus Sukulen - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Jenis Pupuk yang Bagus Untuk Tanaman Kaktus Sukulen

gambar tanaman sukulen pink
Sumber gambar : pixabay/manseok_Kim
Healty99 - Setiap tanaman hias yang kita pelihara pastilah harus di beri pupuk, hal ini bertujuan untuk memenehui kebutuhan nutrisi dan hara tanaman di dalam pot. Tidak terkecuali bagi kaktus dan sukulen.

Walau pada dasarnya kaktus sukulen merupakan tanaman yang dapat bertahan pada kawasan kering dan kurang air, namun ia sebenarnya juga membutuhkan nutrisi untuk tumbuh, walau jumlahnya tidak banyak.

Nah, buat kamu yang sedang menanam atau memelihara beberapa jenis kaktus dan sukulen, serta ingin tanaman tumbuh dengan subur, lebat atau tampak segar. Kamu bisa mencoba dengan meberikan pemupukan secara berkala yang baik dan benar.

Berikut beberapa jenis pupuk yang bagus dan sering digunakan untuk tanaman kaktus sukulen.

Pupuk Tanaman Kaktus dan Sukulen

Pada dasarnya, ada banyak jenis pupuk yang bisa kamu gunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi kaktus dan sukulen kamu.

Salah satunya ialah kamu bisa menggunakan jenis pupuk organik dari kotoran hewan, POC dan beberapa pupuk kimia lainnya. Namun sebagai referensi, berikut beberapa pupuk yang bagus untuk tanaman kaktus sukulen yang bisa kamu gunakan.

1. Pupuk kotoran kambing

Yang pertama sekaligus paling banyak dipakai ialah kotoran kambing. Jenis pupuk satu ini kerap di berikan pada awal penanaman dengan mencampurnya ke media tanam.

Tujuanya ialah untuk membentuk unsur hara pada media secara alami dan sumber mikro organisme baik.

Biasanya kotoran kambing di berikan dengan perbandingan 4:2:1 atau 3:3:1 dengan isian pasir (pasir malang atau pumice), kompos (sekam bakar atau cocopeat) dan pupuk kandang.

Sedangkan untuk pergantian atau pemberian selanjutnya bisa rengang waktu 4 sampai 6 bulan, namun hal tersebut tergantung dari ukuran tanaman kaktus sukulen kamu.

Jika kamu sulit mendapatkan pupuk kotoran kambing, maka sebagai gantinya bisa menggunakan jenis hewan lain seperti kelinci dan marmot. Akan tetapi sebelumnya harus di fermentasi dahulu, ini upaya agar tidak membawa penyakit.

2. Pupuk NPK

Selanjutnya ada NPK. Pupuk satu ini mempunyai kelebihan karena kadar atau unsur NPK nya sudah di sesuaikan, baik itu dari nitrogen, fosfor dan kalium.  

Ada banyak produk NPK yang bisa kamu temukan di toko tani, beberapa di antaranya memiliki unsur yang berbeda-beda seperti NPK 12-12-17, 16-16-16, 15-15-15 dan masih banyak lagi.

Pemberian NPK diharapkan dapat membuat tanaman tubuh lebih cepat, subur dan daun menjadi lebat. Namun harap jangat terlalu berlebihan, karena bisa berefek ke beberapa jenis kaktus dan menjadi pecah.

Kamu bisa memberikan NPK pada kaktus sukulen sebanyak 1/2 sdt untuk selang waktu satu sampai dua bulan sekali.

3. Pupuk osmocote

Pupuk osmocote atau dekastar ialah merupakan jenis pupuk yang kerap kali digunakan untuk menyuburkan tanah. Tujuanya yaitu agar tanaman tubuh dengan baik dan bagus. 

Termasuk sebagai pupuk majemuk yang penyedianya terkendali (slow relase) dan bisa menyuburkan tanaman dengan cepat. Osmocote sering kali menjadi andalan sebagai pupuk kaktus sukulen dan tanaman bonsai.

Hal ini dikarenakan osmocote memiliki sejumlah mineral makro dan mikro yang di perlukan tanaman, baik itu dari unsur NPK, B, Cu, Mn, Mo, dan Zn.

Kamu bisa memberikan beberapa butir pupuk osmocote pada tanaman hias untuk selang waktu 170 hari atau sekitar dua bulan lamanya.

Sedangkan untuk tanaman kaktus sebaiknya jangan terlalu berlebihan, karena beberapa kasus bisa membuat kaktus menjadi pecah.

4. Pupuk organik cair

Pupuk organik cair atau dalam istilah POC merupakan fermentasi dari beberapa bahan organik, baik itu limbah organik dapur seperti buah dan sayur, kotoran kandang serta lainnya.

POC dibuat dengan cara memfermentasi bahan-bahan organik dengan bantuan mikro organisme, yang dilakukan dalam beberapa hari atau berminggu-minggu. Paling umum kebanyakan orang menambahkan Em4 untuk membuat pupuk organik cair bagi tanaman.

POC diharapkan bisa menjadi alternatif lain selain pupuk kandang padat, serta bagus untuk tanaman dan tanah, karena bisa meningkatkan unsur hara sehingga membuat tanaman menjadi subur.

Jenis POC yang mudah dibuat dan dapat di praktekin di rumah ialah POC air beras atau nasi. Kamu bisa memberikan pupuk organik cair satu ini dengan perbandingan 1:5 hingga 1:10 untuk setiap penyiraman.

Nah, itulah beberapa pupuk yang sering di gunakan atau di berikan pada tanaman kaktus sukulen.

Kamu bisa memilih salah satu atau menggunakan beberapa jenis di atas, namun tetap dengan takaran dan jagan terlalu berlebihan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman sukulen.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i