CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Macam-Macam Tanaman Hias Dengan Nama Lidah - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Macam-Macam Tanaman Hias Dengan Nama Lidah

gambar tanaman lidah buaya
Sumber gambar : pixabay/GregMontani
Healty99 - Pemberian nama lidah pada tumbuhan hal ini di yakini karena bentuk atau ciri khasnya. Salah satu contohnya tanaman hias lidah-lidahan yang paling umum di jumpai ialah lidah buaya dan mertua.

Namun, hampir seluruh tanaman yang di beri nama depan lidah pasti memiliki daun dengan bentuk yang memanjang. 

Perlu kamu ketahui ialah, selain keunikan tersebut. Tanaman jenis ini diketahui juga tahan terhadap cuaca loh.

Jenis lidah-lidahan dapat bertahan terhadap cuaca panas dan mempunyai kemampuan dalam menyimpan cadangan air pada bagian daun serta batang. Nah, daripada penasaran, berikut beberapa tanaman tersebut.

Tanaman Hias Lidah

1. Lidah mertua

gambar tanaman hias lidah mertua
Sumber foto : pixabay/barbos2514
Yang pertama ada lidah mertua atau lebih dikenal dengan nama sansevieria. Ini adalah salah satu marga tanaman hias yang sangat populer dan sangat di gemari sebagai hiasan dalam ruangan atau indoor.

Hal tersebut dikarenakan lidah mertua dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan rendah cahaya matahari. Sansevieria memiliki ciri khas yaitu daun keras, tegak, dengan bagian ujung meruncing.

Ada banyak jenis keluarga tanaman sansevieria, semuanya dapat di bedakan berdasarkan masing-masing bentuk, ukuran dan corak pada daun.

2. Lidah buaya

gambar tanaman aloe vera
Sumber foto : pixabay
Siapa yang tidak tahu dengan lidah buaya (aloe vera), ini adalah tanaman hias yang mempunyai banyak manfaat bagi manusia.

Selain dipelihara sebagai tanaman hias dalam pot, lidah buaya juga kerap digunakan dalam bentuk produk kecantikan dan makanan.

Termasuk daam tumbuhan dengan daun berdaging tebal, ia mampu menyimpan candangan air yang sangat banyak. Tidak heran bahwa jarang sekali tanaman satu ini mati karena telat menyiram.

Selain itu, lidah buaya atau aloe vera juga di ketahui memiliki banyak jenis, mulai dari ukuran yang mini, berdaun keras hingga warna corak bervariasi.

3. Lidah katak

gambar tanaman lidah katak
Sumber foto : istockphoto
Berikutnya ada lidah katak, Drimiopsis Kirkii atau nama umumnya Giant Squill. Merupakan tanaman hias berdaun unik yang diketahui berasal dari famili Hyacinthaceae kawasan benua Africa, lebih tepatnya Africa Selatan.

Jenis satu ini mempebanyak diri dengan cara menumbuhkan tunas, sama halnya dengan tanaman lainnya, tunas akan tumbuh pada bagian dekat pangkal batang.

Untuk mendapatkan tunas anakan yang banyak, diperlukan media tanam yang baik dan subur. Selain itu kebutuhunan nutrisi dan air juga harus terpenuhi.

Hal yang membuat banyak orang tertarik dengan Drimiopsis Kirkii (lidah katak) ialah karena daunnya memiliki corak dengan bintik atau totol yang tidak beraturan. 

Jika kamu ingin mencarinya. jenis satu ini dapat di temukan dengan harga mulai dari Rp.10.000 hingga Rp.50.000 tergantung ukuran.

4. Lidah kucing

gambar tanaman lidah kucing
Sumber foto : pixabay/varun_saa
Adakah yang tahu dengan lidah kucing? Sebenarnya, penyebutan dengan nama lidah kucing pada tanaman satu ini tidak secara merata di seluruh Indonesia, hanya beberapa tempat yang menyebutnya demikian.

Lidah kucing pada dasarnya penyebutan untuk tumbuhan dengan nama ilmiah turnera ulmifolia, tumbuhan berbunga yang berasal dari Meksiko dan Hindia Barat.

Dengan daun yang tidak terlalu lebar, kira-kira sebesar lidah kucing dan bunga berwarna kuning putih (tergantung jenis), ia juga sering dimanfaatkan sebagai obat karena mempunyai antibiotik alami.

5. Lidah gajah

Lidah gajah (Anthurium warocqueanum) merupakan penyebutan untuk salah satu tanaman hias dari keluarga Anthurium. Jenis satu ini memiliki bentuk daun yang sedikit lebar pada bagian pangkal dan lebih memanjang seperti lidah.

Namun demikian, beberapa varian lainnya kerap di sebut sebagai kuping gajah, terlebih karena daunnya lebih lebar seperti kuping pada hewan gajah.

Anthurium warocqueanum memiliki daya pikat tersendiri, terutama bagi pecinta atau kolektor tanaman hias. 

Dipasaran, kamu dapat menemukan jenis Anthurium warocqueanum atau lidah gajah dengan harga yang beragam, yaitu mulai dari kisaran Rp.40.000 hingga ratusan ribu rupiah.

6. Lidah badak

Sesuai namanya badak, tanaman satu ini mempunyai ciri khas yaitu bentuk dan tekstur yang keras. Masih dengan perawakan utama seperti lidah yang memanjang, namun hanya saja daunnya sangat padat.

Jenis satu ini juga di kategorikan dalam keluarga sukulen. Karakteristik lain ia mampu bertahan terhadap cuaca yang ekstrim dan kekeringan. Sehingga dapat dikatakan sebagai tanaman yang bandel.

Nah, itulah bbeberapa tanaman hias lidah-lidahan yang bisa kamu ketahui. 

Bagaimana, Sudahkah kamu menentukan pilihan untuk memelihara salah satu di antara mereka?

Jika belum, baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman hias.

Artikel terkait : 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i