CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Ciri-Ciri dan Manfaat dari Makan Pisang 40 Hari - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Ciri-Ciri dan Manfaat dari Makan Pisang 40 Hari

gambar pisang 40 hari
Sumber gambar : istockphoto
Healty99
- Tahukah kamu mengenai pisang 40 hari? Sebenarnya ini adalah sebuah penyebutan oleh masyarakat daerah gunungkidul, tepatnya ada di kecamatan Girisubo. Namun tidak hanya pada daerah gunungkidul saja, di beberapa tempat di Indonesia juga ada yang menyebutnya sebagai pisang 40 hari.

Lantas mengapa penyebutanya demikian? Penyebutan 40 hari hal ini di karenakan ia hanya memerlukan masa panen sekitar 40 hari saja. Berbeda dengan beberapa jenis tanaman pisang lainnya yang memerlukan masa panen selama 4 sampai 6 bulan.

Jenis satu ini hanya membutuhkan waktu 40 hari, walau buahnya masih berwarna hijau namun ia sudah dalam kodisi mengkal dan sudah layak di panen. Jadi kamu hanya perlu melakukan pemeraman beberapa hari saja.

Ciri-Ciri Pisang 40 Hari

Pisang 40 hari memiliki kemiripan seperti pisang mas, pisang susu atau lemak manis. Bayangkan saja, hanya dalam beberapa hari saat setelah di petik, pisang sudah berubah warna menjadi kuning serta mudah rapuh.

Namun keunikanya ia banyak di cari sebagai kudapan pencuci mulut loh. Ukuranya yang kecil, lebih kecil dari pisang lilin, lembut dan manis, membuatnya sangat cocok di santap untuk pencuci mulut saat sesudah makan.

Tidak heran jika kamu datang ke acara hajatan atau kumpul-kumpul menemukan jenis pisang satu ini. Karena ke unikanya yang cepat panen membuatnya menjadi incaran setiap orang yang akan mengadakan hajatan atau acara.

Tidak cocok digoreng

Yap, pisang 40 hari tidak cocok di goreng. Baik mentah atau saat sudah matang ia jarang sekali diolah dengan cara di goreng. Lebih nikmat dan mudah jika di konsumsi secara langsung saat sudah masak.

Selain itu mengolahnya menjadi jus, dessert, smothie atau sejenisnya juga enak.

Manfaat Pisang 40 Hari

Mengkonsumsi pisang satu ini pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan lainnya. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Pisang merupakan buah-buahan yang kaya akan sumber nutrisi, baik dari segi vitamin, mineral dan kandungan seratnya.

Mengkonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan tentu akan memberi manfaat bagus untuk pencernaan dan tubuh. Untuk itu berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan.

  1. Sumber beberapa vitamin A, C, dan B6.
  2. Sumber beberapa mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, fosfor dan masih banyak lagi.
  3. Tinggi akan serat yang bagus untuk saluran pencernaan.
  4. Sumber energi alternatif karena tinggi kandungan gula alami.
  5. Membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi masalah sembelit.
  6. Bagus untuk kesehatan kulit.
  7. Mencegah anemia dan gangguan tekanan darah.
  8. Menyehatkan tulang dan gigi.
  9. Membantu menurunkan berat badan.
  10. Serta tentunya masih ada banyak lagi manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Nah, itulah beberapa manfaat pisang 40 hari dan mengapa ia di sebut demikian. Pada dasarnya, hal tersebut hanya dikarenakan ke istimewaanya yang bisa cepat di panen ketimbang dari beberapa pisang lainnya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar buah pisang.

Artikel terkait : 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i