CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Menggunakan Daun Ketepeng Untuk Mengatasi Gatal-Gatal di Tubuh - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Menggunakan Daun Ketepeng Untuk Mengatasi Gatal-Gatal di Tubuh

gambar daun ketepeng
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Penggunaan daun ketepeng untuk obat gatal bukanlah hal yang baru, tanaman satu ini memang sudah sejak lama di manfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan, terutama untuk luar tubuh.

Tanaman yang dikenal juga dengan nama kaskado alias ketepeng cina sebenarnya merupakan tumbuhan liar yang dapat kita jumpai di pinggiran hutan, sungai, rawa, persawahan serta semak belukar.

Para orang tua jaman dahulu memang sering menggunakan ketepeng untuk mengatasi penyakit luar pada kulit, salah satunya ialah gata-gatal, panu, kurap, bekas gigitan serangga dan lain sebagainya.

Daun Ketepeng Untuk Obat Gatal

Nah, buat kamu yang ingin menggunakan tanaman satu ini sebagai obat gatal boleh-boleh saja, pasalnya ketepeng juga memiliki beberapa sifat alami yang salah satunya ialah anti-bakteri dan anti-radang.

Dari segi penggolahan juga tidak terlalu sulit, untuk itu kamu bisa mencoba beberapa langkah di bawah ini :

Direbus

Pertama kamu bisa menggunakan rebusan daun ketepeng untuk mengatasi gatal-gatal di tubuh.

Cukup siapkan 10 lembar daun, cuci lalu rebus dengan dua liter air. Rebus hingga mendidih setelah itu gunakan airnya untuk mandi dengan dicampur air kembali. 

Kamu bisa memakai air rebusan sebagai pembilas akhir sembari menggosok bagian tubuh yang gatal.

Ditumbuk

Cara kedua bisa dengan ditumbuk hingga halus lalu di oleskan pada bagian tubuh yang bermasalah.

Siapkan 7 lembar daun ketepeng yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. 

Setelah itu cuci dan haluskan dengan cara di tumbuk, kemudian balurkan secara merata pada kulit tubuh kamu yang terasa gatal.

Ketepeng dan sirih

Berikutnya kamu bisa aplikasikan dengan beberapa tanaman lain, salah satunya ialah sirih hijau.

Seperti yang kita ketahui, sirih memang memiliki kandungan minyak atsiri yang bersifat anti-radang, anti-bakteri, anti-virus, anti-inflamasi dan masih banyak lagi. 

Mencampur daun sirih dengan ketepeng bisa menjadi pilihan tepat untuk dijadikan obat gatal alami.

Sedangkan cara menggunakanya kamu hanya perlu menumbuk kedua daun tersebut hingga halus, lalu setelah itu balurkan pada area kulit yang gatal.

Ketepeng dan jahe

Selain sirih, adapun bahan lain yang bisa kamu gunakan yaitu rimpang jahe

Mengapa jahe? Hal ini dikarenakan rimpang akar jahe juga memiliki kandungan minyak atsiri cukup tinggi, bahkan sifatnya juga bisa menghangatkan tubuh.

Oleh karena itu penggunaan jahe dan ketepeng mungkin bisa kamu jadikan pilihan untuk mengatasi beberapa masalah gatal pada kulit.

Cara menggolahanya kamu hanya perlu menumbuk 5 lebar daun ketepeng dan 2 ruas jahe, setelah itu balurkan pada area tubuh yang gatal.

Nah, itulah beberapa cara menggunakan daun ketepeng untuk obat gatal yang bisa kamu coba.

Note : Kamu boleh saja memanfaatkan tanaman satu ini sebagai obat alami dalam mengatasi beberapa masalah gatal di tubuh, namun yang perlu kamu ingat ialah tidak semua orang cocok atau bisa memakai cara satu ini.

Oleh sebab itu jika terdapat indikasi alergi seperti halnya gatal-gatal menjadi tambah parah, ruam merah, bintik dan sebagainya, maka segera hentikan penggunaan. Bisa jadi itu pertanda bahwa tubuh kamu alergi.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hal tanaman herbal.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel