CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Menghilangkan Bekas Lem Aibon di Body Plastik Sepeda Motor - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Menghilangkan Bekas Lem Aibon di Body Plastik Sepeda Motor

gambar body kendaraan di lem
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Body plastik motor memang sangan mudah kusam, terlebih lagi jika terkena tumpahan lem aibon atau lem super lengket tanpa sengaja. Tadinya hanya niat menggunakan lem untuk melekatkan body yang pecah atau bunyi, namun karena pemakaian berlebihan menyebabkan meluber kemana-mana.

Kondisi lem yang meluber dan langsung dilap maka akan mengakibatkan body plastik motor menjadi tampak kusam atau buram, terlebih lagi karena aibon sangat mudah lengket dan cukup sulit di lap.

Namun tidak perlu khawatir, karena sebenarnya masalah seperti ini bisa diatasi dengan mudah kok, sekalipun itu jika kamu menggunakan jenis lem super lainnya.

Cara Menghilangkan Bekas Lem Aibon Pada Kap Motor

Berikut beberapa langkah pengerjaan sekaligus cara menghilangkan bekas lem aibon pada body plastik motor.

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Larutan aseton atau propanon
  2. Kail lap bersih atau tisu

Langkah pengerjaan :

Langkah pertama kamu harus bersihkan terlebih dahulu body atau kap plastik motor kamu dari kotoran dan yang masih menempel, khususnya bersihkan pada bagian yang terkena lem.

Berikutnya tuang cairan aseton sedikit pada tisu atau kain lalu oleskan ke bekas noda lem secara perlahan-lahan. Usap secara berulang hingga lem berangsur-angsur memudar.

Setelah sisa lem aibon kering sudah tampak mulai hilang, gosok kembali memakai tisu atau kain bersih.

Tips supaya hasil lebih efektif ialah, lakukan penggosokan dengan gerakan memutar secara perlahan. Ada baiknya kamu ulangi proses pengerjaan secara berulang, terutama jika masih tampak sisa lem yang melekat.

Setelah dipastikan bekas lem aibon di kap motor sudah benar-benar hilang, kamu bisa lanjut dengan mencuci bagian tersebut dengan sabun alias dicuci agar tampak lebih kinclong.

Nah, itulah cara membersihkan sisa lem aibon yang meluber pada kap body plastik motor kamu.

Agar terhindar dari melubernya lem aibon, maka cobalah lakukan pengeleman dengan lebih hati-hati. Kamu bisa beri garis penghalang dengan memanfaatkan isolasi kertas agar lem tidak menyebar.

Alternatif lainnya ialah kamu dapat menggunakan lidi atau batang korek api, kemudian teteskan lem pada lidi dan di oles secara merata pada body motor kamu.

Selamat mencoba.

Note : Cairan aseton atau propanon merupakan jenis cairan kimia yang memiliki sifat mudah menguap, tidak berwarna, serta mudah terbakar jika terkena api. Zat kimia cair ini sering kali dipakai untuk menghapus kuteks serta pelarut cat, lilin, resin, plastik, dan tentu saja lem.

Jika kamu tidak mempunyai cairan aseton dirumah maka kamu bisa mengganti dengan cairan lain, salah satunya ialah menggunakan alkohol, tiner, carbu cleaner, minyak kayu putih dan minyak.

Akan tetapi harap sedikit berhati-hati, karena beberapa kasus jika memakai cairan yang terlalu keras bisa mengakibatkan kerusakan pada cat body motor, salah satunya ialah pudar, kusam serta kerontokan cat.

Sebagai saran ada baiknya kamu gunakan minyak kayu putih serta alkohol untuk lebih aman, dan jika kurang ampuh maka bisa memakai bahan yang telah di sebutkan diatas tadi.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel