CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Tips Sekaligus Cara Menghilangkan Cat Dengan Dibakar - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Tips Sekaligus Cara Menghilangkan Cat Dengan Dibakar

gambar torch bakar untuk menghilangkan cat
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Menghilangkan cat dengan cara di bakar bukanlah hal yang baru, teknik seperti ini sudah di terapkan pada dunia pengecatan dan lain sebagainya. Namun yang perlu kamu ketahui ialah, teknik dibakar hanya bisa digunakan pada media permukaan besi atau logam.

Mengingat kita memanfaatkan panas dari api, tentu jika kamu mengaplikasikan pada media plastik pasti akan langsung meleleh. 

Nah, buat kamu yang ingin menghilangkan cat dengan cara di bakar, cobalah untuk membaca artikel kali ini dan ketahui hal-hal penting.

Cara Menghilangkan Cat Dengan Dibakar

Perlu kamu ketahui teknik di bakar yang kita sebutkan, kebanyakan orang menggunakan gas torch atau obor las sebagai sebagai alat bakarnya. 

Semburan api yang di hasilkan dari gas lebih baik dan bersih, serta tentu tidak akan meninggalkan bekas kehitaman.

Bahkan karena panas yang dihasilkan sangat tinggi, sudah pasti akan membuat cat yang melekat pada permukaan besi akan langsung terbakar dan mengelupas dengan mudah.

Jadi langkah selanjutnya kamu hanya perlu bersihkan permukaan logam dengan sikat kawat saja.

Berikut langkah pengerjaan yang bisa kamu lakukan :

Bahan yang di butuhkan :

  1. Gas torch atau obor gas dan kepala torch
  2. Sikat kawat / skrap
  3. Sarung tangan

Langkah pengerjaan :

  1. Pertama pisahkan benda yang akan di bakar dari komponen lainnya. Contoh seperti tangki motor, jika kamu ingin merontokan cat pada tangki maka tangki tersebut harus kamu lepas dari kendaraan. Selain itu kuras juga semua bahan bakar yang ada di dalamnya agar tidak menyambar.
  2. Setelah benda kerja utama di pisahkan, langkah selanjutnya ialah periksa ke semua bagian sisi. Apakah terdapat karet atau komponen kecil lainnya yang tidak boleh di bakar. 
  3. Sikat bagian yang akan di bakar tersebut, tujuanya ialah supaya kotoran seperti pasir dan tanah bisa rontok sehingga nanti tidak menggangu proses pengerjaan.
  4. Bakar dengan gas torch beberapa detik, lalu gunakan skrap untuk mengikis cat yang sudah lunak.
  5. Lakukan secara berulang pada bagian lainnya secara bertahap.
  6. Setelah cat di rasa sudah mengelupas semua, maka langkah berikutnya kamu bisa amplas merata.
  7. Selesai dan proses pengecatan bisa dilakukan.

Nah, itulah menghilangkan cat dengan dibakar.

Tidak hanya dengan gas torch saja, kamu juga bisa menggunakan bara api juga tidak menjadi masalah, alias benda kerja di bakar di atas tumpukan kayu dan membakarnya.

Namun cara menghilangkan cat dengan seperti ini kurang efektif, terlebih lagi biasanya akan ada banyak karbon sisa pembakaran melekat pada besi.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar cat.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel