CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Kayu Pohon Sepang Untuk Aquscape - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Kayu Pohon Sepang Untuk Aquscape

gambar pohon sepang
Sumber foto : youtube
Healty99 - Bisakah pohon sepang di jadikan hiasan untuk aquascape? Jawabnya "Ia bisa" tapi kamu musti kenalan dulung dengan tanaman satu ini. Sepang adalah pohon khas endemik Sumatera yang umumnya hanya dapat di jumpai pada kawasan rawa-rawa, hutan rawa dan persawahan.

Ciri khas dari tumbuhan satu ini ialah batang terdapat duri tumpul, berkulit kasar dengan warna kecoklatan. 

Sedangkan pada bagian daun memiliki ukuran tidak terlalu besar dengan lebar 2 sampai 3 cm dan panjang 4 sampai 5 cm.

Baca juga : Akar Dan Kayu Aquascape Di Sekitar Kita

Hidup di rawa-rawa membuat pohon sepang mempunyai karakteristik yang kuat, tahan air dan tentu saja cocok jika di jadikan sebagai hiasan akuarium.

Kayu dan Akar Pohon Sepang Untuk Aquascape

Nah, buat kamu di daerahnya banyak sekali di tumbuhi tanaman satu ini, maka kamu bisa memanfaatkanya sebagai hiasan dalam tangki akuarium ataupun juga bonsai tanaman hias.

Bagaimana tidak, pohon sepang memiliki batang dan akar yang kuat, tidak mudah patah, awet serta tentu saja tahan air karena memang hidupnya di rawa-rawa. 

Oleh karena itu, menjadikan pohon sepang untuk aquascpae tentu bisa menjadi pilihan yang baik sekaligus murah meriah.

Baca juga : Tanaman Air Untuk Akuarium Di Sekitar Kita

Namun yang pasti, walapun tanaman liar satu ini bisa kamu gunakan untuk hiasan dalam tangki, akan tetapi kamu harus mengolahnya terlebih dahulu. 

Jangan begitu memangkas batang atau akar pohon secara liar dialam lalu langsung kamu masukan kedalam akuarium, karena hal tersebut bisa menyebabkan ekositem dalam tangki terganggu. 

Sebab itu kamu harus mengolahnya atau istilah lain membersihkan dari kotoran, sehingga saat dimasukan ke dalam akuarium sudah dalam keadaan steril dari penyakit.

Tidak hanya itu saja, mengolah akar atau batang sepang sebelum di masukan kedalam tangki juga berguna untuk mengurangi kadar getah dan zat tanin yang terkandung.

Baca juga : Cara Mengolah Senggani Untuk Aquascape

Pasalnya getah dan zat tanin bisa menghasilkan lendir saat di masukan kedalam air, bahkan lebih buruk bisa mengakibatkan keracunan pada ikan jika berlebihan.

Buat kamu yang tertarik untuk menggunakan tanaman liar yang tumbuh dirawa-rawa ini sebagai hiasan dalam aquascpae, maka hal tersebut tidak menjadi masalah selagi kamu mensterilkan terlebih dahulu.

Selamat mencoba.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar aquarium.

Artikel terkait :

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel