CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Sejumlah Efek Samping dari Mengkonsumsi Biji Durian - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Sejumlah Efek Samping dari Mengkonsumsi Biji Durian

gambar tunas biji durian
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Biji durian yang diolah dengan cara di rebus atau dibakar memang memiliki rasa yang enak, bahkan mungkin saja kamu salah satu orang yang menyukai jenis makanan satu ini.

Tidak sampai disitu saja, selain karena rasanya yang enak biji buah durian juga kaya akan manfaat bagi kesehatan loh. 

Setidaknya terdapat sejumlah kandungan nutrisi berupa vitamin A, B1, B2, C, lemak, folat, protein, serat, energi, kalium, kalsium, tembaga, serta fosfor pada biji durian.

Bahkan karena tingginya kandungan karbohidrat kamu bisa mengkonsumsi bijl durlan rebus sebagai makanan alternatif loh selain singkong, kentang dan nasi.

Namun yang perlu kamu ketahui ialah, walau biji buah durian memiliki manfaat baik karena kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, namun harap untuk tidak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Efek Samping Makan Biji Durian

Mengapa demikian? Nah, buat kamu yang penasaran simak selengkapnya di bawah ini.

Biji durian memang boleh saja dimakan, namun adapun beberapa kondisi tertentu yang di sarankan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan, karena bisa memicu efek samping bagi kesehatan tubuh.

Berikut beberapa penyebab dan sejumlah bahaya biji durian yang mungkin timbul.

1. Mengadung racun

Tahukah kamu bahwa bji buah durian sebenarnya mengandung racun yang berbahaya bagi kesehatan. Racun tersebut berasal dari kandungan lemak siklopropena.

Akan tetapi untungnya racun tersebut bisa dihilangkan, salah satunya ialah dengan dilakukan pemanasan. Oleh karena itu, jika kamu hendak mengkonsumsi biji buah duriaan harap dimasak sampai benar-benar matang.

Sehingga kandungan lemak siklopropena dapat berkurang lebih jauh dan menjadi aman untuk dikonsumsi.

Mengkonsumsi biji durian yang masih setengah matang dan masih terdapat kandungan lemak siklopropena bisa menyebabkan reaksi keracunan, muntah, pusing dan mual.

2. Gangguan pencernaan

Biji buah durian rebus memang baik untuk saluran pencernaan karena terdapat kandungan serat pangan yang cukup tinggi. Sehingga manfaatnya bisa mengatasi beberapa gangguan pada sistem pencernaan terkait sembelit dan sebagainya.

Akan tetapi di sisi lain terlalu banyak mengkonsumsi serat justru juga bisa memicu sebaliknya, mulai dari penumpukan gas, sembelit, mengurangi penyerapan nutrisi dari makanan lain, diare hingga dehidrasi.

3. Sulit bab

Terlalu banyak mengkonsumsi biji durian rebus bisa menyebabkan kamu mengalami sulit bab atau buang air besar.

Ini disebabkan karena biji buah duriian mengadung serat dan zat pati yang tinggi, sehingga mampu menyerap air dalam usus dan menyebabkan penumpukan kotoran menjadi lebih mengeras.

Oleh karenanya harap untuk tidak makan secara berlebihan, terutama buat kamu yang jarang sekali mengkonsumsi air putih.

4. Terkait alergi

Seseorang yang mempunyai alergi atau dengan kondisi hipersensitif bisa saja mengalami reaksi alergi berlebihan saat mengkonsumsi biji durian yang sudah masak.

Meski demikian sangat jarang terjadi, namun bukan berarti semua orang aman mengkonsumsi makanan satu ini.

5. Ibu hamil

Untuk ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi biji buah durian yang direbus atau dibakar secara berlebihan. 

Meskipun memiliki manfaat yang menjanjikan karena kaya nutrisi, namun terlalu banyak mengkosumsi biji durian bisa mengganggu sistem pencernaan ibu hamil loh.

Namun apabila kamu kepingin maka cukup konsumsi 1 atau dua butir saja di setiap harinya, dan jangan dijadikan makanan konsumsi utuh.

Nah, itulah sejumlah efek samping, bahaya ataupun beberapa kondisi tertentu yang sebaiknya tidak mengkonsumsi biji durian rebus maupun bakar secara berlebihan.

Note : Informasi yang terkandung dalam postingan ini hanya untuk tujuan umum dan tidak untuk dianggap sebagai saran medis atau sebagainya.

Jika kamu ragu, terlebih lagi terkait kondisi yang sedang kamu alami, maka konsultasi ke dokter kepercayaan kamu adalah hal yang tepat.

Baca terus di healty99.com seputar informasi menarik lainnya.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel