CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Jenis Pupuk Untuk Tanaman Kangkung Agar Subur - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Jenis Pupuk Untuk Tanaman Kangkung Agar Subur

gambar tanaman kangkung di tanah luas
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Senang rasanya jika tanaman kangkung yang dipelihara dapat tumbuh dengan subur, lebat dan pastinya sehat. Namun terkadang tidak semua dapat berjalan dengan lancar, pasalnya tidak sedikit juga tanaman yang dipelihara tumbuh tidak sempurna.

Terlebih lagi buat kamu yang baru pertama kali mencoba menaman kangkung, mungkin akan dihadapi beberapa permasalahan seperti halnya tanaman kurang subur, serangan hama penyakit dan lain sebagainya.

Pupuk Kangkung Agar Tumbuh Subur

Sebenarnya kamu tidak perlu terlalu kawatir akan permasalahan tersebut, selagi jika kamu cepat dalam menanganinya maka beberapa masalah pada tanaman bisa segera diatasi.

Salah satu contohnya ialah pertumbuhan yang kurang subur dan lebat, batang dan daun kerdil serta tumbuh kecil atau tidak normal seperti kebanyakan tanaman lain.

Masalah seperti itu merupakan hal yang umum terjadi pada kangkung yang kekurangan nutrisi, oleh sebab kamu harus memberikan sejumlah pupuk untuk meningkatkan pertumbuhan.

Walau pada dasarnya tanaman kankung bisa mendapatkan sumber nutrisi, air dan zat hara dari dalam tanah, namun adapula beberapa kondisi zat hara dalam tanah tersebut tidak mencukupi, kurang atapun tidak bagus untuk pertumbuhan dari tanaman tersebut.

Nah, buat kamu yang ingin memberikan pupuk untuk tanaman kangkung agar tumbuh subur, berikut beberapa jenis pupuk yang bisa kamu gunakan.

1. Kotoran hewan

Pertama kamu bisa menggunakan pupuk kotoran hewan sebagai alternatifnya. Pupuk kotoran hewan merupakan sisa kotoran alias feses yang memiliki sejumlah unsur berupa nitrogen, kalium dan fosfor.

Pupuk kotoran hewan seperti kambing, ayam, sapi, kelinci dan marmut juga terbilang sangat bagus, terutama untuk meningkatkan unsur hara dan pertumbuhan mikro organisme dalam tanah.

Namun yang pasti pupuk tersebut sudah mengalami fermentasi terlebih dahulu sebelum diberikan.

2. POC

POC merupakan jenis pupuk organik berbentuk cair yang dibuat secara alami dengan proses fermentasi, sehingga menghasilkan larutan pembusukan dari sejumlah bahan-bahan organik.

Dari proses pembusukan tersebut nanti akan menghasilkan cairan yang kaya nutrisi bagi tanaman, mulai dari unsur mikro dan makro terdapat didalamnya.

Kamu bisa menggunakan POC yang dijual di toko-toko tani untuk langsung diberikan pada tanaman kangkung dengan perbandingan 50 ml POC dilarutkan kedalam 1 liter air.

Atau bisa juga membuatnya sendiri dari beberapa bahan organik seperti kotoran hewan, dedaunan, kompos hingga sisa buah-buahan dan sayuran.

3. NPK

Jenis pupuk tanaman kangkung agar tumbuh subur selanjutnya ialah kamu bisa menggunakan NPK. Seperti yang kita ketahui, NPK merupakan pupuk berbentuk butiran kasar dengan sejumlah unsur di dalamnya N (nitrogen, P (fosfor) dan K (kalium).

Pupuk satu ini memang ditujukan untuk meningkatkan kesuburan pada tanaman, baik itu untuk melebatkan daun, mempercepat pertumbuhan, meningkatkan daya tahan serta menghijaukan daun.

Pupuk NPK juga terbilang simpel, karena kamu hanya perlu langsung menebar butrian pupuk disekitar dekat tanaman secara berkala setiap beberapa minggu sekali.

4. ZA

Pupuk ZA ialah jenis pupuk kimia buatan yang memiliki kandungan ammonium sulfat. Pupuk satu ini dirancang untuk memberi tambahan hara berupa Nitrogen dan Sulfur untuk tanaman.

Pupuk ZA sendiri bersifat higroskopis, walaupun begitu ZA tidak sekuat seperti pupuk urea.

Tidak hanya itu saja, pupuk ZA juga mampu memperbaiki kualitas tanaman dengan menambah nilai gizi yang mana akan berpengaruh pada hasil panen. Selain itu ZA juga bisa membantu tanaman agar terhindar dari beberapa serangan hama penyakit.

Nah, itulah beberapa jenis pupuk kangkung agar tumbuh subur, lebat, tidak terserang penyakit serta membuatnya agar tampak hijau.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar pupuk.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel