CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Sederhana Menanam Kangkung di Rumah Untuk Pemula - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Cara Sederhana Menanam Kangkung di Rumah Untuk Pemula

gambar kangkur akar
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Menaman kangkung tidak harus memiliki lahan yang luas dan besar, kamu bisa memulai tanam kangkung hanya dengan memanfaatkan lahan perkarangan rumah yang sempit. Contohnya seperti di pinggir pagar, teras, belakang atau samping rumah.

Bermodalkan dengan beberapa barang bekas kamu sudah bisa memulai menaman kangkung dengan sederhana. Yang terpenting ialah adanya niat untuk bergerak dan mau melakukanya.

Bagaimana? Siap untuk memulai? Jika iya, yuk simak sampai selesai.

Cara Menanam Kangkung di Rumah Untuk Pemula

Ada dua cara menanam kangkung dirumah. Cara pertama ialah dengan melakukan penanam sederhana yaitu menggunakan media tanah, sedangkan yang kedua menggunakan media air alias hidroponik.

Namun, pada kesempatan kali ini saya hanya akan berbagi bagaimana cara menanam kangkung dirumah dengan sederhana yaitu menggunakan media tanah.

Untuk penanam menggunakan media air kamu bisa membaca di lain artikel di healty99.com "Menanam Kangkung Hidroponik".

Berikut beberapa langkah yang harus kamu lakukan sebagai pemula-an.

1. Persiapkan bibit unggul

Pertama, siapkan bibit kangkung akar yang akan di tanam. Kamu bisa mendapatkan benih atau biji di toko tani dengan harga yang beragam.

Namun, jika kamu engan membeli bibit bisa memanfaatkan potongan akar kangkung yang masih layak. Dengan begitu nanti akan tumbuh tunas baru.

2. Rendam bibit

Langkah selanjutnya, rendam bibit kangkung menggunakan air hangat. Rendam selama sekitar satu jam atau seharian. Tujuanya ialah untuk merangsang pertumbuhan akar.

Jika bibit sudah direndam, pastikan kamu hanya menggunakan bibit yang dalam kondisi tengelam (didasar air). Jangan menggunakan bibit kangkung yang mengapung, karena kualitas akan sedikit menurun.

3. Siapkan media tanam

Berikut cara menyiapkan media tanam kangkung dengan tanah.

Bahan yang diperlukan :

  1. Wadah. Kamu bisa memanfaatkan beberapa wadah sederhana seperti botol plastik, polybag, karung, kaleng bekas, pot, bekas saringan, pecahan ember atau plastik bekas yang tebal.
  2. Pupuk kandang, tanah bakar dan kompos dengan perbandingan 1:2,5:1. Jika repot kamu bisa membeli kompos yang tersedia di toko bunga, namun tetap menambahkan pupuk kotoran hewan fermentasi.

Langkah pengerjaan :

  1. Pastikan wadah yang akan kamu gunakan mempunyai pengarian (drainase) atau lubang air yang bagus. Paling tidak mempunyai 3 sampai 4 lubang pada bagian bawah pot.
  2. Masukan media tanam (pupuk kandang, tanah bakar dan kompos) sebanyak 85% dari kapasitas pot.
  3. Buat lubang dengan jarak 1 cm, untuk kedalaman 2 sampai 3 cm. Banyak bibit dalam satu lubang 1-2 biji. 
  4. Setelah biji dimasukan, cukup ratakan tanah kembali agar benih tertimpa. Kemudian siram menggunakan air.
  5. Kurang dari 5 hari benih tanaman kangkung akan mulai berkecambah.

Note : Kangkung merupakan tumbuhan yang dapat tumbuh dengan padat, mereka bisa hidup dengan keadaan sesak dalam satu pot asalkan nutrisinya tercukupi.

4. Penyiraman

Penyiraman kangkung dapat dilakukan setiap hari 1 hari atau 2 hari sekali, namun hal ini tergantung cuaca. Jika tanaman terkena hujan maka sesekali tidak di siram tidak menjadi masalah.

Yang terpenting ialah jangan membiarkan mereka mengalami kekeringan, pasalnya kangkung menyukai media yang lembab untuk bisa tumbuh subur.

5. Pemupukan

Pupuk untuk tanaman kangkung media tanah dapat kamu berikan saat awal penanaman dengan mencampurnya pada media tanah. Itulah sebabnya mengapa kamu harus menambahkan pupuk kotoran hewan sebagai pemupukan awal.

Sedangkan pemupukan lanjutan tergantung dari kepadatan tanaman, jika tidak terlalu padat tidak perlu di beri pupuk tambahan. Namun jika tanaman padat kamu bisa menambahkan jenis pupuk NPK dan sejenisnya.

Note : Jika kamu telah melewati masa panen, dan ingin tanaman kangkung kembali tumbuh dengan mengandalkan tunas dari potongan batang. Maka pemberian pupuk tambahan harus dilakukan karena untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.

6. Panen

Masa panen kangkung terbilang cukup singkat, dari mulai penanaman hingga panen hanya memerlukan waktu 30 sampai 40 hari.

Apabila sudah cukup tinggi maka pemanenan harus segera di lakukan, terutama jika kamu hendak menggunakanya sebagai bahan makanan.

Pemanenan dapat di lakukan dengan cara memangkas bagian batang dekat akar, sisakan batang setinggi 5 sampai 7 cm untuk tunas baru.

Nah, itulah cara menanam kangkung di rumah dengan sederhana untuk pemula sekaligus memanfaatkan ruang kosong perkarangan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar kangkung.

Artikel terkait : 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i