CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 20 Tanaman Hias Bunga dan Gambarnya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

20 Tanaman Hias Bunga dan Gambarnya

gambar tanaman bunga kamboja

Healty99 - Memelihara banyak tanaman hias di rumah memang sangat menyenangkan, selain bisa mempercantik rumah. Mempunyai aneka ragam kembang yang berbeda-beda tentu menjadi kesan tersendiri

Lantas, berapa banyakah tanaman yang sudah kamu pelihara di rumah? Jika cukup banyak, cobalah untuk melihat 20 tanaman hias bunga yang sudah saya rangkum.

Adakah salah satunya sudah kamu miliki atau malah sebaliknya belum sama sekali.

Tanaman Hias Bunga

1. Mawar

gambar bunga mawah warna pink putih merah muda

Mawar merupakan salah satu tanaman hias keluarga rose yang paling umum dan paling banyak di sukai, inilah mengapa mereka sering disebut sebagai '' Ratu Bunga ''. Setidaknya ada begitu banyak spesies dan kultivar dari tanaman mawar yang bisa kamu pelihara.

Mawar juga termasuk yang mudah ditanam, mempunyai warna beragam, serta tentunya dapat membuat perasaan seseorang menjadi lebih baik jika berhadapan dengan mawar.

2. Lavender

gambar bunga lavender

Lavender dapat menjadi salah satu tanaman yang perlu kamu miliki di taman rumah. Meskipun sering dimanfaatkan sebagai minyak atau penghias makanan, lavender juga lebih sering dianggap sebagai tanaman hias.

Lavender mampu memberi ruang rumah kamu terlihat lebih indah, beraroma segar dan tentunya mengundang beberapa hewan kecil seperti lebah dan burung kolibri jika di letakan di luar ruangan.

3. Bunga sage ungu

gambar bunga sage ungu
Sumber foto : pixabay/pixel2013
Sage ungu merupakan bunga sekaligus tanaman herbal yang sering kali dimanfaatkan banyak orang.

Kamu bisa menanamnya dirumah sebagai hiasan dalam perkarangan karena bunganya yang cantik, dan sekaligus dimanfaatkan sebagai tanaman herbal berkhasiat.

4. Marigold kuning

gambar bunga Marigold kuning
Sumber foto : pixabay/Myriams-Fotos
Marigold, bunga yang memiliki campuran beberapa warna, termasuk, merah, emas, kuning, dan tembaga. Tanaman hias satu ini kerap ditanam di pinggiran jalan dan beberapa tempat wisata.

Tujuanya ialah untuk mempercantik, karena mereka sudah tergambarkan pada kelopak bunga yang indah saat mekar.

5. Lily

gambar bunga bakung Lily, lili
Sumber foto : pixabay/Amandad
Lily, lili atau juga kerap di sapa sebagai bunga bakung. Yaitu bunga yang banyak di tanam untuk berbagai keperluan, mulai dari sebagai hiasan rumah hingga keperluan acara tertentu.

Bunga lili adalah salah satu tanaman hias yang paling dicintai di dunia. Oleh karenanya tidak heran ia dikenal di seluruh budaya, tentunya mereka dapat tumbuh di semua tempat.

Karena mudah tumbuh, menanamnya di perkarangan rumah bisa menjadi pilihan.

6. Bunga Eustoma

Bunga Eustoma lisianthus atau prairi gentian
Sumber foto : pixabay/Quanmanu
Eustoma atau dikenal sebagai lisianthus dan prairi gentian, merupakan tanaman dari keluarga gentian.

Mereka diketahui berasal dari daerah hangat Amerika Serikat bagian selatan, Meksiko, Karibia dan Amerika Selatan bagian utara.

Eustoma mempunyai kelopak kuntum bunga yang sangat halus dengan beraneka ragam jenis warna menarik.

7. Wisteria

bunga Wisteria
Sumber foto : pixabay/matthiasboeckel
Ini adalah jenis tanaman hias ini memiliki sulur yang sangat harum dan mudah untuk dikenali. Panjangnya bisa mencapai 50 kaki, dan menghasilkan bunga yang cenderung berwarna ungu atau biru tua.

Wisteria lebih suka terkena sinar matahari penuh, meskipun begitu jika kamu tinggal di iklim panas maka harus menanamnya di bawah naungan.

8. Saffron Crocus

gambar bunga Saffron Crocus atau kuma-kuma
Sumber foto : pixabay/blickpixel
Saffron Crocus atau kuma-kuma. Sekilas bunga satu ini sangat sederhana, tetapi tahukah kamu, walaupun begitu ia termasuk dalam kategori bunga yang mempunyai harga mahal.

Di ketahui Saffron Crocus bunganya bisa menjadi rempah-rembah, jika sudah kering tentu harga jual bisa sangat mahal.

Mungkin kamu tertarik untuk menanamnya dirumah sebagai hiasa atau malah di budidayakan.

9. Petunia

gambar bunga Petunia
Sumber foto : pixabay/Mylene2401
Petunia kerap ditanam sebagai tanaman hias karena termasuk tanaman bunga tahunan, mereka sangat populer di kalangan tukang kebun karena suka menghadirkan kecantikan dan keindahan.

Petunia bisa menjadi petunia Grandiflora (bunga besar berwarna-warni), atau menjadi jenis petunia Multiflora (memiliki bunga yang berlimpah dan berwarna-warni).

Akan tetapi ia cenderung menolak iklim yang keras, oleh karena itu kamu perlu sedikit menyesuaikanya jika ingin menanam.

10. Shenzhen nongke orchids

gambar bunga Shenzhen nongke orchids
Sumber foto : thegorbalsla
Dari namanya kita sudah tahu bahwa ini adalah jenis tumbuhan anggrek. Shenzhen Nongke sebenarnya merupakan tanaman hasil persilangan. Ia dikembangkan oleh perusahaan agrikultur Shenzhen Nongke.

Di ketahui, anggrek satu ini termasuk dalam jajaran anggrek termahal loh.

11. Lilac

gambar bunga lilac syringa
Sumber foto : pixabay/KevinLindemann
Berikutnya ada lilac atau syringa. Ini adalah tanaman hias berbunga yang sangat menyukai cuaca hangat. Ciri khasnya ialah mereka memiliki aroma manis saat kamu menciumnya.

Diketahui lilac berasal dari kawasan hutan semak Eropa Tenggara hingga Asia bagian Timur.

Selain itu, lilac juga merupakan tanaman dengan batang pohon yang cukup tinggi. Batang lilac bisa tumbuh besar dan rimbun.

12. Tulip

gambar bunga tulip
Sumber foto : pixabay/Couleur
Tulip adalah penyebutan umum untuk 100 spesies tumbuhan berbunga yang termasuk dalam anggota keluarga Liliaceae.

Bunga tulip di ketahui berasal dari kawasan Asia Tengah, namun mereka juga tumbuh liar di beberapa kawasan seperti pegunungan Pamir, pegunungan Hindu Kush dan stepa di Kazakhstan.

Salah satu negara yang terkenal sebagai negeri bunga tulip adalah Belanda, karena di sana kamu bisa menjumpai banyak kebun bunga tulip yang bermekaran pada musim tertentu.

13. Amarilis

gambar bunga Amarilis
Sumber foto : pixabay/Couleur
Berikutnya ada amarilis, termasuk dalam tanaman yang mudah tumbuh dan dirawat, mereka sangat cocok ditanam di perkarangan atau taman rumah. Amarilis juga cenderung memiliki umur yang tahan lama loh.

Amarilis memiliki kepopuleran, ini karena ia mampu menarik perhatian semua orang dengan warna yang berbeda mulai dari merah, pink, salmon, dan oranye.

14. Geranium

gambar bunga Geranium
Sumber foto : pixabay/Christoph
Geranium adalah penyebutan umum untuk sekelompok 300 spesies tumbuhan bunga abadi atau semak dari keluarga Geraniaceae. Di ketahui, sebagian besar tanaman merupakan asli kawasan Afrika Selatan.

Dengan warna bunga yang beragam, Geranium setidaknya terdiri dari putih, pink, merah dan ungu. Namun rata-rata spesies tanaman hias satu ini dibudidayakan paling banyak jenis hibrida.

15. Bougainvillea

gambar bunga kertas Bougainvillea merah muda
Sumber foto : pixabay/pieonane
Bougainvillea atau kerap disebut dengan nama bunga kertas. Ini adalah tanaman berbunga yang sangat populer, keberadaanya kerap menjadi hiasan di taman atau perkarangan rumah.

Banyak orang menanam bougainvillea lebih dari satu warna pada satu pohon, caranya ialah melakukan okulasi pada bagian batang dengan tunas lain.

Sehingga saat mekar, pohon akan memiliki banyak warna mulai dari putih, merah, pink hingga orange.

16. Gloriosa

Sumber foto : pixabay/Adawikanda
Gloriosa atau kembang sungsang merupakan tumbuhan yang berasal dari genus Gloriosa. Ia dapat di temukan di beberapa kawasan kepulauan Indonesia.

Tumbuh merambat, dengan umbi yang dapat bertahan pada keadaan kering. Umbi dari tanaman satu ini beracun, namun dengan pengolahan yang tepat bisa berkhasiat untuk pengobatan.

17. Melati

gambar bunga melati putih jasmin
Sumber foto : pixabay/manfredrichter
Melati merupakan tumbuhan berbunga perdu dengan batang pendek, tegak yang hidup menahun.

Melati termasuk dari genus semak dalam keluarga zaitun (Oleaceae). Setidaknya, ada sekitar 200 spesies yang tersebar di seluruh dunia.

Ia di ketahui berasal dari daerah beriklim tropis hangat Eurasia, Australasia dan Oseania. Secara luas tanaman hias satu ini banyak dibudidayakan karena aroma khas yang wangi.

18. Hibiscus

gambar bunga Hibiscus kembang sepatu
Sumber foto : pixabay/manfredrichter
Hibiscus merupakan penyebutan untuk beberapa jenis tanaman yang kita kenal dengan nama kembang sepatu.

Mereka adalah tanaman semak peredu dari suku Malvaceae yang diketahui berasal dari kawasan Asia Timur.

Hibiscus banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis maupun subtropis. Ini karena ia memiliki bunga yang besar, berwarna merah, putih, kuning, orange serta tidak berbau.

19. Bunga matahari

gambar bunga matahari sun flower
Sumber foto : pixabay/Bru-nO
Helianthus annuus alias bunga matahari. Kepala bunga yang besar sebagai ciri khasnya, sehingga tanaman satu ini sangat mudah untuk di kenali.

Helianthus termasuk dalam tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae), keberadaanya sangat populer baik sebagai tanaman hias, penghasil minyak hingga cemilan.

Tahukah kamu, uniknya, bunga matahari dapat mengikuti pergerakan arah matahari selama seharian loh.

20. Adenium 

Kemboja jepang, kamboja atau adenium
Sumber foto : pixabay/ignartonosbg
Kemboja jepang, kamboja atau adenium. Ini adalah spesies tanaman hias yang mempunyai batang besar, walau begitu batangnya tidak memiliki kambium.

Dalam ukuran besar, akarnya dapat menyerupai umbi, dengan bentuk daun panjang sedikit lonjong. Saat mekar ia menghasilkan bunga yang cantik dengan banyak macam warna, itu sebabnya mereka kerap di tanam sebagai hiasan (bonsai).

Nah, itulah 20 tanaman hias bunga yang setidaknya bisa kamu jadikan tambahan atau untuk koreksi bunga punya kamu di rumah.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman hias.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i