CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Merawat Fuel Pump Motor Agar Awet dan Tahan Lama - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Merawat Fuel Pump Motor Agar Awet dan Tahan Lama

gambar fuel pump sepeda motor
Sumber foto : fuelpumpu.com
Healty99 - Apakan komponen fuel pump pada sepeda motor bisa di rawat? Jawabnya tentu saja bisa, bahkan bila perlu rutin di service setiap beberapa bulan sekali atau kilometer sudah menyentuh 25.000 sampai 30.000 km.

Walau fuel pump berada di dalam tangki, namun ia juga tidak luput dari yang namanya perawatan. Tujuanya ialah supaya komponen satu ini bekerja dengan baik dan tidak mengalami kegagalan fungsi saat di operasikan.

Bahkan jika kamu runtin membersihkan komponen satu ini secara berkala, maka kamu bisa menekan biaya pergantian part menjadi sedikit lebih lama. 

Mengingat harga fuel pump sepeda motor terbilang cukup mahal, tentu pastinya kamu tidak inginkan komponen satu ini cepat rusak yang bahkan belum menyentuh usia pakai dari penggunaan.

Lalu, bagaimanakah cara merawat fuel pump agar dapat tahan lama digunakan?

Cara Merawat Fuel Pump Motor Agar Awet

Ada beberapa cara dan tips yang bisa kamu lakukan dalam hal merawat fuel pump sepeda motor agar bisa awet dalam rentan waktu cukup lama, salah satunya ialah kamu bisa lakukan berikut ini :

1. Selalu menjaga bahan bakar dalam tangki

Penting memang menjaga volume bahan bakar dalam tangki agar tetap selalu terisi atau paling tidak jangan hingga mencapai ress. 

Pasalnya jika kamu terlalu sering kehabisan bensin, maka hal tersebut akan meningkatkan kinerja atau menambah beban kerja dari pada fuel pum dalam menyedot bahan bakar.

Terlebih lagi dibiarkan hingga benar-benar habis, maka fuel pump bisa kemasukan angin yang membuat komponen di dalamnya bisa berputar dengan cepat sehingga pada akhirnya memendekan umur dari pemakaian.

Walau bentuk kerusakan yang di rasakan tidak terjadi pada saat itu juga, namun terlalu sering mengalami kondisi seperti ini bisa mengurangi usia pemakaian menjadi lebih cepat.

2. Menggunakan bahan bakar yang baik

Menggunakan bahan bakar yang baik dengan selalu membelinya pada SPBU yang terjamin, maka kamu secara langsung sudah menjaga komponen fuel pump agar dapat bertahan lebih lama.

Bahan bakar yang ringan, memiliki nilai oktan yang telah di tetapkan, rendah timbal serta bersih tentu tidak akan menyumbat atau bahkan menurunkan kinerja fuel pump secara cepat.

Perlu kamu ketahui, penggunaan bahan bakar yang kotor, oplosan dan bahkan tinggi timbal bisa memicu penyumbatan pada saringan minyak loh. 

Sehingga pada akhirnya lambat laun fuel pump akan terjadi penurunkan fungsi yang menjadi lebih lemah.

Oleh karena itu penting memang menggunakan bahan bakar yang baik. Selain menjaga komponen injeksi agar tepat awet dan sudah pasti sekaligus menjaga komponen mesin supaya bertahan lebih lama.

3. Rutin servis injeksi

Rutin servis injeksi seperti halnya membersihkan saringan minyak atau membersihkan tangki dari kotoran, bisa memperpanjang usia dari pemakaian komponen satu ini.

Contoh seperti mengganti saringan minyak atau saringan fuel pump, part satu ini memang harus selalu rutin dibersihkan karena fungsinya untuk menyaring bahan bakar dari kotoran di dalam tangki.

Apabila saringan tersebut kotor maka sebaiknya di ganti, karena jika tidak akan meningkatkan beban kerja dari pada fuel pump menjadi lebih berat atau bahkan menyebabkan kerusakan pada fuel pump yang akhirnya menjadi lemah serta rusak.

Untuk itu, sangat di anjurnya melakukan servis injeksi secara berkala agar performa sepeda motor kamu selalu terjaga, serta sekaligus menjaga agar tetap awet dan tahan lama.

Nah, itulah beberapa cara merawat fuel pump agar awet dan tahan lama yang bisa kamu ketahui.

Baca terus informasi lainnya di healtyy99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel