CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Merawat Ikan Tiger Fish Sumatera Liar dan Baru Beli - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Merawat Ikan Tiger Fish Sumatera Liar dan Baru Beli


Healty99 - Memelihara Tiger Fish Sumatera - Tiger fish atau ikan elang merupakan jenis ikan hias air tawar yang populer di kalangan pencinta akuarium. Ada beberapa jenis tiger fish yang tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari spesies yang berukuran kecil sekitar 3 cm dan mencapai 15 cm untuk jenis terbesar.

Namun tidak menghilangkan ciri khas tiger fish itu sendiri yaitu belang dua, kuning hitam, kuning orange atau hitam putih. 

Karena corak atau belang sisiknya yang unik tersebut banyak orang juga menyebut dengan nama ikan harimau.

Baca juga : 18 Tanaman Air Untuk Mempercantik Akuarium

Di alam, ikan harimau jenis Puntius tetrazona dapat di jumpai pada tempat-tempat seperti sungai, persawahan dan dan danau. 

Jika ingin mendapatkanya kamu bisa dengan cara memancing tiger fish atau menangkap pakai serokan jaring, dan kemudian dipelihara di dalam akuarium.

Akan tetapi merawat hewan air tawar satu ini terbilang susah-susah gampang, terlebih lagi ia jenis ikan yang mudah stres dan sulit menyesuaikan tempat barunya. 

Lain hal jika kamu membelinya di toko ikan hias karena sudah melalui beberapa treatment.

Baca juga : Akar Dan Kayu Aquascape Di Sekitar Kita

Cara Merawat Ikan Hias Tiger Fish Dari Alam Untuk Akuarium

Tips ini di tujukan buat kamu yang ingin merawat ikan tiger fish yang baru saja kamu tangkap dari alam liar. 

1. Penyesuaian

Pertama kamu haru melakukan treatment atau penyesuaian terlebih dahulu, cara ialah dengan meletakan di bak besar yang memiliki banyak air. 

Letakan ikan di dalam bak yang cukup besar agar bisa bergerak bebas.

Baca juga : 16 Tanaman Air Di Sekitar Rumah Kita

Untuk air sebaiknya jangan menggunakan air keran, lebih bagus menggunakan air sumur, air tanah atau air kolam yang jernih. Karena ph air tersebut sedikit lebih menyesuaikan dengan habitat di alamnya.

Kemudian letakan juga sedikit dedaunan atau enceng gondok untuk berteduh.

2. Pakan

Untuk pakan dalam penyesuaian kamu bisa memberikan cacing sutra, cacing darah atau daging udang yang telah di cincang juga bisa.

Kamu juga dapat menggunakan alga seperti lumut hijau atau lumut rambut, karena lumut juga makananya di alam bebas.

Namun nantinya setelah melalui masa treatment di bak besar dan sudah pindah di akuarium baru bisa di beri pakan cacing kecil, jentik nyamuk atau pakan pelet halus.

3. Pemilihan akuarium

Perlu kamu ingat bahwa ikan harimau atau tiger fish yang di ambil dari alam tentu memiliki sifat masih liar, takut dengan manusia dan sulit untuk di jinakan. 

Maka dari itu menyesuaikan akuarium seperti habitat tempat tinggalnya adalah hal yang terbaik.

Bagusnya tidak menggunakan akuarium kecil dari 30 x 30 cm, tujuanya supaya ikan dapat leluasa dan bebas berenang. Selain itu kamu juga bisa membuat dasaran akuarium menggunakan pasir dan sedikit bebatuan. 

Beri ia tempat persembunyian seperti batu berongga atau batang kayu berlubang.

Berikan tanaman hidup di dalam akuarium juga sangat bagus, karena dengan begitu akan sangat mirip seperti tempatnya di alam.

4. Pencahayaan

Untuk yang masih liar sebaiknya jangan langsung memberi pencahayaan sangat terang, bahkan tidak perlu sampai menggunakan lampu. 

Cukup meletakan akurium di tempat dengan pantulan cahaya matahari serta tidak panas, atau di dalam ruangan yang terang saja sudah cukup. 

Menggunakan pencahayaan terang secara berlebihan justru bisa membuat ikan stres dan mati.

5. Sirkulasi air

Sirkulasi air juga penting di lakukan, ini bertujuan supaya air tetap bersih, segar dan mempunyai pasokan oksigen yang cukup untuk ikan di dalam air.

Kamu bisa menggunakan water pump biasa dengan ukuran kecil, kemudian stel ke pancuran paling kecil saja untuk pertama kalinya.

Cara Memelihara Ikan Tiger Fish yang Baru Beli

Nah, itulah tadi cara merawat ikan harimau yang baru di tangkap di alam liar, lalu bagaimana jika saya membelinya di toko ikan hias? Apakah perawatanya berbeda? 

Sebenarnya perawatan dalam memilihara tak jauh berbeda, hanya saja jika kamu membelinya di toko hewan justru akan lebih mudah ketimbang baru mengambi dari alam. 

Mengapa? Hal tersebut karena ia sudah jinak dan bisa menyesuaikan dengan cepat di habitat barunya.

Namun sebagai referensi kamu dapat menggunakan saran dari saya, berikut tips memelihara dengan baik :

1. Menyediakan tempat

Sembelum membeli baiknya kamu telah menyediakan tempat terlebih dahulu. 

Isi akuarium menggunakan air sumur yang jernih, jika terpaksa menggunakan air kran PDAM baiknya air di diamkan dalam semalaman.

Setelah itu masukan air ke akuarium, lalu persiapkan isi elemen lain seperti bebatuan kecil, kayu dan tanaman. Kamu juga bisa membuat desain layaknya aquascape yang indah.

Tak luput juga dengan komponen seperti water pump atau air pump, agar air tetap terjaga kebersihan dan kesegaranya.

2. Pencahayaan

Kamu bisa memberikan lampu yang tak terlalu terang, namun lebih bagus jika siang terkena pantulan sinar matahari langsung. 

Jika terpaksa harus menggunakan lampu, sebaiknya jangan 24 jam nonstop, berikan ikan waktu tidur dengan mematikan lampu saat malam hari dan waktu untuk tanaman. 

3. Jadwal pakan

Untuk pakan ikan tiger fish Sumatera baiknya 2 atau 3 kali sehari (menjelang siang dan dan sore atau pagi, sore, dan menjelang malam)   

Kamu bisa menggunakan pakan berupa pelet berukuran kecil, cacing sutra, cacing darah, jentik nyamuk atau daging udang yang sudah di cacah.

4. Filtrasi

Filtrasi tentu sangat penting di lakukan, ini bertujan agar air di akuarium tetap segar dan tidak kotor. Kotornya air justru salah satu penyebab ikan tiger fish tidak mau makan dan mati. 

Tips Utama Merawat Ikan Hias

  • Jangan terlalu sering mengati keseluruhan air di akuarium.
  • Jangan terlalu padat dalam mengisi ikan.
  • Jangan terlalu berlebihan memberi makan hingga mengendap di dasar.
  • Rutin membersihkan dari alga atau lumut, terutama yang menempel di akuarium.
  • Rutin perhatikan ikan 3 hari sekali, apakah ada indikasi penyakit atau prilaku yang berbeda.
  • Berikan tempat bermain di akuarium seperti batu, tanaman air atau cela kayu.
  • Rawat ikan sakit dengan beberapa jenis obat khusus jamur dan kutu.
  • Pastikan sirkulasi air terjaga dan tidak kekurangan oksigen.

Nah itulah beberapa cara merawat dan tips memelihara ikan tiger fish Sumatera, ikan elang atau harimau. Semoga bisa membantu kamu.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar aquarium.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel