CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Menaman Pakcoy Hidroponik dengan Media Rockwool - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Menaman Pakcoy Hidroponik dengan Media Rockwool

gambar tanaman pakcoy
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Rockwool merupakan salah satu jenis media tanam yang dikhususkan untuk hidroponik ataupun sebagai media semai tanaman. Media tanam satu ini diklaim memiliki kelebihan dari media lainnya, terutama dari segi komposisi dan udara yang terkandung di dalamnya.

Buat kamu yang ingin mencoba menanam pakcoy dengan sistem hidroponik, mungkin kamu bisa coba pakai rockwool untuk bagian akar sekaligus tempat tumbuh kebang tanaman dalam menyerap nutrisi dari air.

Kita tahu bahwa tanaman hidroponik mendapatkan sumber nutrisi dari air, oleh karena itu kemampuan rockwool diklaim bisa membantu pertumbuhan tanaman menjadi lebih optimal.

Menanam Pakcoy Hidroponik dengan Rockwool

Sebenarnya tidak ada trik khusus dalam menanam sayur pakcoy hidroponik dengan media rockwool.

Pengerjaan dilakukan sama seperti kebanyakan penanaman hidroponik lainnya, mulai dari pembuatan tempat, komposisi nutrisi, wadah untuk media serta perawatan rutin secara berkala,

Namun buat kamu yang penasaran, berikut cara menanam pakcoy hidroponik dengan alas rockwool.

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Box styrofoam
  2. Pisau carter 
  3. Gelas plastik
  4. Rockwool
  5. Air
  6. Pupuk AB mix

Langkah pengerjaan :

Pertama-tama kamu harus semai terlebih dahulu bibit pakcoy. Caranya, rendam bibit ke dalam air untuk beberapa jam, setelah itu pilih bibit terbaik dengan kondisi yang tenggelam di bagian dasar.

Ambil lembaran rockwool, buat lubang kecil dan beri jarak sekitar 5 cm setiap lubangnya. Masukan 1 biji atau benih pakcoy setiap lubangnya, lalu semprot dengan air secara rutin di setiap hari.

Dalam waktu 4 - 7 hari kecambah akan mulai menampakan daun, namun kamu harus menunggu paling tidak daun sejati tumbuh baru di pindahkan ke media hidroponik.

Langkah berikutnya membuat box untuk hidroponik.

Caranya ambil box styrofoam (kamu bisa pakai box lainnya), pada bagian tutup box di buat bolong-bolong dengan ukuran lebar seukuran gelas plastik. Untuk membolonginya kamu bisa pakai pisau carter atau besi panas.

Selanjutnya buat campuran pupuk AB mix, rata-rata tingkat konsentrasi nutrisi AB Mix untuk pakcoy ialah sekitar 1000 ppm. Kemudian masukan ke dalam box styrofoam hingga 2/3 bagian box lalu tutup.

Jejerkan gelas plastik yang telah di beri lubang pada bagian bawanya pada tutup box styrofoam yang telah di lubangi tadi.

Setelah selesai, masukan bibit pakcoy beserta media tanam rockwool yang telah di semai tadi jika usia telah mencapai 1 minggu lebih atau telah memiliki daun sejati.

Pastikan rockwool terkena air pupuk AB mix di dalam box. Jangan terlalu tenggelam, cukup sedikit menyentuh tidak masalah, namun kamu harus memastikan bahwa media rockwool selalu bawah terkena air.

Sampai di sini telah selesai, langkah selanjutnya kamu hanya perlu lakukan perawatan rutin seperti pemberian pupuk tambahan, pengendalian hama dan lain sebaginya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman budidaya.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel