CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Menanam Pakcoy di Polybag dan Gelas Plastik Sampai Panen - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Cara Menanam Pakcoy di Polybag dan Gelas Plastik Sampai Panen

gambar semai pakcoy
Sumber foto : istockphoto

Healty99 - Bagaimana sih cara menanam pakcoy di polybag atau gelas plastik hingga siap panen, dan emang bisa? Bisa dong, menanam pakcoy tidak perlu lahan yang luas, kamu bisa mengandalkan perkarangan rumah sekaligus memanfaatkan polybag maupun gelas plastik.

Jika kamu orang yang sangat suka sayuran alias vegan, tentunya menanam sayur sendiri bisa menjadi pilihan yang sangat bagus.

Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak sampai selesai.

Cara Menanam Pakcoy di Polybag dan Gelas Plastik

Pada dasarnya menanam pakcoy tidak jauh berbeda dari menanam sayuran lainnya seperti kangkung, selada, seledri dan sebagainya. 

Namun sebagai acuan, berikut beberapa langkah pengerjaan yang bisa kamu lakukan sendiri.

1. Penyemaian

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah melakukan penyemaian terlebih dahulu. 

Hal ini gunanya untuk memantau perkembangan sekaligus pertumbuhan benih (kecambah), di sisi lain kamu juga bisa mengetahui mana bibit yang bagus dan tidak layak. Berikut caranya.

Bahan yang dibutuhkan  :

  1. Nampan lebar atau wadah lainnya
  2. Campuran sekam bakar, cocopeat, kompos dan tanah bakar
  3. Spray air
  4. Biji/benih pakcoy

Langkah pengerjaan :

  1. Mula-mula rendam biji/benih packcoy dengan air hangat selama 1-24 jam. Tujuanya ialah untuk merangsang pertumbuhan sekaligus mencari bibit benih yang bagus. Pastikan kamu nantinya menggunakan bibit yang terendam di bagian dasar air, dikarenakan kualitas lebih baik ketimbang yang mengapung.
  2. Selanjutnya siapkan wadah, pastikan wadah yang kamu gunakan memiliki lubang air. 
  3. Masukan campuran sekam bakar, cocopeat, kompos dan tanah bakar. Menggunakan media tanam yang dijual di toko bunga juga bisa.
  4. Buat ketebalan media tanam setebal 5-7 cm, setelah itu beri lubang sedalam 1 cm dengan jarak satu sama lain sekitar 5 cm.
  5. Masukan benih pakcoy yang telah direndam semalaman, 1 lubang terdapat 1 bibit.
  6. Selesai. Tinggal kamu semprot menggunakan spray secara berkala di tiap harinya. Jangan biarkan media penyemaian kering.

Berapa hari semai pakcoy?

Semai tanaman pakcoy dari bibit atau biji memerlukan waktu sekitar 4 hari hingga tumbuh tunas.

Sedangkan untuk pemindahan benih ke media tanam besar dapat dilakukan ketika sudah berdaun 4 atau setidaknya berusia 6 sampai 8 hari.

Note : Penyemaian bibit dapat menggunakan beberapa media lain seperti rockwool, kapas atau tisu.

2. Pemindahan ke media polybag dan gelas plastik lebih besar

Setelah melewati masa penyemaian setidaknya selama 1 minggu (berdaun 4), langkah selanjutnya ialah kamu harus memindahkan ke media lebih besar. 

Ini agar tanaman pakcoy dapat tumbuh dengan subur. Berikut cara menanam di polybag dan gelas plastik.

Bahan yang dipersiapkan :

  1. Polybag atau gelas plastik (botol) yang tidak digunakan lagi
  2. Media tanam berupa tanah bakar, kompos dan pupuk kandang
  3. Air untuk menyiram

Langkah pengerjaan :

  1. Campur media tanam berupa tanah bakar, kompos dan pupuk kandang menjadi satu.
  2. Kemudian masukan kedalam polybag atau gelas plastik sebanyak 80% dari kapasitas.
  3. Buat lubang sedalam 2 cm dan masukan bibit pakcoy tadi lalu rapatkan tanah.
  4. Siram secara perlahan, dan selesai.

Note : Pastikan terdapat lubang air atau drainase pada gelas plastik yang kamu gunakan. Ini agar tidak terdapat air yang mengenang nantinya. Pakcoy memang menyukai media tanam yang lembab, namun tidak dengan basah hingga merendam akar.

Berapa campuran media tanam pakcoy?

Campuran media tanam pakcoy beragam, kamu bisa menggunakan 1:1 (tanah bakar : pupuk kandang fermentasi), 1:2:1 (kompos : tanah bakar : pupuk kandang fermentasi).

Berapa ukuran polybag untuk pakcoy?

Ukuran polybag untuk pakcoy bisa menggunakan 15-20 cm, kamu bisa mendapatknya di toko tani terdekat. Jika ingin memakai gelas plastik, maka kamu bisa memanfaatkan gelas popice, botol air mineral ukuran 1,5 ltr. Lebih besar lebih bagus. 

3. Perawatan 

Perawatan tanaman pakcoy sebenarnya hampir sama dengan kebanyakan sayuran hijau pada umumnya.

Kamu bisa menyiram tanaman 1 sampai dua hari sekali dengan air biasa atau bekas cucian beras.

Selain itu, adapun beberapa hama yang kerap menyerang pakcoy antara lain ulat tanah atau grayak untuk hama akar, dan Plutella xylostella (ulat kubis alias larva ngengat) untuk hama daun.

Namun jika kamu masih bingung dengan cara perawatan, kamu bisa membaca di lain artikel di healty99.com "Cara Merawat Dan Pemeliharaan Pakcoy"

4. Pemupukan

Pemupukan lanjutan tidak di beri juga tidak menjadi masalah, untuk itu kamu sudah memberinya di awal penanaman dengan menggunakan pupuk kandang.

Namun sebagai grow up, kamu bisa memberikan beberapa jenis pupuk untuk pakcoy yang di jual di toko tani.

5. Panen

Bagian terakhir dari keberhasilah menanam ialah panen. Kamu bisa memanen pakcoy dengan cara mencabutnya langsung beserta akarnya, lalu kemudian di pangkas. 

Jika kamu memangkas dengan menyisahkan bagian bonggol, maka kemungkinan besar bagian tersebut bisa di tanam kembali dan menghasilkan tunas baru.

Berapa lama panen pakcoy?

Lama panen sayuran pakcoy di polybag atau gelas plastik memakan waktu kurang lebih sama pada umumnya, yaitu sekitar 30 sampai 45 hari.

Dengan wakut yang cukup singkat tentu kamu bisa menanam secara berkala di setiap minggunya, sehingga nanti saat panen bisa bertahap tanpa harus menunggu lama.

Nah, itulah cara menanam pakcoy di polybag atau gelas plastik. Kamu bisa coba praktekan diruma dan diterapkan pada lahan perkarangan.

Selamat mencoba.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com mengenai pakcoy dan beberapa tanaman sayur.

Artikel terkait : 


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i