CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Rekomendasi Pakan Ikan Cupang Anakan Baru Menetas atau Burayak - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Rekomendasi Pakan Ikan Cupang Anakan Baru Menetas atau Burayak

gambar anakan ikan masih kecil

Healty99 - Pakan Ikan Cupang Anakan - Umumnya kita memberi makan cupang dengan jentik nyamuk dan pelet ukuran 0.5 mm, namun bagaimana untuk ukuran anakan yang masih burayak alias kecil atau baru lahir. Tentu saja tidak bisa pakan tersebut tidak muat untuk ukuran mulut yang terlalu kecil.

Oleh karena itu diperlukan jenis pakan dengan ukuran yang halus, sehingga anakan ikan cupang dapat dengan mudah memakannya.

Nah jika kamu sedang memelihara ikan cupang di rumah dan baru menetas, berikut beberapa pakan anakan yang bisa saya rekomendasikan buat kamu.

Pakan Ikan Cupang Anakan atau Burayak

1. Kutir

bentuk kutirp pakan anakan ikan
Sumber foto : tokopedia
Kutir atau kutu air adalah sebutan awam bagi sejumlah krustasea kecil penghuni air. Kutu air bukan serangga dan tidak hidup sebagai parasit yang seperti kita takutkan.

Kutu air sangat kecil ukuranya, ini bisa menjadi makanan anakan cupang yang bagus. Kutir tinggi protein sehingga cocok untuk pertumbuhan ikan agar cepat besar.

Umunya kutu air hidup di genangan air di selokan dan sungai, namun karena ukuranya yang kecil maka sulit untuk mendapatkanya.

Kamu bisa mendapatkan kutir dengan beli di toko pakan ikan hias atau di peternaknya langsung.

2. Remahan pelet

pelet unuk anak ikan baru menetas
Sumber foto : pixabay
Umumnya pelet bisa menjadi pakan ikan cupang anakan yang baru menetas atau masih kecil, namun tentu tidak di beri secara langsung. Ukuran pelet paling kecil ialah 0.5 mm dan ini saja masih besar buat ukuran bayi ikan.

Oleh karena itu kamu perlu menghaluskan terlebih dahulu menjadi serbuk, lalu baru bisa di berikan secara bertahap.

Pakan satu ini cukup mudah, awet dan simpel, kamu hanya perlu membeli pelet di toko pakan ikan dengan berbagai merek dan harga.

3. Cacing beku

cacing beku untuk pakan anakan ikan
Sumber foto : dreamstime
Cacing beku adalah jenis cacing halus yang berukuran kecil dan sudah dalam kondisi beku atau siap pakai. Cacing beku biasa di jual di toko-toko pakan ikan hias atau di toko online shop.

Cacing beku bisa menjadi pilihan yang bagus untuk anakan cupang.

Kamu bisa memberikan pada anakan ikan secara langsung atau di haluskan dengan di potong-potong terlebih dahulu supaya lebih kecil.

4. Artemia

Sumber foto : dreamstime
Artemia adalah hewan jenis krustasea yang berukuran sangat kecil. Ukuran Artemia yang baru menetas hanya sekitar 0,35 mm – 0,45 mm, dan untuk ukuran dewasa hanya mencapai 10 - 12 mm saja.

Artemia yang baru menetas tentu sangat kecil dan ini bisa di santap oleh anakan cupang yang baru menetas.

Kamu bisa membeli artemia dengan harga Rp.10.000 untuk per 10 gr, tapi ini masih berupa telur jadi harus menetaskan artemia terlebih dahulu menggunakan air asin.

5. Cacing renik

gambar cacing renik untuk pakan ikan
Cacing renik atau Microworms adalah nematoda Panagrellus redivivus yang hidup bebas, atau dikenal oleh banyak penggemar pemelihara ikan sebagai cacing mikro.

Pakan satu ini kaya akan gizi dan bagus, sehingga cacing renik dipercaya bisa membantu ikan tumbuh lebih cepat.

Cacing renik sangat cocok dijadikan sebagai pakan anakan ikan cupang alternatif jika kutu air atau artemia di daerah kalian sulit didapatkan.

6. Udang

Sumber foto : dreamstime
Selanjutnya ada udang yang bisa menjadi makanan anakan cupang yang baru menetas. Tentu tidak memberinya secara utuh, kamu harus menghaluskan terlebih dahulu yaitu dengan mencincang hingga menjadi bubur, baru kemudian bisa di beri.

Gunakan daging udang yang bersih dan terbebas dari kotoran maupun cangkang luarnya.

7. Vinegar eel

gambar Vinegar eel
Vinegar eels adalah hewan sejenis belut namun berukuran sangat kecil, bahkan cukup sulit untuk di lihat dengan mata telanjang.

Nah ukuran vinegar eel yang super kecil ini bisa menjadi pilihan yang bagus buat pakan anakan cupang yang baru menetas atau burayak.

Jika ingin mencari vinegar eel dapat membelinya di toko online dengan harga yang beragam.

8. Insuforia

gambar Infusoria
Infusoria adalah istilah kolektif untuk makhluk air kecil seperti ciliate, euglenoids, protozoa, ganggang uniseluler dan invertebrata kecil yang ada di kolam air tawar.

Ukuran insuforia yang sangat kecil bahkan sangat sulit untuk di lihat dengan mata, namun ini bisa menjadi makanan yang bagus untuk anak ikan.

Insuforia sendiri banyak yang menjualnya, namun kamu bisa kultur insuforia sendiri di rumah untuk memperbanyaknya.

9. Kuning telur

Sumber gambar : pixabay
Tidak hanya bagus untuk manusia saja, kuning telur juga bagus untu pakan ikan loh. Selain itu telur juga kaya akan gizi dan protein yang mana dapat mempercepat pertumbuhan ikan menjadi lebih besar.

Cara memberi makan anakan cupang atau burayak menggunakan telur ialah dengan di rebus terlebih dahulu.

Lalu setelah itu berikan bagian kuningnya, tapi ingat jangan terlalu berlebihan nanti air menjadi kotor dan berbau, cukup menggunakan kuning telur satu kali seminggu.

Nah itulah beberapa rekomendasi pakan anakan ikan cupang yang baru menetas atau burayak yang bisa kamu gunakan.

Selamat mencoba.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips pemeliharaan.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel