CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Memperbanyak Tanaman Azolla, Tips Merawat dan Manfaatnya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Memperbanyak Tanaman Azolla, Tips Merawat dan Manfaatnya

gambar tanaman azolla
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Memperbanyak Tanaman Azolla - Azolla caroliniana merupakan satu-satunya tanaman dari suku paku-paku yang bisa mengapung di atas air. Ia memiliki banyak sekali manfaat terutama untuk pakan ungas, ikan, pupuk tanaman hingga kerperluan antar simbiosis.

Tanaman air ini juga memiliki beberapa spesies yang antara lain A.filiculoides, A.mexicana, A.microphylla, A.nilotica, A.pinnata var. pinnata, A.pinnata var. imbricata dan A rubra.

Fakta mengejutkan tentang tanaman azolla adalah ia memiliki banyak kandungan nutrisi penting, oleh karena itu kandungan nutrisi tersebut tentu bisa dimanfaatkan sebagai pakan alternatif.

Setidaknya Azolla mengadung tinggi protein, asam amino esensial, vitamin (vitamin A, vitamin B12 dan Beta- Carotene), mineral seperti kalsium, fosfor, kalium, zat besi, dan magnesium.

Sedangkan untuk berat saat kering ia mengandung 25 – 35% protein, 10 – 15% mineral dan 7 – 10% asam amino, senyawa bioaktif dan biopolymer.

Tak heran kini banyak orang mulai membudidayakanya dengan tujuan diperjual belikan, mengingat ada banyak peminat yang mencari.

Nah, jika kamu ingin mencoba untuk membudidayakan atau memperbanyak tetapi bingung, berikut beberapa tips dan cara yang bisa kamu ketahui :

Cara Budidaya Azolla Dengan Mudah

Tak perlu takut gagal untuk membudidayakan tanaman air satu ini, dengan kegagalan maka kamu akan dapat pelajaran baru untuk lebih menjadi baik. Berikut langkah-langkahnya :

Langkah pembibitan tanaman Azolla

Di alam bebas azolla kerap tumbuh di dalam kolam, persawahan dan kanal-kanal kecil yang masih bersih, tapi jika ingin memperbanyak harus menyediakan lahan atau kolam tersendiri.

Tidak perlu tinggi sampai membuat cor batu, cukup menggunakan papan dan terpal saja sudah bisa. Buat kolam setinggi 30 cm dengan kedalaman air kolam 5-10 cm.

Setelah itu beri pupuk kandang organik atau pupuk kotoran kambing, kebanyakan orang biasa menggunakan pupuk kandang yang di tambah tanah dengan perbandingan 60 : 40 (pupuk : tanah). Lalu masukan ke kolam dan buat setebal 4 cm, tidak perlu di padatkan.

Kamu juga bisa menambahkan pupuk jenis SP 36 sebanyak 7 gr / m2, ini sebagai nutrisi tambahan.

Kemudian lanjut tambahkan air lagi, jarak kedalaman air dengan pupuk sekitar 5 sampai 7 cm. Setelah semua selesai berikutnya kamu tinggal tebar bibit azolla dengan takaran 50 - 70 gr / m2.

Biarkan selama 2 minggu dan tanaman akan berkembang menjadi banyak dengan cepat.

Cara memanen azolla dengan cepat

Pemanenan dapat di lakukan saat kondisi tanaman sudah menumpuk dan meluber ketepian, pemanenan dapat mengambil paling banyak 30 persen dari keseluruhan tempat.

Jika komposisi pupuk dan nutrisi di dalam kolam seimbang dan menyesuaikan dengan habitatnya, maka tanaman dapat tumbuh kembali dengan cepat dan bisa di panen kembali setiap 1 sampai 2 minggu sebanyak 30 persen atau seseuai kebutuhan.

Cara merawat azolla di dalam kolam

Cara merawat tanaman paku ini cukup mudah, yang harus kamu lakukan ialah sebagai berikut :

1. Menjaga air tetap stabil

Pastikan kamu menjaga air dalam bak atau kolam tetap stabi dan jangan sampai kekeringan.

2. Mendapat sinar matahari

Pastikan tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup, dan hindari paparan langsung yang bisa membuat kolam menjadi panas.

3. Pembuangan air

Pembuangan air juga penting, karena jika hujan air bisa memenuhi kolam dan membuat azolla menjadi meluap terbuang.

Untuk itu kamu harus membuat sirkulasi pembuangan air otomatis, cukup membuat lubang pada pinggir kolam.

4. Pengendalian hama

Tanaman ini juga memiliki hama loh, hamanya yaitu jenis ulat kecil. Ia kerap memakan daun azolla saat musim kemarau, untuk itu penting memperhatikan lebih teliti saat perawatan.

Nah itulah cara membudidayakan sekaligus memperbanyak azolla dengan mudah. Selamat mencoba.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips budidaya.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel