CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Mengenal Snap atau Peniti, Fungsi dan Jenis-Jenisnya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Mengenal Snap atau Peniti, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Healty99 - Mengenal Snap - Selain senar, batu, mata kail dan pelampung, ada peralatan memancing yang menjadi poin penting sekaligus sangat berguna.

Snap, peniti, kili-kili atau kancing adalah salah satu piranti yang tak luput dari para pemancing yang suka berpindah-pindah spot.

Walau juga kerap disebut dengan peniti oleh kebanyakan orang, namun dari segi bentuk dan penggunaan sangat berbeda dengan peniti yang untuk baju.

Ada beberapa jenis snap yang kerap di gunakan para pemancing, akan tetapi dari pemakaian untuk memancing sama saja tujuanya.

Jenis-jenis Bentuk Piranti Snap atau Peniti

Peralatan memancing ini sebenarnya mempunyai tujuan yang sama, akan tetapi memiliki banyak jenis dan bentuk yang sedikit berbeda. 

Nah berikut ini beberapa jenis snap yang bisa kamu ketahui :

Safety Snap

Cross lock

bentuk Cross lock

Coast lock

bentuk Coast lock

Interlock

gambar atau bentuk dan fungsi dari Interlock

Duolock snap

Duolock snap

Kili-kili

gambar kili-kili dan fungsi kegunaanya

Fungsi dari Penggunaan Snap atau Peniti

Pada dasarnya snap terbagi menjadi dua bagian, kita sebut saja bagian tersebut dengan lubang.

Ada lubang kecil untuk bagian atas dan lubang yang besar untuk bagian bawah, lubang bagian atas umumnya di buat terkunci permanen atau tidak bisa di buka dengan mudah.

Sedangkan lubang bagian bawah bisa di buka layaknya membuka peniti baju.

Bagian yang bisa di buka layaknya peniti inilah untuk mempermudah para pemacing yang suka bergonta-ganti mata kail atau keperluan lainnya.

Selain itu, adapun jenis lainya ialah kili-lili, piranti satu ini berbentuk seperti angka delapan, memiliki ukuran atas bawah yang sama dan tidak bisa di buka satu sama lain.

Namun tujuan penggunaan sama saja, bisa secara langsung dengan mengikat senar atau memberi tambahan snap lagi.

Bagi pemancing pemula mungkin engan atau jarang menggunakan piranti satu ini dan lebih sering menggunakan stoper biasa.

Hal ini memang di karenakan memasang snap memerlukan pengikatan senar yang doubel, sedangkan stoper hanya perlu mengikat senar pada mata kail saja.

Akan tetapi bagi saya benda satu ini baik kili-kili, snap atau peniti memiliki fungsi yang jauh lebih berguna, berikut beberapa fungsi dan keggunaannya :

1. Bisa menjadi penahan batu lebih baik ketimbang stoper

Mengapa lebih baik, kalau menggunakan snap posisinya tentu tidak berubah-ubah, sedangkan jika menggunakan stoper karet sebagai pembatas antara batu pemberat dan mata kail maka posisinya bisa berubah.

Terlebih lagi jika kamu menggunakan batu pemberat yang berukuran besar dan melemparnya dengan kuat.

Selain itu penggunaan stoper untuk pembatas bawah juga lama-kelamaan bisa haus dan daya cengkramnya menjadi berkurang.

Makanya menurut saya lebih baik ketimbang stoper jika untuk bagian bawah.

2. Mempermudah pergantian mata kail pancing

Penggunaan snap selanjutnya ialah untuk mempermudah menganti mata kail pancing dengan mudah.

Ini sangat penting jika kamu pemancing yang suka bergonta-ganti mata kail dengan cepat, atau dengan tujuan menganti mata kail dengan alasan terlalu besar atau kecil buat ikan.

Kamu hanya perlu menyiapkan kail pancing dari rumah yang sudah di ikat pada senar dan kili-kili dengan berbagai ukuran mata kail.

Jadi, saat sampai ke spot memancing kamu tinggal membuka kait snap dan mencantolkan kili-kili yang sudah ada mata kailnya.

Tentu cara satu ini terbilang cepat ketimbang harus memutus sambungkan ulang mata kail.

3. Bisa menambah jumlah mata kail

Selain dapat di gunakan untuk mempermudah dalam pergantian mata kail, snap atau peniti juga bisa untuk menambah jumlah mata kail pancing lebih dari satu.

Dengan menambah lebih mata kail tentunya memperbesar peluang untuk mendapatkan ikan dan memperlama pergantian umpan saat mancing.

4. Cocok untuk tali seling atau baja

Beberapa mata kail pancing ada yang dibekali dengan baja seling atau sling, khsusnya untuk mancing udang, bawal, belut dan beberapa jenis ikan yang bisa memutuskan senar pancing.

Cukup dengan membuka kancing snap dan cantolkan saja mata pancing tipe seling atau baja dengan mudahnya.

5. Mengurangi terbuangnya piranti pancing

Tahukah kamu, menggunakan snap dapat mengurangi terbuangnya peralatan memancing seperti batu pemberat, pelampung dan mata kail.

Misalnya begini, jika kamu menggunakan stoper karet biasa dan saat kebetulan pancingan dalam keadaan nyangkut di dasar air atau di seberang sungai.

Resiko terbuangnya batu pemberat dan pelampung lebih besar ketimbang menggunakan snap dan kili-kili.

Hal ini di karenakan saat menyentak tali senar dengan kuat stoper lama-kelamaan akan mencapai dasar dan dekat dengan mata kail, sedangkan titik tumpu untuk putusnya tali berada di bagian simpul ikatan pada mata kail.

Jika putus tersentak maka stoper pembatas bawah akan ikut lepas, yang pada akhirnya mengakibatkan terbuangnya batu pemberat dan pelampung kesayangan kamu.

Namun apabila kamu menggunakan snap dapat mengurangi terbuangnya piranti pancing, dengan syarat senar dari snap ke mata kail ukuranya lebih kecil dari pada senar utama.

6. Mempermudah memasang umpan mainan

Penggunaan snap sangat efisien dalam penggunaan umpan mainan seperti umpan casting untuk mancing gabus, karena tingal cantol dan siap digunakan. 

Disisi lain ini juga dapat berguna untuk mempercepat pergantian umpan dalam waktu singkat.

Nah itulah fungsi dan kegunaan dari kili-kili, snap atau peniti dalam hal memancing. Semoga ulasan kali ini dapat membantu kamu.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips memancing.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel