CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Umpan Ikan Tapah, Tempat Habitat dan Tips Mancing yang Ampuh - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Umpan Ikan Tapah, Tempat Habitat dan Tips Mancing yang Ampuh

Sumber foto : 4.bp.blogspot.com
Healty99 - Umpan Tapah - Tapah merupakan jenis ikan predator air tawar berkumis yang dapat di jumpai pada kawasan Asia Tropis. Di Indonesia, tempat paling banyak ada pada daerah Kalimantan dan Sumatera, sedangkan habitat utama ikan tapah ialah sungai berarus besar, muara hingga danau.

Banyak orang mencari ikan satu ini karena penasaran dengan tarikanya yang kuat dan menantang.

Terlebih lagi tapah dapat tumbuh hingga ukuran 1,5 meter dengan bobot mencapai 35 kg (bahkan dapat lebih dari itu). 

Akan tetapi ukuran sebesar itu jarang temukan, saya sendiri selama memancing hanya mendapatkan ukuran sebesar paha orang dewasa, dan itu saja tarikanya sangat berat.

Nah, jika kamu ingin memancing ikan air tawar satu ini, mungkin kamu bisa menggunakan beberapa jenis umpan yang sering di gunakan oleh para pemancing.

Umpan Ikan Tapah Sungai

Karena ia adalah karnivora maka kebanyakan para pemancing menggunakan jenis umpan mahluk hidup, salah satunya ialah sebagai berikut :

1. Jangrik

Pertama dan paling banyak digunakan adalah jangkrik. Para pemancing termasuk saya sendiri sering menggunakan jangkrik besar dalam memancing ikan satu ini. 

Kamu bisa menggunakan jenis jangkrik liar atau yang di jual di toko pakan burung juga bisa, tinggal kaitkan pada mata pancing 2 atau 3 ekor sudah cukup.

2. Udang segar

Gunakan udang yang masih segar, bila perlu yang masih hidup dan ukuranya cukup besar. Saya rekomendasikan bisa menggunakan jenis udang galah atau udang sungai. 

Cukup cari udang pada pinggiran sungai di tempat kamu ingin memancing.

3. Orong-orong

Orong-orong, anjing tanah, atau ga'ang adalah hewan kecil mirip seperti belalang, namun ia bisa terbang dan mengigit.

Orong-orong biasa akan keluar saat hujan karena sarangnya basah terkena air. 

Nah, jika di tempat kamu terdapat banyak hewan satu ini bisa kamu manfaatkan sebagai umpan mancing.

4. Kelabang

Kelabang atau lipan adalah serangga berbisa yang mempunyai banyak kaki. 

Hewan satu ini paling banyak di temukan saat musim hujan dan pada tumpukan papan, atau bebatuan yang telah lama di tinggalkan.

Kelabang bisa di manfaatkan sebagai umpan ikan tapah sungai, namun harap berhati-hati jika ingin menangkap kelabang.

5. Ikan kecil

Selanjutnya adalah ikan kecil. Jenis ikan seperti lambak dan seluang adalah yang paling bagus dan sering di gunakan untuk memancing, ukurannya juga tidak terlalu besar dan ada banyak di sekitar kita.

Terlebih lagi ikan kecil adalah mangsa utama dari ikan tapah yang sedang kamu incar.

6. Usus ayam

Beberapa bagian dari ayam potong seperti usus, hati, dan kulit bisa kamu manfaatkan untuk memancing di sungai-sungai besar dan muara. 

Beberapa teman memancing kerap menggunakan umpan usus ayam untuk mancing baung, tetapi beberapa kasus di makan oleh tapah.

7. Cacing tanah

Memanfaatkan cacing sebagai umpan tapah juga tidak menjadi masalah, terlebih lagi ia adalah jenis hewan karnivora tentus saja cacing tanah masuk daftar makanan yang di sukainya. 

Namun bagusnya kamu menggunakan cacing tanah yang berukuran besar.

8. Larva kumbang badak

Larva kumbang badak atau ulat lundi adalah jenis ulat yang bisa kamu temukan di tanah, terutama di tumpukan tanah kompos, sisa dedaunan dan batang pohon yang lapuk.

Bentuk larva sendiri berukuran cukup besar, gemuk, putih dengan kepala warna coklat, ia termasuk hama tanaman jadi manfaatkan saja sebagai umpan memancing.

9. Umpan mainan

Umpan mainan atau casting adalah jenis umpan tiruan untuk mengelabuhi ikan predator, cara satu ini cukup efektif dan bisa kamu gunakan sebagai alternatif dalam mancing tapah.

Tips Mancing Ikan Tapah Agar Banyak Dapat


Setelah mengetahui jenis umpan yang disukai banyak digunakan oleh para pemancing, selanjutnya kamu harus mengetahui tips memancingnya. Hal ini bertujuan agar peluang keberhasilan menjadi lebih besar.

Berikut beberapa tips dari banyak pemancing yang bisa kamu gunakan sebagai referensi :

1. Peralatan memancing yang sesuai

Memancing tapah bagusnya menggunakan peralatan yang kuat, terlebih lagi ini jenis ikan yang mempunyai tenaga besar. 

Sebagai contoh berikut beberapa peralatan yang biasa saya gunakan.

  • Joran

Saya biasa menggunakan tipe joran tipe sambung, karena lebih elastis dan kuat jika di tarik hingga melengkung.

  • Mata kail

Saya sendiri biasa menggunakan mata kail untuk memancing ukuran no.10 hingga 15, kamu dapat menyesuaikan dengan rata-rata besar ukuran ukan di tempat kamu memancing.

  • Lure atau umpan mainan

Jika ingin menggunakan lure atau umpan mainan, carilah yang tipe dasar atau bertipe menyelam, karena untuk bermain di dasar air. 

2. Ketahui waktu dan jam yang tepat

Untuk waktu yang tepat saya sendiri paling sering dapat ikan tapah pada jam-jam sore hingga tengah malam.

Kebanyakan teman-teman juga sering bilang jam-jam malam hingga subuh adalah waktu tappah mencari makan.

Hal ini dimungkinkan juga karena ia jenis hewan nokturnal, alias mencari makan pada malam hari. 

3. Ketahui tempat sarang tapah

Seperti yang telah di jelaskan di atas, bahwa ikan satu ini hidup di sungai berarus, danau hingga muara. 

Tempat terbaik di sungai adalah berada di tengah-tengah, untuk itu bagusnya memancing di tegah jembatan atau dengan melempar umpan yang jauh.

Sedangkan jika memancing di danau dan muara, cari tempat terdalam atau lebih ke tengah.

4. Trik memancing tapah

  • Untuk di sungai berarus deras dan muara gunakan batu yang berat, kemudian saat melempar biarkan umpan mengulur terbawa arus hingga ke dasar. Jika tidak menyentuh dasar berarti batu timah kurang berat.
  • Untuk di danau berair tenang kamu bisa menggunakan pelampung, tapi tetap bermain dasaran.
  • Jika kamu menggunakan umpan casting atau tipe lure, tipsnya biarkan mengulur terbawa arus air hingga mencapai dasar. Lalu itu tarik perlahan sambil di sentak-sentak sedikit.
  • Jika ada indikasi umpan sedang di makan, segera pengang joran untuk berjaga-jaga. Setelah ikan memakan dengan di tandai tarikan yang kuat, segera gulung senar.
  • Memancing tapah cobalah memabawa teman, karena bisa jadi kamu mendapatkan indukan besar dan tidak telap menarik sendirian.

Cukup sampai di sini pembahasan kita kali ini mengenai umpan ikan tapah, tips memancingnya, tempat habitat serta waktu dan jam yang bagus. Selamat mencoba.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel