CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Mengolah Akar dan Batang Pohon Sepang Untuk Hiasan Aquascape - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Mengolah Akar dan Batang Pohon Sepang Untuk Hiasan Aquascape

gambar pohon sepang
Sumber foto : youtube
Healty99 - Pohon sepang, ada yang tahu? Ini adalah tanaman liar yang merupakan pohon khas endemik Sumatera, dan umumnya hanya dapat di jumpai pada kawasan rawa-rawa, hutan rawa serta persawahan.

Pohon sepang untuk aquascape memang jarang digunakan, karena memang keterbatasan di alam juga tidak banyak, terlebih lagi untuk mendapatkanya terkadang juga cukup sulit.

Namun karena sifat karakteristik dari pohon sepang yang kuat, tahan air serta awet, membuatnya menjadi incaran bagi sebagian orang. Salah satunya ialah dimanfaatkan sebagai bonsai hingga hiasan dalam tangki akuarium.

Cara Mengolah Pohon Sepang Untuk Aquascape

Nah, buat kamu yang ingin menghias tangki akuarium dengan pohon liar ini tidak menjadi masalah, namun sebelumnya kamu harus mengolah tanaman terlebih dahulu sebelum digunakan.

Tujuanya ialah untuk menghilangkan kadar getah, zat tanin serta sejumlah senyawa yang terkandung, sehingga nantinya saat dimasukan kedalam tangki tidak mengganggu ekosistem di dalamnya.

Berikut beberapa tips dan langkah bagaimana cara mengolah pohon sepang.

1. Memilih bagian pohon yang bagus

Pertama, pastikan kamu menggunakan bahan mentah di alam dengan yang terbaik. Pilihlah bagian pohon yang sudah tua, cukup besar, dan memiliki pangkal yang kokoh.

Pohon sepang yang sudah mati juga tidak menjadi masalah, asalkan tidak terdapat busuk, lapuk atau berjamur.

Beberapa bagian yang bisa kamu gunakan ialah akar, batang atau ranting.

2. Bersihkan dari kotoran

Langkah berikutnya adalah membersihkan bagian akar dan batang dari tanah, lumpur dan kotoran yang masih melekat, buang bagian akar serabut dan ranting yang berukuran kecil.

Batang dan akar pohon sepang cukup sulit di patahkan serta terdapat duri tumpul, jadi cobalah untuk melakukan pekerjaan dengan hati-hati.

3. Bersihkan dari kulit

Setelah mendapatkan bentuk yang di inginkan, langkah selanjutnya adalah dengan mengupas permukaan kulit luar yang masih melekat.

Kupas kulit dengan cara di kikis atau di kerok secara menyeuruh.

4. Perebusan

Jika kamu sudah membersihkan lapisan kulit luar dan kotoran, berikutnya kamu bisa lakukan proses merebus.

Tidak ada bahan tambahan dalam proses perebusan, kamu hanya memerlukan air, panci, sedikit garam dan tentunya bagian pohon sepang yang akan di rebus.

Berapa lama perebusan akar atau batang sepang?

Lama perebusan pada dasarnya tergantung dari banyak bahan yang kamu gunakan, namun rata-rata perebusan dapak memakan waktu kurang lebih 1,5 sampai 2 jam lamanya.

5. Perendaman

Bagian batang dan akar yang sudah kamu rebus tadi, lanjut langsung di rendam selama semalaman atau lebih juga tidak menjadi masalah.

Biasanya selama dalam proses perendaman tanaman akan mengeluarkan sedikit lendir, akan tetapi proses perebusan yang dilakukan sebelumnya di tujukan untuk mengurangi kandungan lendir tersebut.

6. Jemur

Cara menggolah batang dan akar pohon sepang untuk aquascape selanjutnya ialah proses penjemuran.

Tujuanya dari penjemuran ialah yang pasti untuk mengurangi kadar air sebelum nantinya di masukan ke dalam tangki akuarium kamu.

Penjemuran bisa memakan waktu 3 sampai 4 hari, namun semua tergantung dari besar akar atau batang yang kamu gunakan serta intensitas dari terik sinar matahari.

7. Pemasangan

Penjemuran adalah bagian dari proses terakhir, setelah itu kamu bisa hias batang dan akar sepang sesuai keinginan di dalam tangki aquascape.

Untuk itu buatlah secantik mungkin atau sesuai ide kreasi kamu. Selesai.

Itulah cara membersihkan akar dan batang pohon sepang untuk aquascape, selamat mencoba.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar aquarium.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel