CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Hamster Makan Jambu Biji? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bolehkah Hamster Makan Jambu Biji?

gambar buah jambu biji
Sumber foto : pixabay/congtytrienminh
Healty99 - Apakah boleh hamster makan jambu biji? Jawabnya "Ya" mereka bisa mengkonsumsi sejumlah buah-buahan tropis seperti jambu biji, tetapi yang perlu kamu ketahui ialah tetap memberikan dalam jumlah terbatas.

Kita tahu bahwa jambu biji merupakan buah yang enak dan nikmat, terlebih lagi saat telah matang rasanya sangat manis. Buah jambu juga mempunyai banyak kandungan nutrisi, mulai dari vitamin dan mineral yang semuanya bagus untuk kesehatan tubuh.

Walau buah jambu biji aman dikonsumsi manusia, akan tetapi apakah hamster dapat merasakan hal yang sama juga?

Hamster Makan Jambu Biji

Hamster secara liar mereka juga mengkonsumsi buah-buahan, jika kamu hadapkan jambu pada mereka tentu akan sangat senang dan langsung menyantapnya.

Tidak perlu khawatir, buah satu ini masih tergolong aman untuk semua jenis hamster. Kamu bisa memberikan kepada mereka sebagai cemilan saja dan tidak sebagai makanan utama, terlebih lagi nutrisinya bagus untuk kesehatan hamsster.

Manfaat jambu biji untuk hamster

Buah guava setidaknya mengandung nutrisi terbilang cukup banyak, beberapa diantaranya berupa protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, serat, vitamin A, B dan C. Selain itu adapun antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam menangkal radikal bebas.

Memberikan sepotong kecil jambu biji kepada hamster bisa memberikan manfaat baik bagi mereka, salah satunya ialah melancarkan pencernaan, menjaga daya tahan tubuh peliharaan kamu, mencegah penyakit kulit serta masih banyak lagi.

Cara memberikan jambu biji untuk hamster

Buat kamu yang ingin memberikan buah satu ini pada hammster, cobalah untuk dibersihkan terlebih dahulu baik bagian luar maupun dalam.

Harap mencuci buah jika kamu membelinya di toko, mengingat ada banyak para petani menyemprotkan pestisida atau zat kimia dengan tujuan membasmi serangga, sedangkan zat kimia tersebut bisa mengancam kesehatan peliharaan kamu.

Setelah dicuci, buang bagian biji dalam. Jangan memberikan dalam bentuk utuh atau terlalu besar, berikan saja mereka potongan buah jambu biji sebesar jempol kaki.

Berapa banyak hamster makan jambu biji

Secara umum hamster rata-rata hanya makan sebanyak 1 sendok teh dalam sekali santap, mereka adalah hewan omnivora bagusnya kamu berikan seminggu 2 atau 3 kali sebagai cemilan sampingan.

Walaupun jambu biji baik untuk mereka tetapi tidak dalam jumlah banyak, oleh karena itu perhatikan peliharaan kamu terhadap makanan yang kamu beri.

Bahaya jambu biji bagi hamster

Guava bukanlah buah yang beracun bagi hewan pengerat satu ini, tetapi bukan berarti mereka dapat dengan aman mengkonsumsinya.

Hamsteer bisa saja mengalami masalah pada kesehatan jika makan buah jambu biji di setiap harinya, mengingat akan kandungan gula dan air yang terbilang tinggi bagi hewan mungil.

Adapun kemungkinan resiko jika kamu memberikan hamster makan jambu terlalu sering dan berlebihan ialah masalah obesitas. Meski ada banyak serat yang bisa mencegah kegemukan tetapi hammster tidak memerlukan serat dalam jumlah banyak.

Selain itu, konsumsi gula terlalu berlebihan juga bisa menyebabkan masalah diabetes atau penyakit gula pada peliharaan kamu.

Jambu juga mengandung sejumlah besar senyawa asam organik, terlalu banyak makan-makanan asam bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Tipsnya hindari untuk memberikan buah secara utuh dengan adanya biji di bagian dalam. Mereka akan dengan lahap menyatap buah dengan santai meski biji bisa membuat tersedak.

Bolehkah hamster makan jus jambu biji?

Tidak boleh, jus jambu biji tidak boleh diberikan karena mengandung banyak air atau bahkan pemanis tambahan, hamster tidak membutuhkan itu karena mereka memiliki ukuran tubuh yang kecil.

Terlalu banyak air dan gula bisa menyebabkan peliharaan kamu mengalami diare dan peningkatan gula darah.

Singkatnya, hamster boleh saja makan jambu biji tetapi dalam jumlah yang terbatas. Manfaat yang terkandung dalam buah juga bisa dirasakan pada kita dan hewan peliharaan jika dalam porsi sesuai.

Adapun hal-hal yang sebaiknya kamu hindari saat memberikan buah satu ini pada hamster, salah satunya ialah olahan jambu biji dengan campuran bahan yang tidak sehat, hindari memberikan dalam bentuk jus, kering/panggan, pai, kue serta utuh dengan ada bijinya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar peliharaan.

Artikel terkait : 


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel