CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 5 Jenis Pupuk yang Bagus Untuk Kacang Panjang - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

5 Jenis Pupuk yang Bagus Untuk Kacang Panjang

gambar tanaman kacang panjang
Sumber foto : istockphoto
Heaty99 - Buat yang hobi berkebun, jika tanaman kacang panjang tumbuh subur, lebat, sehat dan berbuah lebat pastinya ada rasa senang serta punya kebanggaan tersendiri. Namun terkadang tidak semua yang kita dambakan bisa berjalan dengan lancar, karena tidak sedikit juga tanaman yang dipelihara tumbuh tidak optimal.

Terlebih lagi buat kamu yang baru pertama kali mencoba menaman kacang panjang, mungkin akan mengalami sejumlah masalah seperti tanaman kurang subur, serangan hama penyakit serta lain sebagainya.

Baca juga : Pupuk Kacang Panjang Dari Ajinomoto

Pupuk Kacang Panjang yang Bagus

Pada dasarnya kamu tidak usah terlalu kawatir terhadap permasalahan tersebut, selagi kamu tangani dengan cepat maka masalah yang sedang terjadi pada bisa segera diatasi.

Salah satu contohnya adalah pertumbuhan kurang subur dan lebat, batang dan daun mengecil serta tanaman yang kerdil atau tidak normal seperti kebanyakan.

Masalah seperti ini merupakan hal yang sering terjadi pada sejumlah sayuran, termasuk itu kacang panjang yang kekurangan nutrisi dan hara. Itulah sebabnya kamu harus memberikan sejumlah pupuk demi meningkatkan pertumbuhan tersebut.

Walau pada dasarnya kacang panjang bisa mendapatkan sumber makanan, air, mineral dan zat hara dari dalam tanah, namun adapula sejumlah kondisi dimana zat hara dalam tanah tersebut sudah tidak mencukupi lagi, alias kurang atapun tidak bagus untuk pertumbuhan dari tanaman tersebut.

Nah, buat kamu yang ingin memberikan pupuk untuk tanaman kacang panjang dengan tujuan agar tumbuh lebih subur, berikut beberapa jenis pupuk yang bagus dan bisa kamu gunakan.

1. Kohe

Pertama kamu bisa memakai ppuk kohe alias kotoran hewan fermentasi. Pupuk kotoran hewan adalah sisa dari kotoran alias feses hewan yang pada dasarnya memiliki sejumlah unsur berupa kalium, fosfor dan nitrogen.

Jenis pupuk kohe seperti kambing, sapi, kelinci, ayam dan marmut juga sangat bagus untuk tanaman, terutama dalam hal meningkatkan unsur hara dan mikro organisme di dalam tanah.

Akan tetapi yang pasti ppuk tersebut harus sudah dalam kondisi di fermentasi sebelum diberikan.

2. Pupuk organik cair

Pupuk organik cair atau di kenal juga dengan POC merupakan jenis ppuk yang dibuat secara alami dengan proses fermentasi. Dari proses fermentasi tersebut nantinya akan menghasilkan larutan pembusukan dari bahan-bahan organik.

Cairan pembusukan tersebut kaya nutrisi bagi tanaman, mulai dari unsur mikro dan makro juga ada didalamnya.

Kamu dapat menggunakan POC yang dijual di toko pertanian untuk langsung diberikan pada tanaman kacang panjang dengan perbandingan 50 ml POC dilarutkan kedalam 1 liter air.

Alternatif lain kamu dapat juga dengan membuatnya sendiri di rumah menggunakan bahan organik seperti dedaunan, kotoran hewan, kompos hingga sisa dari potongan buah-buahan dan sayuran.

3. NPK mutiara

Pupuk untuk tanaman kacang panjang yang bagus selanjutnya ialah ada NPK mutiara.

Seperti yang kita ketahui, NPK adalah jenis pupuk berbentuk butiran kasar dengan sejumlah unsur di dalamnya seperti N (nitrogen, P (fosfor) dan K (kalium).

Pupuk satu ini pada dasarnya memang ditujukan untuk meningkatkan pertumbuhan dari tanaman agar lebih optimal, menghijaukan daun dan batang serta sudah pasti menyuburkan.

NPK sangat simpel karena penggunaanya hanya dengan cara menebar butrian pupuk disekitar dekat tanaman secara berkala.

4. ZA

Ppuk ZA merupakan pupuk kimia buatan yang mempunyai kandungan ammonium sulfat. Ppuk satu ini memang dirancang untuk memberi sejumlah hara tambahan berupa Nitrogen dan Sulfur untuk nutrisi tanaman.

ZA sendiri bersifat higroskopis, walaupun begitu pupk ZA tidak sekuat seperti pupuk urea yang kita kenal.

Di sisi lain ZA juga mampu mengembalikan kualitas tanaman menjadi lebih subur dengan menambah nilai gizi yang dibutuhkan, sehingga nantinya akan berpengaruh pada hasil panen. .

5. Dolomit

Dolomit merupakan pupk khusus yang fungsinya untuk menyuburkan tanah karena memiliki kandungan magnesium yang tinggi sebagai unsur hara. Magnesium tersebut ditujukan untuk menetralisir sejumlah kandungan dalam tanah. 

Di sisi lain dolomit juga mengandung kalsium, manfaatnya ialah mengikat unsur hara yang bisa disalurkan ke tanaman kacang panjang secara langsung.

Nah, itulah beberapa jenis pupuk umum untuk kacang panjang yang bagus dan agar dapat tumbuh subur, lebat, serta agar tidak mudah terserang penyakit.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar pupuk.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel