CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Memberikan Hamster Sepotong Buah Mangga? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bolehkah Memberikan Hamster Sepotong Buah Mangga?

mangga makanan hamster
Sumber foto : pixabay/liwanchun
Healty99 - Hamster adalah hewan kecil yang menggemaskan, setiap tingkahnya mereka suka menggali, memanjat, dan bermain. Sebagai salah satu hewan omnivora, hamster juga suka makan banyak jenis makanan.

Di alam liar mereka memakan rumput, gandum, serangga kecil, buah-buahan dan sayuran lunak di kebun.

Namun untuk hamster peliharaan, tentunya sudah dipersiapkan banyak makanan yang tersedia di pasaran dan di toko-toko dalam bentuk pelet yang mengandung nutrisi dibutuhkan mereka.

Kamu mungkin saja memberikan hamster dengan makanan pelet setiap hari. Namun tahukah kamu bahwasanya mereka juga perlu buah dan sayuran segar sebagai camilan, tujuanya ialah untuk memastikan kesehatan dan pencernaan mereka sendiri.

Hamster Makan Mangga

Terlepas dari itu semua, ada satu buah yang mungkin ingin kamu coba berikan yaitu adalah mangga. Lantas apakah mangga baik untuk hamster? Jawabannya adalah "Ya".

Hewan berbulu kecil ini sangat menyukai mangga. Tidak ada alasan untuk menjauhkan buah lezat ini dari jangkauan mereka, bahkan mereka akan berontak untuk mencari sumber bau saat tercium mangga jika dekatkan.

Apakah mangga baik untuk hamster?

Buah mango sebenarnya sehat untuk peliharaan bola bulu kamu mengingat ada banyak kandungan vitamin C dan mineral yang bisa membantu mendukung sistem kekebalan hamster seiring berjalannya waktu.

Mangga juga kaya akan kandungan serat, air dan protein yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan haamster dari masalah diare dan sembelit.

Kamu bisa memberikan buah mangga sebanyak 10% dari makanan utama mereka, itupun hanya boleh di berikan 1 kali dalam sepekan (seminggu).

Bahaya mangga untuk hamster

Walau pada dasarnya buah mangga tidak berbahaya bagi hamster kamu. Namun, ada suatu kondisi yang harus diperhatikan, tujuanya ialah supaya kamu dapat memastikan pengalaman yang aman dan sehat saat memberikan makan hamster.

Saat memberikan mango, pastikan bagian kulit luar di buang. Kulit buah mangga terkadang cukup tebal dan bergetah, jika ini dimakan hamster maka kemungkinan bisa menyebabkan mereka tersedak dan sakit perut.

Singkatnya, ada banyak alasan bagus untuk memberi peliharaan bola bulu kamu dengan mangga. Nutrisi dalam buah bisa membantu hamster kamu dalam tumbuh berkembang.

Walaupun begitu perhatikan lebih terhadap jumlah pemberian. Buah mangga tidak boleh lebih dari 10% dari makanan mingguan hamster kamu, dengan begitu kamu tidak perlu merasa ada yang dikhawatirkan.

Memberikan mango kepada hammster dalam jumlah banyak dan keseringan justru akan menyebabkan diabetes karena buah ini sangat kaya akan gula.

Bahkan efek buruknya bisa menjadi gemuk dan menyebabkan masalah kesehatan lain jika di beri berlebihan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar peliharaan.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel