CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Kambing Makan Daun Nangka? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bolehkah Kambing Makan Daun Nangka?

gambar daun nangka
Sumber foto : pixabay/sonamabcd
Healty99 - Apakah boleh memberikan kambing daun nangka sebagai makanan? Jawabnya adalah "Boleh" Daun nangka merupakan makanan kesukaan hewan ternak seperti kambing, domba dan sebagainya, tetapi ada baiknya kamu batasi saat pemberian.

Kambing bisa memakan daun nangka dengan baik dalam jumlah cukup, bahkan bukan yang baru saja di petik, daun nangka yang kering mereka juga mau makan asalkan bersih dari kotoran mupun tanah.

Daun Nangka untuk Kambing

Namun buat kamu yang penasaran, cobalah untuk memberikan sedikit daun nangka pada hewan ternak untuk melihat reaksi mereka terhadap makanan.

Secara umum hewan ternak seperti kambing, domba, biri-biri dan sebagainya mereka akan melahap daun satu ini dengan cepat. Bahkan jika kamu meletakan batang nangka ke dalam kotak makan mereka, mereka akan mengupas kulit batang secara bertahap hingga licin.

Apakah daun nangka berbahaya?

Daun naangka tidak berbahaya bagi kambing, tetapi sebaiknya tidak di berikan setiap hari dan secara berlebihan. Walau mereka adalah hewan herbivora alias pemakan tumbuh-tumbuhan tetapi tidak semua jenis tumbuhan aman untuk mereka.

Daun nangka adalah pakan yang aman bagi kambing, tetapi getahnya yang banyak bisa menyebabkan peliharaan kamu mengalami kembung dan gangguan pencernaan. Terlebih jika kamu memberikan dalam jumlah banyak dan masih segar.

Cara memberikan daun nangka pada kambing

Jika kamu hendak memberikan daun nangka pada ternak, cobalah untuk tidak memberikan daun yang masih segar secara langsung, tetapi diamkan daun terlebih dahulu pada tempat sejuk selama 1 atau 2 hari.

Tujuanya ialah untuk menghilangkan sedikit kadar getah putih yang ada pada tanaman. Walau hal ini akan membuat daun mengkerut dan layu, tetapi kamu tidak perlu khawatir karena kambing bisa memakan dedaunan kering tanpa masalah.

Mereka juga mau makan daun nangka kering yang sudah kecoklatan atau kuning dengan syarat tidak terkena tahan atau kotoran hewan.

Cara pemberian kedua kamu bisa campur dengan sejumlah makanan berupa rerumputan lain. Akan tetapi biasanya kambing akan memakan daun nangka terlebih dahulu, baru setelah habis mereka akan menyantap rerumputan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, cobalah berikan rumput terlebih dahulu baru setelah itu beri dengan daun nangka sebagai makanan tambahan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar peliharaan.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel