CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat dan Efek Samping Daun Kelor untuk Diabetes - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat dan Efek Samping Daun Kelor untuk Diabetes

gambar tanaman daun kelor
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Kelor atau marunggai merupakan penyebutan untuk tumbuhan dengan nama ilmiah Moringa oleifera, yaitu pohon yang umumnya ditanam sebagai peneduh karena memiliki daun rimbun.

Pohon kelor kerap di cari oleh sebagian orang untuk tujuan pengobatan, bagian yang digunakan ada pada pucuk daun pertengahan, tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda.

Penelitian mengungkapkan bahwa daun kelor alias marunggai memiliki sejumlah kandungan senyawa berupa alkaloid, flavonoid, fenolat, triterpenoid, steroid, dan tanin, serta adapun efektivitas antikanker, antiinflamasi, antibakteri dan antioksidan bagi tubuh.

Selain itu, adapun sekelompok vitamin dan mineral yang diantaranya protein, karbohidrat, zat besi, magnesium, kalium, kalsium, vitamin C, A, B, folat, serat, fosfor, selenium, zinc dan tembaga.

Karena banyaknya kandungan pada tanaman hal ini membuatnya di klaim bisa mengobati beberapa gangguan kesehatan seperti mengatasi hipertensi, penuaan dini, luka, sakit perut, peradangan serta mencegah infeksi.

Namun terlepas dari itu semua, adakah manfaat daun kelor untuk diabetes dan penyakit gula ?

Daun Kelor untuk Diabetes

Seperti yang kita ketahui, diabetes merupakan sebuah gangguan kesehatan atau gangguan metabolisme yang ditandai dengan tingginya kadar glukosa dalam darah akibat insufisiensi fungsi insulin.

Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, baik wanita maupun pria yang kurang menjaga pola hidup sehat, contoh seperti terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman manis serta kurang berolahraga.

Akan tetapi, terlepas dari penyakit diabetes, kencing manis atau gula darah tinggi pada dasarnya bisa di cegah dan di kontrol lebih awal.

Salah satu caranya ialah dengan mengatur pola hidup yang lebih baik dengan mengurangi konsumsi minuman dan makanan manis, serta yang pasti rutin beraktivitas atau olahraga.

Mengkonsumsi beberapa suplemen, ramuan herbal atau jamu dengan tujuan untuk menjaga kadar gula darah juga bisa menjadi pilihan. Salah satunya ialah kamu bisa memanfaatkan ekstrak dari daun kelor.

Menurut penelitian, tanaman kelor atau marunggai diketahui mempunyai kemampuan dalam menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Penelitian juga menunjukkan bahwa jika seseorang penderita gula darah alias diabetes rutin konsumsi daun kelor akan cenderung positif dengan berkurangnya indeks glikemik secara bertahap.

Adapun bentuk cara mendapatkan manfaat daun kelor ialah dikonsumsi dalam bentuk rebusan kemudian airnya di minum secara teratur. Selain itu, ada juga yang dikonsumsi dalam bentuk suplemen kapsul.

Efek Samping Kelor untuk Diabetes

Perlu kamu ketahui, walau sejumlah penelitian terhadap tanaman satu ini membuktikan bahwa ada efektivitas postif terhadap diabetes, dimana mampu mengontrol sekaligus mencegah masalah gula darah tinggi, akan tetapi sebaiknya kamu jangan konsumsi secara berlebihan.

Mengkonsumsi daun kelor dalam bentuk rebusan, suplemen atau lain sebagainya dengan tujuan untuk mengatasi diabetes dan gula darah boleh saja dilakukan, namun tetap dalam dosis yang terjaga dan tidak banyak.

Konsumsi daun marunggai secara berlebihan justru bisa menimbulkan efek samping hipoglikemia, yaitu suatu kondisi ketika kadar gula dalam darah berada di bawah normal.

Jika seseorang mengalami hipoglikemia, maka dampaknya bisa memicu gejala berupa kebingungan, kekeringan berlebihan, kepala terasa ringan, jantung berdebar-debar, gemetaran, kecemasan serta kesemutan.

Selain itu, efek samping secara cepat mungkin akan merasakan mual, muntah, sakit kepala serta gangguan cairan metabolisme.

Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir, efek samping dan bahaya yang telah di sebutkan tadi sebenarnya juga bisa dihindari dengan mengkonsumsi daun kelor dengan batasan.

Note : Harap untuk tidak menjadikan tanaman satu ini sebagai obat utama dalam mengobati masalah diabetes, gula darah atau kencing manis.

Jika kamu ragu kamu bisa konsultasi pada dokter atau ahli kesehatan untuk mendapatkan masukan, terlebih buat kamu yang memiliki gangguan riwayat penyakit, sedang mengkonsumsi obat-obatan serta ibu hamil.

Nah, itu lah beberapa manfaat dan efek samping daun kelor untuk diabetes atau gula darah.

"Informasi yang terkandung hanya untuk pengetahuan umum dan tidak sebagai saran sebagai medis"

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman herbal.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel