CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Mengenal Ikan Channa Bleheri, Cara Merawat, Pakan dan Harga - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Mengenal Ikan Channa Bleheri, Cara Merawat, Pakan dan Harga

Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Channa bleheri merupakan spesies ikan perdator air tawar dari keluarga snakehead atau kepala ular. Untuk marga Channa sendiri di ketahui ada banyak ragam jenis, namun kali ini saya akan membahas untuk spesies Bleheri yang mungil dan eksotis. 

Walau di kategorikan sebagai ikan predator namun banyak juga orang yang terpikat dan ingin memelihara Channa Bleheri sebagai ikan hias akuarium. 

Hal tersebut di karenakan Bleheri mempunyai corak sisik dan sirip yang cantik dan ukuran yang tak terlalu besar.

Mengenal Ikan Channa Bleheri

Yuk kenalan lebih jauh dengan ikan gabus satu ini, terutama jika kamu ingin menjadikan sebagai peliharaan akuarium.

Asal Channa Bleheri

Channa bleheri adalah ikan endemik yang berasal dari lembah Sungai Brahmaputra di negara bagian Assam dan Arunachal Pradesh di India. 

Ditemukan oleh seorang penjelajah bernama Heiko Bleher, yang kemudian untuk menghormati sang penemu digunakanlah nama belakang Bleher untuk menamakan ikan satu ini.

Walau begitu, pada kenyataanya hewan satu ini sudah tersebar di berbagai negara, termasuk juga Indonesia, dan seiring meningkatknya peminat yang ingin memelihara, kini ia telah banyak dibudidaya.

Pada dasarnya ikan ini sama seperti ikan gabus atau toman yang kita temui, ia memiliki sifat agresif layaknya predator dengan memangsa beberapa ikan kecil. 

Itulah sebabnya banyak juga orang menangkap dengan cara di pancing menggunakan umpan serangga atau umpan mainan.

Ciri Khas dan Bentuk Fisik

Ciri khas ikan Channa Bleheri ada pada warna dan ukuran tubuhnya, dimana saat masih remaja sisiknya berwarna kuning kecoklatan, kemudian akan berubah saat telah memasuki fase dewasa dengan warna corak yang beragam.

Saat memasuki dewasa sempurna sisik tubuh akan berubah menjadi kecoklatan dengan bintik biru dan hitam. 

Sedangkan corak tercantik ada pada bagian sirip-siripnya dengan perpaduan warna biru, orange dan hitam, itulah sebabnya ia juga di kenal sebagai ikan gabus pelangi atau snakehead rainbow (pelangi).

Terlebih, jika kamu bisa memberi perawatan yang benar, maka warna sisik akan bisa lebih tampak timbul dan mengkilap.

Selain karena warnanya yang cantik, banyak pengemar menyukainya karena ukuran tubuh yang tak terlalu besar. Yap, ikan Channa Bleheri memang tidak terlalu besar, ukuran maksimal hanya mencapai 17 cm.

Dengan ukuran yang tak terlalu besar, akan sangat mudah dalam menentukan tempat, ukuran akuarium dan pemberian pakan. 

Karakteristik dan Sifat

Kebanyakan ikan predator jenis snakehead sebenarnya tidak banyak bergerak, dan jika berenang di akuarium dia akan beregerak secara perlahan. 

Namun lain hal jika ada yang mengganggu, mangsa atau sesuatu yang bergerak di sekitarnya, ia akan berubah 180° menjadi agresif dan bergerak lincah.

Bahkan jika kamu meletakan di akuarium tanpa tertutup ia akan meloncat jika merasa terganggu, dan untuk ukuran dewasa bisa mengigit jari kamu jika memainkanya di atas air. 

Selain itu jangan meletakan Channa Bleheri dengan ukuran yang lebih kecil dan beberapa jenis ikan lain, karena bisa habis di makan.

Cara Merawat Channa Bleheri di Akuarium

Karena ikan satu ini ukuranya tidak terlalu besar, kamu bisa mendesain aquarium kamu dengan beberapa hiasan seperti tanaman, bebatuan dan pasir.

1. Ukuran akuarium

Jika kamu bertanya ukuran berapakah akuarium untuk ikan pelangi satu ini? Saya tentu tidak bisa menjawab. 

Kamu bisa mendesain akuarium dengan sesuai kebutuhan berdasarkan tempat yang nanti diletakan, dengan begitu kamu akan mengetahui berapa ukuran yang kamu butuhkan, atau mungkin kamu juga bisa mencoba dengan ukuran akuarium sedang sepeti 40x30x30 cm.

2. Memberi makan yang di sukai

Karena ikan ini adalah jenis predator, maka kamu bisa memberi jenis makanan mahluk hidup seperti jangkrik, ulat bumbung, udang kecil, belalang dan beberapa ikan kecil lainya seperti guppy atau neon.

Untuk pemberian pakan kamu bisa memberinya sehari 3 kali, yaitu pagi, sore dan menjelang malam. 

Tapi ini tidak bisa menjadi acuan yang tepat, dikarenakan berbeda ukuran ikan tentu porsi makan juga berebeda.

Bisa saja dalam sekali memberi makan hanya 3 sampai 4 ekor jangkrik, atau bahkan juga lebih.

3. Perwatan akuarium

Untuk perawatan akuarium harus di perhatikan, kamu dapat membersihkan akuarium paling tidak seminggu sekali atau hingga tampak tumbuh alga dan lumut. 

Jika terdapat tampak tumbuh alga dan lumut pada dinding kaca akuarium, segeralah di bersihkan agar tidak menjadi sarang penyakit bagi Channa Bleheri. 

Selain itu pergantian air sebaiknya berhati-hati agar ikan tidak stres dan tidak lebih dari 60% dari kapasitas akuarium.

Harga Ikan Channa Bleheri atau Gabus Pelangi

Di pasar atau di toko-toko ikan hias ia di jual dengan harga yang beragam, tergantung dari ukuran dan corak sisik. 

Untuk ukuran kecil atau anakan biasa di jual dengan kisaran harga Rp.75.000 hingga Rp.150.000. 

Sedangkan untuk remaja dan baru dewasa bisa di hargai mulai dari Rp.300.000 hingga Rp.600.000.

Namun harga tersebut kemungkinan bisa berubah sewaktu-waktu, terlebih jika stok masih melimpah.

Cukup sampai di sini pembahasan kita kali ini mengenai ikan Channa Bleheri, cara merawat, pemberian pakan hingga harga di pasaran. 

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar peliharaan.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel