CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Jenis-Jenis Tiger Fish Sumatera dan Beberapa Ikan yang Mirip - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Jenis-Jenis Tiger Fish Sumatera dan Beberapa Ikan yang Mirip

gambar ikan tiger barb sumatera
Sumber foto : istockphoto

Healty99 - Tiger fish Sumatera adalah ikan kecil anggota suku Cyprinidae dari genus Puntius. Ia sangat populer di kalangan pecinta akuarium karena kerap di jadikan ikan hias. 

Di beberapa daerah di Indonesia, khususnya Kalimantan Barat ia juga dikenal dengan nama ikan berbaju, atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai Sumatra barb atau tiger barb.

Ciri khas ikan satu ini ada pada corak alias belang di tubuhnya yaitu hitam orange, hitam kuning atau hitam putih. 

Baca juga : 18 Tanaman Air Untuk Akuarium

Karena corak sisik yang cantik tersebut membuat banyak orang jatuh hati dan ingin memelihara sebagai ikan hias akuarium. Terlebih lagi ukuranya juga yang tak terlalu besar hanya sekitar 3-7 cm.

Untuk jenis tiger fish Sumatra sendiri terbagi menjadi 4 macam yaitu Barbus tetrazona, Capoeta tetrazona, Barbodes tetrazona dan Capoeta sumatranus. 

Dari ke empatnya tersebut memiliki ciri khas yang sangat mirip, sedikit perbedaan hanyak terdapat pada corak belang saja, sehingga banyak orang menyebutnya dengan ikan belang Sumatera atau tiger barb.

Baca juga : 16 Tanaman Air Di Sekitar Rumah Kita

Sedangkan untuk untuk genus Puntius sendiri terdiri dari beberapa spesies dan memiliki ciri khasnya masing-masing.

Klasifikasi Lebih Rendah Jenis Puntius (Tiger Fish Sumatra atau Tiger Barb)

Klasifikasi lebih rendah yang di maksud ialah jenis lainnya dari ikan belang satu ini, walau memiliki corak dan bentuk yang berbeda namun ia masih dalam satu family atau kerabat dekat.

1. Cherry barb

gambar ikan ikan Cherry barb
Sumber foto : istockphoto
Cherry barb ( Puntius titteya ) adalah ikan air tawar tropis dari family Cyprinidae, Ia berasal dari Sri Langka, walaupun begitu ia juga bisa di temukan di Meksiko dan Kolombia.

Cherry barb kerap di jadikan ikan hias akuarium, ukuranya tak besar dengan tubuh yang relatif padat memanjang yang hanya mencapai 5 cm (2 inci). 

Baca juga : Akar Dan Kayu Aquascape Di Sekitar Kita

Betina berwarna coklat kekuningan di bagian atas dengan sedikit kemilau kehijauan, sedangkan pejantang berwarna pink kemerahan.

2. Rosy barb

gambar foto ikan Rosy barb
Sumber foto : istockphoto
Rosy barb ( Pethia conchonius ) merupakan spesies ikan barb merah muda yang tumbuh hingga mencapai 6 inci (14 cm), walaupun begitu kebanyakan rosy barb rata-rata hanya mencapai 6-7 cm saja.

Ia memiliki warna dominan kuning, namun saat memasuki musim kawin pejantan bisa memiliki warna sisik lebih berani.

3. Barb fiveband

foto gambar ikan Barb fiveband
Sumber foto : istockphoto
Barb fiveband ( Desmopuntius pentazona ) adalah spesies dari Cyprinidae, salah satu ikan air tawar yang berasal dari Asia Tenggara. 

Spesies ini populasinya terbatas pada aliran air hitam dan rawa gambut di Kalimantan bagian Barat Laut dan bahkan juga bisa di Semenanjung Malaysia.

Jenis ini sangat mirip dengan tiger barb Sumatera karena memiliki corak yang sangat menyerupai.

4. Ikan zebra

gambar ikan zebra
Sumber foto : pixabay/Kuznetsov_Peter
Selanjutnya ada ikan zebra (Danio rerio) yaitu salah satu spesies ikan bermarga Danio namun masih berkerabat dekat dengan ikan harimau. 

Hanya saja ia memiliki belang, sehingga dari kedua spesies ini tampak sangat berbeda.

Sesuai namanya ikan zebra, ia memiliki corak garis hitam putih secara horizontal. Itulah mengapa warna belangnya tersebut di kaitkan dengan hewan zebra.

Nah itulah beberapa klasifikasi paling rendah dan menyerupai tiger fish Sumatra yang kerap di jadikan ikan hias akuarium.

Beberapa Ikan Belang yang Mirip Dengan Tiger Fish 

Jika kamu ingin memelihara ikan belang seperti ini, namun tidak mau tiger fish sumatera. Mungkin saya bisa merekomendasi beberapa jenis ikan yang mirip, untuk itu berikut beberapa di antaranya :

1. Ikan badut

gambar ikan badut
Sumber foto : pixabay/Nile
Ikan badut atau giru, merupakan ikan belang air asin dari family Pomacentridae yang bisa kamu pelihara sebagai penganti tiger fish. 

Walau dari ukuran cukup berbeda dimana ikan badut memiliki panjang 6 cm hingga 18 untuk, namun ini bisa menjadi rekomendasi yang baik buat hiasan akuarium kamu.

2. Manfish

gambar ikan manfish Pterophyllum scalare
Sumber foto : istockphoto
Ini adalah jenis ikan hias air tawar yang dapat kamu temui dan bisa dijadikan pilihan untuk menghiasi akuarium.

Jenis ikan manfish terbilang sangat mudah dipelihara karena bisa dicampur dengan jenis ikan hias lain dalam satu akuarium. 

Selain itu, manfish juga memiliki ciri khas badan yang pipih, sirip memanjang serta corak sisik hitam putih.

3. Botia

gambar foto ikan botia
Sumber foto : istockphoto
Ikan botia memiliki warna kuning cerah dengan tiga garis lebar berwarna hitam. Habitat utama tinggal di perairan jernih dengan bebatuan sebagai dasarnya. 

Jenis ikan hias air tawar ini merupakan hewan yang aktif dimalam hari atau nokturnal. Untuk botia macan dan botia badut merupakan spesies ikan hias botia asli dari Indonesia. 

Kamu bisa mendapatkan botia di toko ikan hias dengan harga yang beragam mulai dari Rp5000 hingga mecapai Rp100.000 tergantung dari ukuran.

4. Siamese tigerfish

gambar ikan Datnioides pulcher
Sumber foto : istockphoto
Datnioides pulcher atau Siamese tigerfish adalah ikan Asia yang terancam punah yang berasal dari cekungan Chao Phraya, Mae Klong dan Mekong. 

Ia memiliki corak garis-garis kuning dan hitam vertikal sepanjang tubuh yang khas. Tigerfish siam sendiri dapat tumbuh hingga mencapai 40 cm (16 in) dengan rata-rata ukuran standar.

Nah cukup sampai disini pembahasan kita kali ini mengenai jenis-jenis tiger fish Sumatra dan beberapa ikan yang mirip. 

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar peliharaan.

Artikel terkait : 


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel