CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 9 Manfaat Minum Air Kunyit dan Gula Merah - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

9 Manfaat Minum Air Kunyit dan Gula Merah

gambar minuman kunyit dan gula merah
Sumber foto : pisabay/asundermeier
Healty99 - Air perasan kunyit dan gula merah merupakan ramuan tradisional yang sering di konsumsi oleh masyarakat Indonesia, atau biasa dikenal juga dengan nama jamu. Minuman satu ini sejak dari dulu hingga kini masih terus di lestarikan karena memiliki manfaatnya yang luar biasa.

Manfaat gula merah dan kunyit memang tidak diragukan lagi, terlebih dari segi khasiat untuk kesehatan tubuh dan mencegah beberapa gangguan penyakit harian.

Manfaat Air Kunyit dan Gula Merah

Kunyit adalah tanaman rimpang yang memiliki kandungan kurkumin, senyawa satu ini diketahui bersifat anti-inflamasi, anti-radang, anti-bakteri, anti-kanker dan antioksidan bagi tubuh.

Di sisi lain, gula merah merupakan sumber makan yang kaya mineral seperti zat besi, zinc, kalsium, kalium, polifenol, antioksidan, serta inulin. Hal ini bisa membuatnya sebagai pemanis namun aman untuk penderita diabetes.

Buat kamu yang ingin mengkonsumsi air kunyit dan gula merah sebagai jamu, adapun beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan. Salah satunya sebagai berikut.

1. Meningkatkan stamina

Yang pertama bisa meningkatkan stamina dan energi kamu saat beraktivitas sehari-hari atau saat kerja.

Hal ini dikarenakan gula merah bisa membantu meningkatkan zat besi, sehingga akan menjaga stamina tubuh tetap dalam kondisi stabil tanpa cepat merasa kelelahan.

2. Mengatasi pegal-pegal

Seperti yang telah di sebutkan tadi, kunyit dan gula merah merupakan jamu tradisional yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia untuk beberapa kondisi.

Masyarakat Indonesia memang sering meminum jamu dengan tujuan untuk mengatasi pegal-pegal, nyeri otot, nyeri sendi, kram otot, badan nyeri serta keluhan lain terkait aktivitas yang berlebihan.

3. Menyegarkan tubuh

Buat kamu yang setiap bangun pagi merasa badan terasa tidak nyaman, kurang bersemangat, lesu dan masih terasa lelah akibat aktivitas kemarin. Mungkin kamu bisa coba konsumsi ramuan herbal satu ini.

Gula merah dan kunyit diklaim bisa mengembalikan kinerja tubuh menjadi lebih baik saat sedang istirahat pada malam hari, sehingga saat bangun pada pagi hari tubuh akan terasa lebih segar dan ringan.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat air kunyit dan gula merah selanjutnya ialah bisa menjaga daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah terserang penyakit harian seperti flu, demam, meriang dan lain sebagainya.

Kemampuan ini didasari oleh beberapa kandungan senyawa yang berasal dari kedua bahan.

Selain itu, beberapa sifat seperti antioksidan, anti-inflamasi, anti-bakteri dan anti-radang juga ikut berperan aktif dalam melindungi tubuh kamu.

5. Mengatasi sakit perut

Tidak cukup sampai di situ saja, senyawa kurkumin pada kunyit yang bersifat antioksidan, anti-bakteri dan anti-inflamasi bisa mengatasi gangguan sakit perut terkait akibat kuman atau bakteri yang masuk ke dalam pencernaan.

Gula merah juga bisa kamu jadikan sumber energi sesaat jika kamu masih mengalami sakit perut, kram, diare dan kondisi lain sebagainya.

Jika kamu ingin coba menikmati, ada bagusnya konsumsi selagi hangat sehingga manfaat bisa di rasakan lebih cepat.

6. Mencegah radang sendi

Tahukah kamu bahwa senyawa kurkumin pada kunyit bisa mencegah seseorang mengalami radang sendi atau nyeri sendi.

Kemampuan ini didasari karena senyawa kurkumin mampu menghambat enzim dan protein yang mengakibatkan masalah inflamasi atau peradangan pada area persendian.

7. Mengatasi kembung

Kembung, begah, mual dapat di sebabkan karena adanya masalah pada area sistem pencernaan. Namun kondisi yang paling sering terjadi ialah karena adanya penumpukan gas pada bagian lambung dan usus.

Nah, jika kamu mempunyai masalah seperti yang telah di sebutkan. Kamu bisa mencoba minum air rebusan kunyit dan gula merah untuk merileksasi sekaligus menghangatkan perut agar menjadi lebih nyaman.

8. Memperlancar menstruasi

Sejak dari dulu hingga kini, jamu kunyit menjadi alasan mengapa banyak dikonsumsi oleh sebagian perempuan Indonesia yang sedang mengalami masa haid atau mens.

Kunyit dapat berperan sebagai estrogen sekaligus bisa bertindak sebagai pengganti fitoestrogen yang baik untuk wanita.

Di sisi lain, rimpang kunyit juga memiliki sifat emmenagogue, yaitu sebuah kondisi yang mampu menstimulasi aliran darah di area panggul dan rahim pada perempuan.

Dampak yang di berikan ialah bisa mengurangi rasa nyeri yang berlebihan serta memperlancar siklus mens hingga selesai.

9. Mengatur tekanan darah

Air kunyit diketahui bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau dikenal juga degan hipertensi.

Pasalnya tanaman rimpang satu ini mengandung kurkumin yang bisa bersifat antioksidan bagi tubuh, bahkan juga bisa berperan menurunkan tekanan darah secara tidak langsung.

Mengingat senyawa antioksidan juga ikut bertanggung jawab dalam mengatur tekanan darah di dalam tubuh.

Harap untuk tidak dikonsumsi setiap hari dan secara rutin, walau ramuan satu ini memiliki manfaat baik bagi kesehatan, tetapi konsumsi berlebihan bisa mengganggu sistem metabolisme tubuh.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman herbal.

Artikel terkait :

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel