CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Hamster Makan Sawi dan Pakcoy? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bolehkah Hamster Makan Sawi dan Pakcoy?

gambar hamster makan pakcoy
Sumber foto : istokphoto
Healty99 - Jika kita berbicara tentang sawi dan sejenisnya untuk hamster peliharaan, pada dasarnya makanan satu ini tidak buruk untuk sistem pencernaan mereka. Bahkan, jika kamu berikan bukan tidak mungkin mereka justru akan suka.

Mengingat hamster adalah omnivora, tentu mereka sejatinya mengkonsumsi sejumlah tumbuhan dan hewan. Itulah sebabnya kebanyakan dari hammster akan makan biji-bijian, buah, sayur dan serangga kecil.

Sebenarnya pencernaan hamster bisa mencerna sayur jenis sawi, pakcoy dan sejenisnya dalam jumlah cukup. Walaupun begitu sebaiknya kamu tidak memberikan secara berlebihan setiap hari sebagai makanan utama.

Bolehkah Hamster Makan Daun Sawi ?

Sawi dan pakcoy sangat bagus untuk sejumlah hewan pengerat seperti hammster, tetapi tetap porsi kecil dan tidak terlalu banyak.

Mengingat sawi juga kaya dengan nutrisi yang luar biasa seperti vitamin C, K, kalsium, dan masih banyak, sehingga hal ini memungkinkan baik untuk peliharaan berbulu kamu.

Namun yang menjadi permasalahan adalah, perut mereka kecil sehingga tidak bisa menampung terlalu banyak sayuran ini. Jadi kamu harus atur pemberian sesuai porsi dengan tubuh mereka.

Kemungkinan bahaya hamster makan sawi pakcoy

Meskipun sayuran sawi bermanfaat bagi peliharaan bola bulu kamu, namun memberi mereka makan secara berlebihan dan berkepanjangan bukanlah ide yang bagus. Mengapa ?

Sawi, pakcoy dan sejenisnya mengandung mineral kalsium yang cukup tinggi. Walau kalsium sangat penting dalam kesehatan tulang, tetapi hamster sendiri tidak bisa mengolah mineral satu ini jika dalam jumlah berlebihan.

Oleh karena itu ditakutkan akan menimbulkan dampak negatifnya seperti komplikasi kesehatan dan batu ginjal pada hewan berbulu kamu.

Di sisi lain sawi juga kaya akan serat. Serat memang baik untuk sistem pencernaan, namun terlalu banyak serat juga tidak baik karena bisa menyebabkan masalah sakit perut, kembung, dan diare.

Bahaya lain juga mengintai jika kamu memberikan hamster dengan sayuran yang tidak di cuci dengan bersih. Sawi yang baru di petik bisa saja sudah terkontaminasi racun pestisida atau zat-zat kimia.

Jika kamu memberikan secara langsung sayuran tersebut pada hewan peliharaan, maka bisa jadi hamster akan mengalami keracunan.

Berapa banyak jumlah hamster makan sawi atau pakcoy?

Kamu boleh sayuran dalam bentuk potongan kecil-kecil terlebih dahulu, setelah itu baru di berikan kepada hewan peliharaan.

Jangan berikan secara banyak hingga menumpuk, namun tunggu selama 24 jam untuk melihat hamster tidak mengalami gejala atau prilaku aneh sesudah makan.

Jika tidak terdapat indikasi masalah, maka kamu bisa meningkatkan ukuran porsinya sedikit lebih besar.

Hindari untuk memberikan hamster dengan sawi lebih dari 3 kali dalam sepekan atau 3 kali dalam 1 minggu.

Manfaat Sawi untuk Hamster

Sayuran satu ini menjadi sumber fosfor dan potasium yang baik bagi mereka. Fosfor memiliki manfaat dalam meningkatkan energi dan meningkatkan perbaikan sel dalam jaringan tubuh.

Di sisi lain, manfaat utama sawi dan pakcoy untuk hamster juga di dasari akan kandungan vitamin C dan K yang cukup tinggi.

Vitamin K pada sayur sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan reproduksi, mengatur kalsium dalam tubuh, menjaga metabolisme tulang serta meningkatkan pembekuan darah saat terjadi cidera.

Vitamin C berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi bagi hewan pengerat, mencegah penyakit kudis dan kulit, meningkatkan pembentukan tulang rawan dan kolagen serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Singkatnya :Jadi, jika di tanya apakah hamster boleh makan sawi, pakcoy atau sejensinya ? Maka jawabnya adalah " Ya". Peliharaan bola bulu kamu dapat mengkonsumsi sayuran satu ini, tetapi dalam porsi kecil.

Meskipun sawi tidak beracun bagi hamster, makan terlalu banyak sawi justru bisa memicu sejumlah masalah pada sistem pencernaan, karena perut mereka termasuk sensitif.

Oleh karena itu, pertimbangkan dalam memberi makan sayur sawi dan pakcoy kepada hamsster, jangan di jadikan sebagai makanan utama mereka.

Bahkan lebih bagus kamu menyeling makanan mereka dengan makanan lain untuk tujuan memperkaya nutrisi.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel