CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Memberi Susu Sapi Murni untuk Hamster? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bolehkah Memberi Susu Sapi Murni untuk Hamster?

gambar usus di tuang dalam gelas
Sumber foto : pixabay/Couleur
Healty99 - Hamster merupakan hewan mamalia dimana saat mereka kecil akan menyusu pada induk. Terlepas dari itu semua, sebagai pemilik hewan seperti halnya hamster, tentu kita ingin mendambakan peliharaan kita sehat dan aktif.

Salah satu cara kita merawat peliharaan tersebut ialah dengan memberi makan secara rutin, merawat, serta membersihkan kandang mereka.

Terkadang kita juga memberi banyak jenis makanan dengan tujuan supaya hamster kecil bisa terpenuhi kebutuhan nutrisinya, contoh seperti rutin memberi makanan seperti sayuran, biji-bijian, buah, serta serangga kecil.

Ada kalanya juga kita berfikiran untuk memberikan susu sapi murni, mengingat sejumlah hewan mamalia lain seperti kucing boleh minum susu, walau dalam jumlah yang tidak banyak.

Lalu bagaimana dengan hamster? Bolehkan mereka meminum susu sapi murni?

Hamster Minum Susu Sapi

Ada banyak makanan yang aman bagi manusia justru berbahaya bagi hewan. Sebagian orang terkadang suka memberi susu kepada peliharaan mereka, memang ini adalah bentuk sebagai perawatan dengan tujuan memberi makan atau minum.

Tetapi yang perlu kamu ketahui ialah, tindakan pengasuhan ini terkadang bisa menjadi masalah bagi sejumlah hewan peliharaan kita.

Misal, makanan hamster yang disukai terdiri dari kacang-kacangan, biji-bijian, buah dan serangga. Baik itu yang hidup dialam liar maupun di dalam kandang.

Karena hammster tidak sepenuhnya vegetarian alias herbivora, tentu sedikit masuk akal secara teori bahwa mereka mungkin bisa saja mengkonsumsi susu sapi atau produk lainnya seperti keju.

Tetapi nyatanya itu salah, susu dan produk lainnya diketahui tidak terlalu baik untuk mereka.

Susu memang beracun bagi hamster, tetapi ada risiko serius terkait dengan pemberian susu kepada hammster yang perlu di ketahui oleh pemilik hewan kecil ini.

Bahaya susu murni bagi hamster

Meskipun susu dari hewan sapi, kambing, atau bahkan susu kedelai tidak selalu berbahaya, namun bukan berarti tidak memiliki resiko.

Hamster membutuhkan tempat tinggal yang bersih, kering dan hangat agar tetap sehat.

Dengan adanya susu maka ada kemungkinan bisa tumpah di kandang mereka, artinya jika susu tumpah atau menetes ke dalam kandang hamster, hal itu bisa menyebabkan alas tempat tidur mereka menjadi basah dan memicu jamur maupun lalat untuk hinggap.

Susu merupakan makanan (minuman) yang cepat rusak juga dan bisa menjadi lingkungan yang sempurna bagi kuman atau hewan lainnya berkembang biak.

Jadi meninggalkan susu untuk diminum hamster di dalam kandang bukanlah ide yang bagus.

Meskipun bayi hammy sama seperti kebanyakan bayi mamalia lainnya yang minum susu, namun enzim yang mereka hasilkan untuk mencerna susu menghilang begitu mereka beranjak dewasa.

Oleh karena itu ada banyak hewan lain mengalami masalah perut jika diberi susu sapi saat pertama kali.

Memberi susu pada hamster terkadang dapat menyebabkan mereka mengalami diare, menyebabkan dehidrasi dengan cepat serta bahkan bisa berakibat fatal bagi kesehatan peliharaan bola bulu kamu.

Bisakah bayi hamster minum susu sapi?

Susu sapi bukanlah bagian dari makanan alami untuk hamster, baik yang masih bayi atau dewasa. Namun bagaimana jika memberikan sedikit susu kepada bayi hammster? Apakah hal tersebut aman?

Ada 3 alasan mengapa kamu diharuskan jangan memberikan susu kepada bayi hammster, salah satunya ialah sebagai berikut :

  1. Susu untuk hamster sangat berbeda dengan jenis susu sapi, kambing atau hewan lainnya. Jika kamu memiliki bayi hammy yang terlantar karena indukan mati atau tidak mau merawat, maka bicarakan hal tersebut dengan dokter hewan untuk mendapatkan formula terbaik.
  2. Terlalu banyak menyentuh atau memengang bayi hamster dengan tujuan memberi makan justru dapat membuat ibu hammy stres. Sebagai indukan tentu mereka mempunyai cara tersendiri dalam merawat anaknya, jadi jika kamu mengganggu bayi hammy ada kemungkinan nanti indukan akan mengkanibal bayinya sendiri untuk membela diri.
  3. Perubahan pola makan justru bisa membuat bayi hamster sakit, bahkan karena pemberian susu yang berbeda justru bisa membuat indukan engan untuk merawat anakanya kembali.

Singkatnya, walau susu sapi murni tidak berbahaya bagi mereka hingga mematikan, namun hal terbaik ialah untuk tidak menghadirkan asupan satu ini kepada mereka.

Mengingat hamster dewasa tidak terlalu membutuhkan nutrisi yang terkandung dalam susu. Hal yang sama juga berlaku pada bayi hammster yang masih mungil.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel