CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Hamster Makan Coklat? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bolehkah Hamster Makan Coklat?

gambar hamster makan cokelat
Sumber foto : pixabay/PublicDomainPictures
Healty99 - Dari kue, puding, brownies, jus, susu dan coklat merupakan makanan favorit setiap orang, namun bagaimana dengan hamster? Bisakah hewan satu ini mengkonsumsi olahan coklat atau produk sejenis?

Hamster adalah omnivora, mereka suka makan apa saja namun tentu tidak semua makanan aman bagi mereka.

Sejatinya di alam liar hamster memakan sayuran, rumput, buah, biji dan serangga kecil untuk bertahan hidup.

Sedangkan hamster yang di perlihara tentu kita cenderung memberikan banyak perhatian lebih terhadap makanan, bahkan mencoba segala bentuk makanan kepada mereka.

Walaupun mereka bisa makan apa saja, namun kamu tidak boleh memberi makan hamster dengan cokelat. Cokelat dalam bentuk apa pun, minuman, makanan kering dan sebagainya tidak aman untuk dikonsumsi haamster.

Apakah coklat boleh dimakan hamster?

Jawabnya adalah "Tidak" cokelat justru sangat berbahaya bagi mereka. Bahkan, hewan peliharaan lucu kamu bisa mati karena mengonsumsinya.

Mengapa hal bisa terjadi,? Cokelat mengandung bahan kimia yang dikenal sebagai Theobromine. Ini adalah senyawa alkaloid ini merupakan senyawa pahit yang berasal dari kulit biji kakao.

Semua jenis hamster tidak dapat mencerna Theobromine dengan baik, terlebih lagi mereka memiliki sistem metabolisme yang lambat .

Tidak hanya alkaloid saja, adapun bahan berbahaya lain untuk hamster yang bisa ditemukan pada cokelat, yaitu adalah kafein.

Kafein dapat mempengaruhi sistem saraf pusat mamalia kecil ini, dan menyebabkan stres bahkan hingga kematian.

Gejala hamster makan coklat

Jika peliharaan berbulu kamu tanpa sengaja makan coklat, adapun reaksi yang akan terjadi ialah terlihat lesu, diare, kehilangan nafsu makan, perubahan prilaku, sering buang air kecil.

Bahkan gejala yang tidak tampak coklat bisa mempengaruhi karakteristik hewan, detak jantung berubah serta tidak normalnya tekanan darah.

Jadi kika kamu melihat peliharaan berbaring miring, maka kamu harus segera mencari perhatian medis dari dokter hewan. Ciri-tersebut bisa saja hamster memiliki kecurigaan yang harus di beri tindakan medis.

Apakah dark cokelat aman untuk hamster?

Cokelat hitam justru sangat berbahaya dan harus di jauhkan agar tidak termakan untuk hamster.

Ini karena ini cokelat lebih terkonsentrasi dan mengandung lebih banyak kakao per setiap gramnya ketimbang susu.

Bahkan bisa dikatakan dark coklat adalah racun untuk hamster.

Apakah cokelat susu aman untuk hamster?

Sama saja, meskipun coklat susu tidak baik untuk dikonsumsi hewan mungil ini, namun coklat susu lebih aman daripada jika peliharaan kamu mengonsumsi cokelat hitam.

Tetapi ingat sama saja dan jangan di berikan, terlebih produk susu coklat terkadang mengandung gula yang bisa memicu penyakit bagi hammster.

Apakah cokelat putih boleh?

Cokelat putih sebenarnya jauh lebih tidak beracun bagi hamster ketimbang jenis coklat hitam ataupun dark coco.

Setidaknya coklat putih mengandung sekitar 10% hingga 50% kakao padat, sementara cokelat hitam terbuat dari 90% kakao murni.

Namun tetap saja, mengapa kamu harus memberikan coklat jika masih ada banyak makanan lain yang lebih sehat untuk mereka.

Singkatnya, semua jenis varian cokelat, baik coklat hitam, dark coco, coco powder, susu, atau cokelat putih, tidak boleh di berikan pada hamster karena berpotensi mematikan bagi mereka.

Jangan pernah memberi makan cokelat entah itu sudah diolah menjadi produk makanan kemasan dan lain sebagainya kepada hamster.

Jika peliharaan bola bulu kamu makan cokelat dan menunjukkan tanda-tanda tidak nyaman atau tidak biasa maka segera bawa ke dokter hewan untuk di beri tindakan medis.

Meskipun hamster pada dasarnya dapat menikmati banyak makanan manusia, namun cokelat menjadi salah satu yang tidak boleh disantap mereka.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel