CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Mengatasi Sinyal Lemah di Daerah Terpencil - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Mengatasi Sinyal Lemah di Daerah Terpencil

Gambar jejaringan media sosial
Sumber foto : pixabay/Pixelkult 
Healty99 - Saat berkunjung ke desa, hutan atau daerah terpencil memang terkadang sulit untuk mendapatkan jaringan sinyal. Bahkan hanya sekedar menelpon dan mencari 1 atau 2 garis sinyal sangat payah karena kerap hilang.

Lantas bagaimana hal ini bisa terjadi, padahal kartu seluler dan jenis sinyal yang kita gunakan adalah 4G yang populer di Indonesia, baik itu LTE maupun Sitra WiMAX. Tetapi tetap saja sulit untuk mendapatkan jaringan yang stabil.

Perlu kamu ketahui, pada dasarnya di sejumlah daerah terpencil sudah ada sinyal 4G yang menyebar, hanya saja kekuatan jaringan cukup berbeda-beda, entah itu masalah data ataupun yang memang sinyal terhalang masuk.

Cara Mendapatkan Sinyal di Daerah Terpencil

Tetapi kamu tidak perlu khawatir, jika kamu sulit mendapatkan jaringan sinyal akibat sedang berada di lokasi terpencil, desa, hutan atau sebagainya. Cobalah ikuti beberapa tips di bawah ini untuk mendapatkan sinyal.

1. Optimalkan jaringan seluler

Mengapa kamu harus mengoptimalkan jaringan seluler? Sebenarnya ini adalah cara pertama yang bisa kamu coba supaya ponsel bisa mengatur jaringan yang sesuai dengan wilayah kamu saat ini.

Pilihan jaringan pada ponsel biasanya memiliki urutan LTE/4G, 3G dan 2G. Jadi jika di lokasi kamu saat ini sudah ada jaringan 4G maka kamu bisa gunakan jaringan 4G, tetapi jika di wilayah hanya terdapat 3G maka kamu bisa ubah ke jaringan 3G maupun 2G.

Cara ini sederhana tetapi cukup efektif untuk mendapatkan sinyal agar bisa menghubungi orang lain, walau terkadang tidak terlalu kuat dan sering delay.

2. Restart ponsel kamu

Terkadang saya sering pergi kelokasi seperti hutan atau kawasan terpencil saat sedang mengunjungi pemukiman. Pada saat sampai di sana tiba-tiba ponsel tidak dapat berfungsi dengan baik karena perubahan lokasi secara mendadak, hal yang sama juga berlaku pada hilangnya sinyal.

Bahkan ponsel terasa sangat panas karena bekerja untuk mendapatkan jaringan internet, sehingga membuat kinerjanya menjadi lebih buruk.

Nah, dalam mengatasi masalah ini biasanya saya melakukan restart ulang ponsel atau me-refresh supaya memaksimalkan prosesor smartphone serta merubah jaringan menjadi 3G.

Nyatanya hal ini terkadang bisa mendapatkan sinyal cukup baik, walau hanya sekedar mengirim chat atau sms.

3. Unduh apk penguat sinyal

Kedua kamu bisa coba dengan unduh aplikasi penguat sinyal seluler. Pilih salah satu apk penguat jaringan yang ada di playstore maupun app store pada ponsel smartphone kamu.

Cara kerja aplikasi ini biasanya dengan melacak kecepatan internet bersamaan fitur coverage map, alias kemampuan mendeteksi lokasi tertentu untuk mengetahui jaringan sinyal yang kuat.

4. Gunakan alat penguat sinyal

Berikutnya kamu bisa coba menggunakan alat penguat sinyal. Alat ini bekerja dengan menangkap jaringan pada satu titik sekaligus mengubah sinyal yang lemah tersebut menjadi lebih kuat.

Sebenarnya ini adalah alat tambahan yang umumnya terdiri dari tiga komponen, salah satunya ialah booster, antena serta repeater. 

Buat kamu yang tidak bisa lepas dari hp tentu alat ini sangat dibutuhkan dan bisa kamu bawa ke lokasi terpencil atau pelosok, kemudian dinyalakan saat sedang membutuhkan sinyal cukup kuat.

5. Gunakan kartu seluler tertentu

Tidak semua provider jaringan internet dapat menjangkau ke seluruh pelosok Indonesia. Bahkan biasanya hanya terdapat satu tower sinyal yang mendiamin suatu kawasan, sehingga hanya mendapatkan sinyal jika menggunakan kartu seluler yang terkait provider tersebut.

Contoh misalnya kamu menggunakan kartu seluler dan jaringan telkomsel, tetapi faktanya saat di bawa ke lokasi terpencil seperti desa, hutan dan sejenisnya sinyal terkomsel sulit didapat.

Oleh karena itu kamu bisa coba ganti kartu seluler kamu dengan provider yang memiliki jaringan di sana entah itu XL, 3, exis dan lain sebagainya.

6. Tempat terbuka dan tinggi

Cara mengatasi sinyal lemah di daerah terpencil selanjutnya ialah dengan mencari lokasi atau tempat yang terbuka (luas) dan tinggi seperti bukit. Hal ini bertujuan supaya ponsel bisa menangkap jaringan sinyal lebih mudah tanpa terhalang perpohonan atau lingkungan sekitar.

Tetapi tidak harus mencari tempat yang tinggi seperti pohon atau tebing, kamu bisa coba dengan berjalan-jalan sebentar sebentar sambil keliling untuk mendapatkan lokasi yang tepat.

Nah, itulah cara mendapatkan jaringan sinyal di beberapa lokasi yang sulit seperti hutan, pelosok ataupun kawasan terpencil lainnya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar teknologi.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel