CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Ciri-Ciri Hamster Sedang Stres dan Cara Mengatasinya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Ciri-Ciri Hamster Sedang Stres dan Cara Mengatasinya

gambar hamster lagi main serbuk kayu
Sumber foto : pixabay/metalboy25
Healty99 - Kamu mungkin tidak mengetahui bahwa hamster peliharaan kamu sedang mengalami stress. Sama seperti kucing, anjing atau bahkan kita sendiri juga kerap mengalami stres karena beberapa kondisi.

Tetapi kamu tidak perlu khawatir, selagi cepat menyadari bahwa hamster sedang stress maka kamu bisa menyelamatkan mereka dari masalah kesehatan.

Oleh karena itu yang terpenting ialah mengawasi pola prilaku keseharian mereka saat di dalam kandang.

Baca juga : Cara Merawat Baby Hammy Tanpa Indukan

Ciri-Ciri Hamster Stress

Stress merupakan keadaan terhadap perasaan yang tidak nyaman, tertekan, ketakutan serta keterpaksaan karena tidak menginginkan. Pada hewan tentu berlaku hal yang sama jika mereka tidak menyukai sesuatu.

Berikut beberapa ciri-ciri atau gejala saat hamster sedang stres yan bisa kamu ketahui.

Baca juga : Penyebab Induk Hamster Mau Makan Anaknya

1. Menggigit

Pertama kamu bisa tandai mereka dengan banyak menggigit benda, entah itu mainan mereka, kandang atau bahkan kamu sendiri di gigit karena menyentuh mereka.

Perilaku ini menandakan bahwa hammy merasa tidak nyaman dan tampak agresif, baik itu karena lingkungan tempat tinggal atau juga bisa karena penyakit.

2. Bulu rontok atau kotor

Ciri-ciri kedua yaitu adalah bulu mereka rontok, menipis atau gundul pada beberapa bagian karena perubahan emosi dan hormon dalam tubuh.

Baca juga : Beberapa Makanan Berbahaya Bagi Hamster

Selain itu hamster merupakan hewan yang pembersih, mereka suka membersihkan diri dengan menggunakan pasir, serbuk kayu atau air dari minuman mereka.

Tetapi karena stres sehingga tidak ada waktu untuk merawat diri, sehingga tampak menjadi lebih kotor dan acak-acakan.

3. Hiperaktif

Hamster juga termasuk hewan yang tenang, tidur dan suka makan. Saat mereka sedang stres sifat justru akan berubah 100% menjadi lebih hiperaktif di dalam kandang.

Contohnya prilakunya ialah suka berlarian kesana dan kemari, memanjat, dan suka memaksakan diri.

4. Sering mengeluarkan suara

Jika peliharaan kamu sebelumnya adalah tenang, namun beberapa hari kemudian sering mengeluarkan suara atau ribut didalam kandang.

Pastikan kamu harus memeriksa apa yang sedang terjadi, biasanya mereka mengalami ketakutan, tertekan, merasa tidak nyaman dengan lingkungan atau karena gelisah dan takut.

Penyebab Hamster Stress

Beberapa ciri-ciri diatas merupakan salah satu tanda bahwa peliharaan kamu sedang mengalami kondisi tidak nyaman atau stres.

Meskipun kamu bisa lakukan pencegahan dengan konsultasi ke dokter hewan agar hamster diberi penanganan terhadap strres, tapi jika kamu tidak tahu penyebabnya maka bisa jadi stres akan terulang kembali.

Oleh karena itu mengetahui penyebab hammy bisa stres juga termasuk penting, karena dapat digunakan sebagai pencegahan.

1. Pengaruh lingkungan

Hamster bisa mengalami keseringan stres karena pengaruh lingkungan tempat ia tinggal, contohnya terlalu banyak lalu-lalang orang, suara bising atau keras serta tempat kandang yang kotor.

Hammy tidak menyukai suara-suara yang bising, karena hal tersebut akan membuat mereka terkejut dan merasa takut. Maka bagusnya hindari menempatkan kandang pada lingkungan yang bising.

2. Banyak menyentuh

Terlalu sering menyentuh, mengelus atau mengangkat mereka kesana kemari akan membuat peliharaan merasa tidak nyaman.

Hammster sangat menyukai kebebasan dalam bermain maupun bersantai, jadi jangan keseringan ganggu mereka di dalam kandang, terutama saat mereka sedang menyantap makanan.

Sentuhlah mereka dalam batas wajar selayaknya tuan dengan peliharaan, sehingga hamster dapat merasa lebih aman tanpa ada kecemasan.

3. Hewan lain

Di alam liar, hammy merupakan hewan yang rentan di mangsa oleh hewan seperti kucing, serigala, ular, elang dan predator lainnya.

Keberadan hewan seperti kucing liar, burung atau hewan lain mungkin bisa membuat hamster merasa takut, cemas dan gugup. Sehingga pada akhirnya merasa terancam dan stress di dalam kandang.

4. Kandang yang sesak

Penyebab hammster stress berikutnya ialah bisa di sebabkan oleh kadang yang terlalu sesak, baik itu sesak karena tumpukan barang dan mainan maupun dipenuhi oleh koloni.

Terlalu banyak hammy dalam satu kandang juga bisa membuat kekacauan, terlebih jika salah satu dari mereka ada yang agresif dan menguasai kandang dengan bersifat teritorial.

Nah, itulah beberapa penyebab mengapa hamster bisa stress di dalam kandang maupun di luar.

Cara Mengatasi Hamster Stres

Hal terpenting yang harus kamu lakukan jika peliharaan bola bulu kamu stres adalah dengan membawanya ke dokter hewan.

Dokter hewan dapat memeriksa tanda-tanda sakit dan memberi saran tentang cara mengobati sttres hamster.

Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa kandang hammy berukuran sempurna untuk mereka dengan membuat banyak ruang untuk berolahraga, makan, minum dan bersantai.

Tips lainnya ialah, pastikan kandang berada di bagian rumah yang tenang, jauh dari hewan atau peliharaan lain serta tanpa banyak langkah kaki orang.

Rutin membersihkan kandang dengan membuang kotoran dan mengganti alas dapat mengurangi stres mereka. 

Pastikan juga jangan dekatkan bahan kimia, parfum atau benda berbau menyengat lainnya ke peliharaan kamu.

Bisakah hamster mati karena stres?

Hammy sangat rentan terhadap masalah stres dan penyakit, stres yang tiba-tiba dapat memberikan tekanan ekstra pada jantung dan organ tubuh lainnya.

Jika mereka sudah tua atau memiliki kesehatan tubuh yang buruk, mereka bahkan lebih berisiko mengalami kematian mendadak.

Cukup sampai di sini pembahsan kali ini dan baca terus informasi lainnya seputar hammy di healty99.com

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel