CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 9 Penyebab Mengapa Hamster Mau Makan Anaknya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

9 Penyebab Mengapa Hamster Mau Makan Anaknya

gambar hamster lagi menyusui anak
Sumber foto : pixabay/SanneKTM
Healty99 - Hal tak terduga bisa terjadi didalam kandang hamster, seperti kejadian mengerikan dimana menemukan indukan hammy sedang memakan anak-anaknya yang baru lahir. Itu sebababnya penting memang untuk ketahui mengapa kondisi seperti ini bisa terjadi dan apa penyebab serta cara mengatasi permasalahan seperti ini? 

Perlu kamu ketahui hamster bisa sangat sensitif dan mengerti dengan kesehatan keturunannya, oleh karena itu mereka juga dapat melakukan hal-hal yang tak terduga sebagai respons stres secara alami.

Jika kamu sedang dalam situasi seperti yang di sebutkan, maka kamu harus bisa mencoba memahaminya dengan baik mengapa ini bisa terjadi. Secara umum penyebabnya mungkin ada pengaruh dari faktor stres, ruang kandang yang sempit, kotor, bau maupun karena penyakit.

Sedikit informasi mengenai hammy, hewan satu ini sama seperti kebanyakan hewan pengerat lainnya dimana bisa cepat hamil. Hamster mulai bereproduksi sejak usia 10 minggu dan setidaknya mampu menghasilkan 3 - 20 bayi (tergantung dari usia dan jenis).

Masa kehamilan hamster umumnya berlangsung sekitar 16 hingga 22 hari. Saat lahir bayi masih buta, tuli, dan tidak mampu bergerak bebas, oleh karena itu masa-masa seperti ini sangat di butuhkan perawatan dari indukan. 

Itulah sebabnya memahami karakteristik indukan hammy memahami memang harus diperhatikan lebih, hal ini bertujuan untuk mencegah mereka memakan anakan secara keseluruhan.

Penyebab Hamster Memakan Anak Bayinya

Kejadian hamster memakan anaknya tidak selalu terjadi, mengingat ada beberapa faktor pendukung mengapa hal tersebut bisa terjadi. Sebagai alasan, berikut beberapa penyebab mengapa indukan hammy menjadi kanibal.

1. Makanan yang kurang

Hamster induk yang sedang masa menyusui membutuhkan sumber makanan lengkap dengan tujuan untuk memberi nutrisi dia dan bayinya. Mengingat ia memproduksi susu untuk banyak bayinya agar bisa tumbuh dan kembang. 

Jika ibu hammy memiliki sesuatu yang kurang dalam makanannya, ia mungkin memakan anaknya dalam mendapatkan makanan yang layak.

Ibu hammy membutuhkan asupan protein ekstra dalam makanan saat mereka sedang hamil dan menyusui, sedangkan makanan komersil mereka umumnya hanya sayuran, buah dan biji-bijian yang mengadung sedikit protein.

2. Terdapat masalah pada bayi

Untuk beberapa kasus mengapa induk hamster kanibal terhadap anaknya karena kondisi kesehatan mendasar yang tidak kamu sadari terjadi pada bayinya. 

Secara alami hewan memiliki insting yang kuat terhadap kesehatan banyi mereka, bahkan akan merasakan ada yang tidak beres dengan ditanda tingkah laku yang tidak biasa seperti mereka sering menolak keberadaan anaknya. 

Sebagai contoh masalah tersebut bisa dikarenakan cacat genetik hingga penyakit bawaan dari lahir. Ibu hammy mungkin tidak selalu memakan bayinya, tetapi kemungkinan besar mereka tidak akan merawatnya karena mengalami kelainan. 

3. Kelelahan dalam merawat

Meskipun sangat jarang hamster melahirkan hingga 20 anak dalam satu waktu. Tetapi jika angka kelahiran tersebut mendekati tentu akan membuat indukan terasa melelahkan dalam merawat anaknya. 

Jika induk hammy merasa kelelahan dalam merawat atau tidak mampu lagi, mereka mungkin akan makan beberapa ekor dan menelantarkan sebagian kecil untuk mengurangi kekurangan makanan. 

Ibu hammy pastinya tahu bahwa dia tidak bisa menghasilkan nutrisi dalam cukup banyak untuk membuat mereka semua tetap hidup. 

Mengingat hamster hanya memiliki 12 atau 6 pasang puting. Jika terlalu banyak anak tentu sisanya tidak akan mendapatkan susu sebagai makanan.

4. Upaya melindungi

Jika induknya merasa terganggu atau terancam akibat dari lingkungan sekitarnya, dia mungkin sebenarnya ingin mencoba untuk menyelamatkan anak-anaknya dari bahaya. 

Bahkan indukan mampu berpikir bahwa dengan anak-anaknya dimakan bisa mengatasi masalah tersebut yang padahal salah.

Kondisi seperti ini kecil kemungkinan terjadi, tetapi adapun bentuk upaya hamster memakan anakan karena bisa jadi melindungi dari hewan lain seperti kucing, tikus atau sumber kekacauan yang bising sehingga induk hammy menganggap bahaya bagi bayi. 

5. Stress

Pengaruh hormon yang dihasilkan hewan dan dikombinasikan dengan stres akibat lingkungkan bisa menyebabkan induk hamster memakan bayinya satu persatu. 

Perasaan yang tidak nyaman dengan lingkungannya dan ancaman bisa membuat mereka merasa stres atau takut, sehingga pada akhirnya ia akan memakan bayinya sebagai respons tak terduga.

Oleh karena itu akan lebih baik jika kamu meletakan kandang induk hammy yang baru lahir pada tempat yang tenang dan sunyi, tetapi harus di beri pengawasan setiap beberapa jam sekali untuk mengetahui prilaku mereka.

6. Bau yang berubah

Tahukah kamu bahwa sebenarnya kita tidak boleh menangani bayi hewan yang baru lahir. Penyebabnya ialah induk hewan sangat sensitif terhadap bau pada bayi mereka. 

Selain itu tujuan untuk menyentuh atau memberikan pertolongan dini dapat menyebabkan penolakan dari indukan atau bahkan lebih buruk. 

Kamu mungkin tidak menyadarinya, tetapi bagi hewan aroma tubuh yang berbeda terkait anaknya bisa berakibat fatal karena merasa asing.

Menangani bayi hammy sebelum mereka mencapai usia 3 minggu sebaiknya dihindari, karena hal tersebut mungkin akan menyebabkan ibu menolak dan memakan bayi yang kamu sentuh. 

Lebih buruk lagi indukan hamster akan mencampakan anak mereka dan tidak mau mengurus, oleh karena itu jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hindari kontak secara terus-menerus.

7. Belum berpengalaman

Tidak semua makhluk hidup termasuk memiliki naluri keibuan, termasuk itu juga pada hamster. 

Jika peliharaan kamu masih sangat muda dan belum berpengalaman tetapi sudah memiliki bayi, mereka mungkin tidak tahu cara merawat dengan benar karena ada perubahan yang dialami pada tubuhnya.

Kurangnya pengalaman atau naluri alami untuk merawat sudah pasti akan berakibat buruk, bahkan ibu hammy tidak segan untuk memakan bayinya.

8. Tidak disengaja

Hamster peliharaan kamu mungkin tidak bermaksud membunuh bayi mereka sendiri. Induk hamster mungkin tanpa sengaja mencekik atau menindih anak-anaknya saat mereka menyusui. 

Bahkan mereka juga dapat melukai atau membunuh secara tidak sengaja saat memindahkan anak-anak menggunakan mulut mereka.

Oleh karena itu jika indukan hammy tanpa sengaja membunuh bayi mereka, secara alami mungkin akan memakanya untuk menyingkirkan sepenuhnya dari dalam kandang sebagai sumber nutrisi. 

Alasan ini tidak ada hubungannya dengan respons stres, ketidakseimbangan hormon atau intuisi, ini hanya kejadian yang tidak disengaja, jadi ibu hammy akan mengatasi masalah dengan caranya sendiri.

9. Bukan anak aslinya

Jika kamu memelihara banyak indukan hamster bersama-sama dalam satu kandang, mungkin ada suatu waktu indukan hamil dan melahirkan secara tiba-tiba. Sehingga indukan lain mungkin akan merasa terganggu. 

Bahkan untuk beberapa hamster lain bisa saja memakan anak lainnya sebagai tindakan teritorial. Kondisi juga bisa berlaku pada indukan jantan karena adanya kehadiran hammy kecil di tempat teritorialnya.

Itu sebabnya indukan harus benar-benar sendirian di dalam kandang bersamaan dengan bayinya, setidaknya sampai mereka menjadi sedikit lebih besar dan sudah cukup kuat berjalan. 

Nah, itulah beberapa penyebab mengapa hamster mau makan anakan (bayinya) sendiri.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips peliharaan.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel