CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Mengolah Jamur Bay Boletus - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Mengolah Jamur Bay Boletus

gambar jamur bay boletus
Sumber foto : pixabay/krzysztofniewolny
Healty99 - Bisakah jamur bay bolete (Boletus badius) dimakan? dan jika bisa bagaimana cara mengolahnya? Sebenarnya tidak ada masalah dengan jamur satu ini, ia bisa dikonsumsi karena tidak termasuk membahayakan. Tetapi yang perlu kamu ketahui ialah tidak semudah yang diperkirakan karena kamu harus mengolah terlebih dahulu dengan dimatangkan. 

Secara umum, jamur bay dapat dengan mudah di temukan di belahan dunia bagian Eropa, Asia, dan Amerika Utara. Sejauh ini masih belum ada yang membudidayakan cendawan bay bolete secara luas dengan tujuan komersil, untuk itu upaya untuk mendapatkan jamur masih mencari di dalam hutan, mengingat jamur bay sangat suka tumbuh di tanah gambut dan tempat sejuk.

Baca juga : Jenis Jamur Yang Tumbuh Di Kayu Pohon Lapuk

Ciri khasnya jaamur bay ialah memiliki bentuk batang yang padat serta tudung (topi) kepala besar berwarna kecoklatan, dan paling sering tumbuh di sela-sela semak atau belakang pangkal pohon. 

Jamur satu ini sebenarnya mudah dikenali karena tumbuh seperti bola dari tanah. Meskipun tidak terlalu beracun bagi manusia, tetapi kamu harus tetap berhati-hati sebelum memakannya, terutama untuk kondisi dewasa atau sudah tua.

Hal ini dikarenakan karenakan saat dewasa tumbuhan memiliki spora tepung yang mudah menyebar, bahkan jika terkonsumi bisa mengakibatkan masalah pencernaan seperti keracunan.

Selain itu, tidak semua jenis bay Boletus aman dikonsumsi, beberapa tidak begitu bagus untuk dimakan misalnya, boletes pahit dari genus Tylopilus karena akan membuat kamu sakit perut. 

Baca juga : Ketahui Jenis Jamur Beracun Dan Berbahaya

Di sisi lain jenis Boletus satanus dan sejenisnya, seperti spesies Rubinoboletus Australia diketahui beracun bagi manusia.

Oleh karena itu ketahui dahulu secara pasti jenis jamur apa yang kamu dapatkan, sehingga bukan termasuk dalam jamur yang berbahaya bagi kesehatan. 

Di Indonesia sebenarnya tidak ada yang menjual jamur satu ini di dalam rak sayur, mengingat kebanyakan masyarakat kita masih asing dengannya. 

Tetapi untuk di beberapa negara tempat dimana cendawan tumbuh bisa di temukan pada beberapa supermarket dalam bentuk bolet kering yang dikemas.

Jamur bay bolete di beberapa tradisi negara luar tidak dikonsumsi sebagai makanan malam, mengingat cendawan satu ini memang harus diidentifikasi dengan benar saat mengolahnya menjadi kudapan.

Selain itu boletes juga bisa membusuk dengan cepat, biasanya bagian bawah batang yang basah dan lembek atau batang menjadi sarang serangga sehingga harus dibuang saat sebeum di masak. Batang keras atau berserat dari bolete yang lebih tua juga harus dibuang. 

Jamur yang terbaik yaitu berukuran kecil dan sedang, karena belum memiliki spora serta belum terlalu keras, dengan begitu kamu bisa merasakan sensasi daging lebih nikmat.

Untuk beberapa metode seperti dari Prancis klasik mencakup tiga tahap dalam pengolahan. Tetapi yang paling banyak dilakukan ialah jamur dikeringkan dalam oven untuk mengurangi sebagian besar kandungan air. Setelah itu di simpan dengan rapat agar rasanya tidak hilang. 

Jika saat dibutuhkan maka tinggal di ambil sedikit dan di olah menjadi tumisan atau campuran sup. Bahkan sisi baiknya cendawan satu ini bisa dimasak dengan berbagai cara seperti memasak beberapa jenis jamur lainnya.

Meskipun tidak harus selalu di keringkan, tetapi nyatanya jamur bay bisa dimasak dalam keadaan segar, namun tetap harus dilakukan pembersihan sangat teliti. Mengingat kebanyakan cendawan di dapatkan dari alam liar tentu ada banyak serangga dan kotoran yang melekat.

Jamur bay yang dikeringkan sebenarnya supaya aman untuk di simpan, pasalnya bay tidak selalu tumbuh sepanjang tahun. 

Nah, itulah mengenai informasi cara mengolah jamur bay boletus yang bisa kamu ketahui.

Note : Artikel yang di tulis hanya sekedar informasi umum, jika kamu belum mengetahui jenis jamur secara pasti (identifikasi) dengan benar maka harap hindari mengkonsumsinya, terebih jika mendapatkanya dari alam liar.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar cendawan.

Artikel terkait : 


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel