CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 5 Manfaat Mengkonsumsi Jeruk Sunkist untuk Kesehatan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

5 Manfaat Mengkonsumsi Jeruk Sunkist untuk Kesehatan

gambar jeruk Sunkist dan manfaatnya

Healty99 - Jeruk sunkist merupakan salah satu jenis buah jeruk yang populer di Indonesia. Siapa yang tidak menyukai jeruk satu ini, bahkan hampir semua kalangan menyukainya karena memiliki rasa manis serta menyegarkan.

Sunkist juga mengandung banyak air, hal ini membuatnya kerap dijadikan jus yang menyehatkan untuk tubuh. Walaupun begitu daging buahnya juga nikmat jika dikonsumsi secara langsung sebagai cemilan.

Buat kamu yang hobi mengkonsumsi buah jeruk satu ini, mungkin setidaknya harus sedikit tahu tentang manfaat yang terkandung di dalamnya.

Kandungan Nutrisi

Jeruk sunkist setidaknya mengandung banyak gizi baik, mulai dari vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh setidaknya terkandung di dalam buah bundar ini. Salah satu contohnya ialah terkandung :

  1. Kalori
  2. Lemak
  3. Protein
  4. Karbohidrat
  5. Serat
  6. Vitamin B, C
  7. Folat
  8. Kalsium
  9. Kalium
  10. Asam sitrat

Tidak cukup sampai di situ saja, adapun sejumlah kandungan senyawa yang bersifat antioksidan seperti flavonoid dan sejenisnya.

Manfaat Jeruk Sunkist untuk Kesehatan

Mengkonsumsi buah jeruk setiap hari secara cukup memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh, mengingat ada banyak kandungan nutrisi pada buah, hal ini memungkinkan jika rutin makan buah akan memberikan manfaat berupa.

1. Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral

Perlu kamu ketahui, setidaknya setengah dari satu buah sunkist sekitar 100 gram mengandung vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan setengah hari.

Vitamin C alias asam askorbat merupakan antioksidan kuat bagi tubuh. Ini tentunya bisa membantu mencegah kerusakan sel yang diakibatkan oleh paparan radikal bebas tingkat yang berasal dari lingkungan.

Sisi baiknya ini juga dapat mencegah seseorang terkena penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, atau kanker akibat radikan bebas.

Vitamin C juga ikut andil yang besar, terutama dalam penyembuhan luka dan pengembangan kolagen, protein dalam tubuh kamu yang merupakan bagian penting untuk memperbaiki jaringan kulit dan otot agar terhindar lebih lama dari penuaan dini.

Jeruk juga mengandung kalium, salah satu mineral penting yang memainkan peran dalam mengatur metabolisme, kesehatan tulang serta jantung.

2. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat jeruk sunkist sangat rendah kalori, setidaknya dalam setengah dari satu buah yaitu sekitar 100 gram tidak lebih dari 60 kalori.

Tentu ini menjadikan buah sunkis sebagai camilan sehat yang rendah kalori dan sudah pasti sangat baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan berlebih atau diet. 

Tidak hanya pada sunkist saja, manfaat yang sama sebenarnya juga bisa kamu dapatkan dari buah jeruk lainnya, oleh karena itu dengan rutin mengkonsumsi buah jeruk ini bisa menjadi penurunan risiko kelebihan berat badan alias obesitas pada seseorang.

3. Kemampuan antioksidan dan anti-inflamasi

Buah sunkist kaya akan dengan kandungan senyawa  flavonoid, senyawa tersebut diketahui mampu bersifat antioksidan serta anti-inflamasi bagi tubuh.

Menurut sebuah penelitian yang mengujicobakan pada hewan tikus atau mencit, kandungan tersebut mampu mengurangi dampak kerusakan hati yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Sifat anti-inflamasi yang kuat pada buah juga ikut andil dalam mengurangi dampak interleukin-6 dalam darah, ini juga memungkinkan membantu kesehatan sistem metabolisme kamu menjadi lebih baik.

Akan tetapi sayangnya, sebagian besar penelitian masih dilakukan pada hewan dan tabung raksi, sedangkan penelitian terhadap manusia masih di perlukan tindakan lebih lanjut, tertutama dari segi dampak dan berapa jumlah dosis yang di kategorikan aman.

4. Menjaga kesehatan tulang dan otot

Sumber makanan yang mengandung banyak mineral seperti kalium dan kalsium bisa membantu menjaga kesehatan tulang dan otot.

Jeruk diketahui juga mengandung vitamin D yang dibutuhkan tubuh, walau jumlahnya tidak terlalu banyak namun itu sudah cukup untuk membantu penyerapan sejumlah mineral seperti kalsium dalam menjaga kesehatan tulang.

5. Menjaga daya tahan tubuh

Jeruk merupakan buah yang dikenal akan kandungan vitamin C, termasuk itu pada jenis sunkist dan lainnya.

Vitamin C juga merupakan bagian dari antioksidan yang baik untuk tubuh, oleh karena itu dengan rutin mengkonsumsi buah-buahan secara teratur dapat menjaga daya tahan tubuh dari serangan infeksi maupun penyakit.

Nah, itulah beberapa manfaat buah jeruk sunkist untuk kesehatan yang bisa kamu ketahui.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips sehat

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel