CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Hamster Makan Toge Sebagai Cemilan? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bolehkah Hamster Makan Toge Sebagai Cemilan?

gambar toge untuk hamster
Sumber foto : pixabay/ivabalk
Healty99 - Toge merupakan sayuran yang berasal dari kacang hijau alias kacang-kacangan. Sayuran satu ini umumnya dapat dengan mudah ditemukan di pasar karena menjadi makanan konsumsi rata-rata orang Asia.

Toge sangat bergizi dan memiliki rasa segar, ini baik untuk kamu karena dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Salah satunya ialah bisa melancarkan pencernaan, mengatur gula darah, menjaga kesehatan jantung serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga : Cara Merawat Anakan Hamster Yang Di Tinggal Indukan

Karena sayuran satu ini memiliki banyak manfaat, lantas kamu mungkin ingin membaginya sedikit pada peliharaan seperti hamster. Namun yang jadi permasalahan ialah, apakah toge aman bagi hamster?

Hamster Makan Toge

Toge memang berasal dari kecambah kacang hijau, sedangkan kacang hijau boleh dimakan hamster karena termasuk dalam kategori biji-bijian. Karena hal tersebut mungkin kamu ingin membagi sedikit toge sebagai pelengkap nutrisi pada peliharaan.

Tetapi yang perlu kamu ketahui ialah toge bukanlah biji-bijian lagi, melainkan tumbuhan alias kecambah.

Oleh karena itu mungkin kamu harus memperhitungkan terlebih dahulu sebelum meberikan pada hamster, tujuanya ialah untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Apakah hamster boleh makan toge?

Ya, hamster boleh makan toge bahkan mereka cukup menyukai sayuran satu ini sebagai makanan karena rasanya yang renyah dan mengadung banyak air.

Secara liar, haamster juga memakan segala bentuk jaringan tumbuhan muda, termasuk itu kecambah atau biji-bijian.

Memberikan sedikit toge sebagai cemilan hamster justru juga akan bermanfaat bagi mereka, mengingat toge kaya akan serat, vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya.

Cara memberikan

Jika kamu hendak memberikan toge pada hamster, ada baiknya kamu berikan secara bertahap.Tujuanya ialah untuk mengetahui apakah peliharaan kamu cukup menyukai sayuran satu ini, karena tidak menutup kemungkinan bahwa semua haamster menyukai toge.

Selain itu pastikan juga kamu didekatnya saat memberikan toge, ini dilakukan supaya bisa menjalin ikatan secara langsung dan meningkatkan kepercayaan peliharaan terhadap tuan-nya.

Sebelum menuangkan toge kedalam mangkuk makanan mereka, ada bagusnya cuci terlebih dahulu. Toge yang berasal dari pasar tentunya bisa terkontaminasi kotoran, lalat dan lain sebagainya.

Berapa banyak hamster boleh makan toge?

Haamster memang boleh makan sayur toge, tetapi jumlamnya tidak banyak dan harus sesuai dengan kebutuhkan mereka. Tidak terkecuali jenis hamster yang besar ataupun kerdil.

Namun secara umum hamster rata-rata makan sebanyak 1 sendok teh dalam sekali santap, oleh karena itu mungkin kamu bisa memperkirakan saat memberi toge pada mereka.

Sebagai acuan, kamu bisa memberikan 4 sampai 5 tangkai toge dalam sekali makan, tetapi tidak boleh setiap hari. Setidaknya kamu hanya boleh memberikan 1 sampai 3 kali dalam sepekan.

Walau kecambah kacang hijau baik bagi mereka karena kandungan nutrisi, tetapi haamster tidak membutuhkan dalam jumlah yang banyak.

Manfaat toge bagi hamster

Toge merupakan makanan yang kaya akan kandugnan antioksidan, vitamin C, serat dan sejumlah mineral. Memberikan sedikit toge pada hamster bisa mendatangkan manfaat bagi mereka, salah satunya ialah sebagai berikut.

  1. Mencegah penyakit kulit seperti kudis karena kandungan vitamin C.
  2. Melancarkan pencernaan karena kandungan serat yang cukup tinggi.
  3. Menjaga kesehatan tulang dan gigi karena terdapat kandungan kalsium.
  4. Kaya akan antioksidan yang bisa meningkatkan daya tahan peliharaan kamu terhadap sejumlah penyakit.

Bahkan tidak hanya itu saja, toge juga mengandung banyak air. Ini bisa berguna bagi hammy supaya tidak mudah mengalami dehidrasi dan kekurangan cairan tubuh.

Bahaya toge bagi hamster

Meskipun ada banyak manfaat dari sayuran toge, tetapi kamu perlu memastikan bahwa tidak memberi mereka secara berlebihan. Karena jika kamu melakukannya hal tersebut, kemungkinan besar peliharaan akan mengalami gangguan kesehatan.

Meskipun tidak sampai menyebabkan kematian, namun terlalu banyak makan toge bisa menyebabkan mereka diare, muntah, gangguan pencernaan dan kembung.

Sisi buruk lainnya ialah hamster suka menyimpan makanan mereka untuk dimakan nanti, sedangkan toge adalah sayuran yang tidak bisa tahan dalam waktu lama.

Toge akan cepat membusuk dalam beberapa hari, tentu hal ini akan menyebabkan masalah bau kurang sedap di kandang dan justru menimbulkan penyakit jamur.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hammy.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel