CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Membuat Minuman Arak Fermentasi dari Nanas - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Membuat Minuman Arak Fermentasi dari Nanas

gambar minuman arak nanas
Sumber foto : pixabay/furbymama
Healty99 - Arak merupakan jenis minuman keras hasil sulingan, secara umum arak paling banyak di buat dari nira pohon kelapa, aren, tebu, biji atau buah-buahan. Arak kerap kali di konsumsi sebagai minuman penghangat tubuh saat cuaca dingin, walaupun begitu jika kamu berlebihan mengkonsumsinya bisa menyebabkan mabuk dan pusing.

Arak dibuat dengan berbagai proses yang cukup panjang, tetapi bentuk pengerjaanya tidak jauh beda dengan pembuatan beberapa minuman keras lain. 

Baca juga : Nama-Nama Buah Dari A Sampai Z

Oleh karena itu sebagai pengetahuan umum, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai bagaimana cara membuat minuman arak dari buah nanas yang kaya manfaat ini.

Arak Buah Nanas

Penggunaan nanas sebagai salah satu bahan baku pembuatan arak bukanlah hal yang baru. Karena komoditas buah satu ini keberadaanya cukup melimpah di Indonesia, murah dan mudah diolah, itulah sebabnya kerap menjadi bahan baku untuk di buat minuman fermentasi.

Tidak hanya itu saja, nanas juga merupakan buah yang kaya akan kandungan gula alami. Tentunya ini bisa membantu proses fermentasi menjadi lebih cepat dan membuat arak terasa sedikit lebih manis dan harum.

Bahan yang dibutuhkan : 

  1. 4 buah nanas
  2. 2 bungkus fernipan/4 butir ragi
  3. 10 sdm gula
  4. 3 liter air bersih
  5. Parutan/blender
  6. Wadah besar
  7. Selang kecil

Langkah pengerjaan :

Pengerjaan A :

  1. Mula-mula kupas buah nanas dari kulit secara bersih. Kamu tidak perlu menghilangkan mata nanas secara benar-benar bersih, yang terpenting kulit luarnya saja sudah cukup.
  2. Cuci buah dengan air mengalir, setelah itu tiriskan sebentar.
  3. Potong kecil-kecil buah lalu parut hingga halus atau blender hingga menjadi seperti bubur.
  4. Tambahkan air jika menurut kamu sudah dalam proses menghaluskan.

Pengerjaan B :

  1. Siapkan wadah besar yang sudah di sterilkan dengan air panas, bila perlu kamu memakai botol ukuran besar.
  2. Masukan adonan nanas yang sudah dihaluskan tadi, kemudian masukan gula dan ragi atau fernifan.
  3. Aduk perlahan hingga tercampur rata.
  4. Selanjutnya kamu hanya tinggal tunggu sekitar 2 sampai 3 minggu sampai proses fermentasi selesai.  

Tips selama fermentasi : 

  • Jangan tutup wadah secara rapat-rapat, proses fermentasi mengandalkan bakteri yang terdapat pada ragi/fernipan. Selama dalam proses terjadi pembentukan gas karbon dioksida, jika kamu tutup maka akan menyebabkan ledakan. 
  • Jadi ada baiknya bagian tutup kamu beri airlock dimana tutup di lubangi dan berikan selang yang mengarah ke air biasa. Tujuan di beri selang ialah supaya gas dapat keluar dan kamu bisa mengetahui kapan proses fermentasi telah selesai, ciri-cirinya di tandai gelembung udara yang sudah tidak keluar lagi dari selang saat kamu rendam di dalam air.
  • Simpan wadah pada tempat yang sejuk, kering dan tentunya tidak terpapar sinar matahari secara langsung.
  • Periksa wadah setiap 2 atau 3 hari sekali untuk melihat perubahan. Biasanya saat dalam proses fermentasi akan terdapat endapan pada bagian bawah.
  • Sebaiknya hindari mengguncang wadah selama fermentasi belum selesai.

Pengerjaan C :

  1. Setelah berlangsung selama kurang lebih 3 minggu dan tidak terdapat gelembung udara pada airlock, maka sudah di pastikan proses fermentasi sudah selesai.
  2. Langkah selanjutnya kamu bisa saring dan peras untuk mengambil air secara keseluruhan.
  3. Sampai di sini air fermentasi nanas sebenarnya sudah bisa kamu konsumsi. Umumnya akan tercium aroma asam manis seperti aroma tapai, tetapi jika kamu simpan lebih lama lagi aroma asam akan berubah menjadi lebih lembut dan manis.
Namun buat kamu yang ingin mendapatkan bentuk lebih murni alias dengan kadar alkohol lebih tinggi, maka kamu bisa lakukan proses destilasi.

Proses destilasi merupakan kegiatan penyulingan untuk mendapatkan ekstrak lebih murni, jadi jika kamu ingin mendapatkan arak nanas dengan kadar alkohol lebih tinggi dari sebelumnya maka proses ini harus di lakukan.

Berikut langkahnya :

  1. Pertama siapkan tabung destilasi, jika kamu tidak punya maka kamu bisa ganti dengan panci presto atau buat sendiri dari bahan sederhana.
  2. Pastikan tabung destilasi tidak bocor dan hanya terdapat lubang kecil untuk jalur uap keluar. Lubang uap tersebut harus kamu berikan selang yang cukup panjang, tujuanya untuk menurunkan suhu dari uap agar menjadi cair kembali.
  3. Langkah selanjutnya masukan air nanas fermentasi tadi, letakan diatas kompor. Hidupkan kompor dengan api kecil, jika kamu punya termometer maka pastikan suhu air dalam panci dikisaran 79 - 82 derajat dan tidak lebih.
  4. Selanjutnya kamu tinggal tunggu tetesan air kecil di ujung selang, kemudian tampung dengan wadah. Tetapi ada baiknya 10 menit pertama setelah air tetesan keluar di buang dan jangan di pakai, beberapa orang mengatakan bahwa tetesan 10 menit pertama berbahaya untuk kesehatan jika dikonsumsi.
  5. Tampung air destilasi hingga di rasa makin lama makin sedikit yang menetes, jika sudah selesai maka arak nanas sudah bisa kamu nikmati. 

Nah, itulah untuk pengetahuan bagaimana dengan langkah pengerjaan cara membuat arak dari buah nanas hingga mendapatkan tingkat alkohol yang cukup tinggi. 

Selamat mencoba.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar minuman fermentasi.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel