CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 8 Cara Menghilangkan Cat No Drop di Keramik - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

8 Cara Menghilangkan Cat No Drop di Keramik

gambar orang lagi ngecat dan cat tumpah berserakan
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Cat No Drop merupakan jenis cat pelapis anti bocor yang memiliki karakter sifat elastis, kedap air serta mampu bertahan terhadap cuaca. Cat satu ini biasa di aplikasikan pada permukaan tembok, beton, asbes, galvanis/seng dan beberapa permukaan terakota.

Walau jenis cat satu ini memiliki sifat elastis, namun sebenarnya cukup mudah dibersihkan. Permasalahan yang sering terjadi ialah saat proses pengecatan no drop pada langit-langit atau dinding, yang mana cat kerap mengotori permukaan lantai keramik.

Lantai yang kotor saat proses pengecatan memang tidak bisa dipungkiri lagi, oleh sebab itu dikesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi bagaimana cara menghilangkan cat no drop di keramik dengan mudah.

Cara Membersihkan Cat No Drop Pada Permukaan Keramik

Buat kamu yang masih bingung tentang bagaimana cara membersihkan cat yang sudah mengering, cobalah baca artikel ini sampai selesai, karena ada beberapa cara dan bahan yang bisa kamu ketahui ampuh untuk digunakan.

1. Gunakan skrap / cape

Cara pertama sekaligus paling banyak digunakan oleh para tukang ialah dengan menggunakan skrap atau kape. 

Benda kecil ini memang dikhususkan untuk mengikis kotoran, meratakan permukaan dengan dempul atau plamir serta masih banyak lagi.

Untuk penggunaan pastinya kamu sudah tahu kan? Cukup di kikis secara perlahan-lahan maka cat kering akan rontok dengan mudah.

2. Gunakan sikat

Berikutnya kamu bisa pakai sikat. Adapun beberapa jenis sikat yang bisa kamu gunakan ialah sikat kawat lembut atau kuningan, sikat baju kasar dan kawat untuk cuci piring.

Ketiga sikat tersebut bisa kamu gunakan untuk membersihkan cat no drop yang menempel pada permukaan keramik.

Untuk pengerjaanya, siram terlebih dahulu kramik dengan air sabun, tunggu beberapa menit lalu sikat hingga bersih.

3. Gunakan bensin

Ketiga kamu bisa gunakan bensin. Bensin atau bahan bakar kendaraan sebenarnya bisa kamu gunakan untuk menghilangkan kotoran di kramik, baik itu karena lem, lumpur, cat dan lain-lain.

Cukup siram permukaan lantai kamu yang kotor lalu lap dengan kain kasar dan jreng lantai kamu kembali bersih.

4. Tiner

Cara menghilangkan cat no drop di keramik berikutnya ialah kamu bisa gunakan tiner (thinner).

Seperti kita ketahui, tiner merupakan cairan yang sering digunakan untuk pelarut dan pengecer cat serta bisa juga dipakai untuk pembersih media kerja.

Jika dibandingan dengan bensin, tiner memiliki reaksi cukup cepat untuk mengangkat cat yang menempel di lantai.

Penggunaanya cukup sederhana, siram tiner secara merata lalu langsung usap dengan kain, jangan menunggu terlalu lama karena tiner mudah menguap.

5. Remover paint

Remover paint atau dikenal juga dengan pembersih cat. Ini adalah cairan keras dengan nama kimia NaOH yang memang difungsikan untuk mengikis cat pada permukaan besi, membersihkan kotoran serta untuk merontokan karat.

Kamu bisa gunakan remover paint dalam menghilangkan cat no drop di keramik, hanya dengan sekali kuas maka cat bisa dilihat akan langsung mengelupas.

6. Aseton

Aseton, ada yang tahu dengan aseton? Ini merupakan cairan yang tidak memiliki warna atau di dikenal dengan nama ropanone.

Cairan satu ini mempunyai banyak fungsi, namun kegunaan yang utama yaitu untuk membersihkan cat kuteks, bahan pelarut cat, resin, lilin, plastik dan lem.

Kaamu bisa memakai cairan aseton untuk membersihkan cat yang mengering di keramik kasar, setelah itu sikat secara perlahan.

7. Karbu cleaner

Karbu cleaner merupakan cairan yang umum digunakan pada kendaraan, karena memang pada dasarnya karbu cleaner ditujukan untuk membersihkan bagian karburator pada kendaraan dan beberapa komponen lainnya.

Karbu cleaner memiliki kemampuan sangat cepat dalam hal membersihkan kotoran, bahkan reaksinya bisa dikatakan sedikit lebih cepat dari pada tiner. 

Jika dirumah kamu terdapat karbu cleaner maka gunakan saja, itung-itung tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli alat lain.

8. Gunakan isi karter

Cara menghapus cat no drop di keramik berikutnya kamu bisa gunakan isi dalam pisau karter.

Prinsip kerjanya tidak jauh beda dengan pakai alat skrap di atas dimana kamu menggunakan isi karter untuk mengikis cat.

Namun sayangnya membersihkan cat pada permukaan kramik memakai karter memiliki kelemahan, terutama pada permukaan media yang tidak rata seperti kramik kasar atau bergelombang.

Nah, itulah cara membersihkan cat no drop pada permukaan keramik yang bisa kamu coba.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips menarik.

Artikel terkait :

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel